Hubungan Antara Luas Sisiran Sarang Pollen Dengan Luas Sisiran Sarang Anakan Lebah Madu Apis Mellifera Di PT. Kembang Joyo Sriwijaya

Shasti, ArigiMarsha (2017) Hubungan Antara Luas Sisiran Sarang Pollen Dengan Luas Sisiran Sarang Anakan Lebah Madu Apis Mellifera Di PT. Kembang Joyo Sriwijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lebah madu jenis Apis mellifera merupakan spesies lebah madu yang dikenal dan paling luas dalam penyebarannya. Apis mellifera mempunya ciri khas gelang berwarna kekuningan dibelakang abdomen atau rongga perut. Lebah madu Apis mellifera mempunyai 3 kasta dalam satu koloni yaitu lebah ratu, lebah pejantan dan lebah pekerja. Penelitian dilaksanakan di desa Tawangargo, Karangploso pada tanggal 26 Januari 2017 – 13 Februari 2017, d peternakan lebah PT. Kembang Joyo Sriwijaya yang berada di UB Forest. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan besarannya hubungan antara luas sisiran sarang pollen dengan luas sisiran sarang anakan lebah madu Apis mellifera. Hasil dari penelitian diharapkan dapat digunakan untuk memastikan bentuk hubungan luas sisiran pollen dengan luas sisiran sarang anakan dan untuk menetapkan besarnya hubungan dari hubungan luas sisiran pollen dengan luas sisiran sarang anakan. Materi yang digunakan adalah 10 koloni lebah Apis mellifera. Setiap koloni mempunyai 5 luas sisiran sarang yang x terdiri dari madu, pollen, dan anakan. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode studi lapang (field study). Data yang diperoleh di analaisis dengan menggunakan analisis korelasi dan di lanjutkan dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa persamaan korelasi dan regresi dapat di gunakan sebagai formula luas sisiran sarang pollen dengan luas sisiran sarang anakan. Hasil dari analisis korelasi di dapatkan kuat hubungan sebesar 0,696 dan bernilai positif. Analisis regresi didapatkan persamaan Y= 1397,18 + 6,13 X. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bentuk dan besarnya hubungan antara luas sisiran sarang pollen dengan luas sisiran sarang anakan memiliki hubungan yang kuat dan bernilai positif. Saran dari penelitian ini adalah dengan melakukan penelitian lanjutan dengan menambahkan variabel lain.

English Abstract

The purpose of this research was to determine the shape and correlation between pollen’s broad frame nest with brood’s frame nest of Apis mellifera bee. The result of this research were expected to be used as a basis to determine the shape and comprehensive relation between pollen’s broad frame nest with honeybrood’s frame nest. The material used were 10 colony of Apis mellifera bee. Each colony group has 5 frame nest which contain honey, pollen, and brood. The methods used in this research was based on field study. The data obtained were analyzed using correlation analysis then followed with simple reggresion analysis. The result indicated that correlation and regression analysis could be used as a formula to determine the relation between pollen’s broad frame nest with brood’s frame nest. the correlation analysis showed a high positive correlation viii with value 0,69. The regression analysis equation were obtained Y= 1397,18 + 6,13 X. The conclusion of this research was that the shape and correlation between pollen’s broad frame nest with brood’s frame nest has a high positive correlation value. The suggestion for this research was to conduct a further research with the additional of different variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2017/156/051704568
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 14 Jun 2017 13:43
Last Modified: 14 Jun 2017 13:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138162
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item