Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Olahan Ayam Di Rumah Makan Ayam Pakuan

Effendi, MuhammadRidwan (2017) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Olahan Ayam Di Rumah Makan Ayam Pakuan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bauran pemasaran merupakan proses sosial yang didalamnya terdapat individu dan kelompok dalam mendapatkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan melalui proses menciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian serta mengetahui faktor produk, harga, lokasi serta promosi yang dapat mempengaruhi konsumen dalam membeli produk olahan ayam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai informasi mengenai bauran pemasaran yang dapat mempengaruhi konsumen serta sebagai bahan evaluasi perusahaan terhadap strategi pemasaran yang telah dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan di restoran Ayam Pakuan Malang, yang beralamat di Jalan Bendungan Sigura – Gura vii Barat No. 44 – 46, kota Malang, Jawa Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen restoran Ayam Pakuan Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan pendekatan accidentil sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, siapa saja yang bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel jika dipandang cocok. Data yang digunakan didapatkan melalui penyebaran kuesioner kepada responden dan kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif merupakan interprestasi dari data yang diperoleh dalam penelitian dengan memberi keterangan serta penjelasan. Analisis kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis dengan uji t dan uji F, dan analisis koefisien determinasi (R2). Terdapat enam faktor yang terbentuk yaitu promosi, ragam dan kualitas, akses dan parkir, harga bersaing, infrastruktur dan pelayanan serta harga jual. Hasil uji regresi diperoleh Y = 21,427 + 1,047X1 + 0,667X2 + 0,918X3 + 1,469X4 - 0,314X5 + 0,225X6 - 0,607X7 + 0,900X8 + 0,343X9 dimana Y merupakan keputusan pembelian, 21,427 adalah konstanta, X1 adalah promosi, X2 adalah ragam dan kualitas, X3 adalah akses dan parkir, X4 adalah harga bersaing, X5 adalah infrastruktur dan pelayanan,X6 adalah harga jual, X7 adalah jenis kelamin, X8 adalah pembelian perbulan, serta X9 adalah produk yang dibeli . Hasil uji koefisien determinasi (R2) diketahui bahwa variabel berpengaruh sebesar 50,6% terhadap keputusan pembelian sedangkan sebesar 49,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Hasil uji F menunjukkan bahwa viii variabel yang terbentuk secara simultan atau bersama – sama berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, hasil uji t menunjukkan bahwa variabel promosi, akses dan parkir, harga bersaing dan pembelian perbulan berpengaruh sangat signifikan serta variabel ragam dan kualitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sedangkan variabel infrastruktur dan pelayanan, harga jual, jenis kelamin dan produk yang dibeli tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mayoritas konsumen yang berkunjung ke rumah makan ayam pakuan berjenis kelamin perempuan, berusia 20 – 35 tahun, bekerja sebagai pelajar/mahasiswa, berpenghasilan < Rp. 1.000.000, produk yang dibeli adalah ayam pakuan goreng (potong) dan membeli < 3 kali dalam satu bulan. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa tidak semua variabel berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk olahan ayam. Diharapkan perusahaan dapat meningkatkan kegiatan promosi dengan mengadakan acara yang berhubungan dengan produk, membuat materi iklan yang menarik rasa penasaran konsumen serta program – program promosi yang dapat menjaring konsumen baru serta mempertahankan konsumen yang lama.

English Abstract

The purpose of the research was to know the consumer characteristics on purchasing desicion and also to know product factors, price, location and promotion that can influence consumer on purchasing chicken product. This research has been done in Ayam Pakuan Restaurant Malang in Bendungan Sigura-gura Barat No. 44 - 46 Malang – East Java. Population in this research is consumer Ayam Pakuan restaurant Malang. This research using 100 respondents and using nonprobability sampling technique with accidental sampling approach which is a technique to decide sample based on accidental condition. Whoever people that found by the researcher and will be used as respondent as long as they are suitable with the requirements needed by the researcher itself. The data gained from distribution of questionnaire to respondents and then the gained data would be analysed using quantitative and qualitative technique. Qualitative analysis is interpretation of data in v research by putting information and explanation. Quantitative analysis that has been used in this research include validity and reability experiment, classic assumption experiment, double regretion experiment, hypotheses experiment with T and F experiment, and also determination coefficient experiment (R2). Based on the result of indicator statistic experiment -indicator of this research have a valid and realiable characteristic with the equation of regretion Y = 21.427 + 1.047X1 + 0.667X2 + 0.918X3 + 1.469X4 – 0.314X5 + 0.225X6 – 0.607X7 + 0.900X8 + 0.343X9. The results of determination coefficient experiment (R2) variable influencing in the amount of 50.6% towards purchasing decision whereas 49.4% influenced by other variable outside this research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2017/65/051703119
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 31 Mar 2017 13:51
Last Modified: 21 Oct 2021 04:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138234
[thumbnail of Jurnal_Muhammad_ridwan_Effendi_135050101111024.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Muhammad_ridwan_Effendi_135050101111024.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_muhammad_ridwan_effendi_135050101111024.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_muhammad_ridwan_effendi_135050101111024.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item