Pengaruh Lama Lama Simpan Ekstrak Kulit Apel Manalagi Terhadap Pertumbuhan Bakteri Sthapylococcus Aureus Dan Escherichia Coli Penyebab Mastitis Pada Sapi Perah

Difrosito, SefriRiandy (2016) Pengaruh Lama Lama Simpan Ekstrak Kulit Apel Manalagi Terhadap Pertumbuhan Bakteri Sthapylococcus Aureus Dan Escherichia Coli Penyebab Mastitis Pada Sapi Perah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 April sampai dengan 25 Mei 2016 di Laboratorium Bakteriologi Hama dan Penyakit Tanaman (HPT) Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang. Materi dalam penelitian ini menggunakan bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli yang merupakan stok biakan bakteri dari Laboratorium Bakteriologi HPT Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya. Kulit apel manalagi diekstraksi menggunakan pelarut metanol dengan konsentrasi 50%. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang digunakan dalam penelitian ini yakni P0 (jam ke-1) sebagai perlakuan kontrol, P1 (jam ke-24), P2 (jam ke-48) P3 (jam ke-72) dan P4 (jam ke-96). Variabel yang diukur adalah zona hambat pertumbuhan bakteri. Uji daya hambat ekstrak kulit apel manalagi terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli dilakukan dengan menggunakan metode sumuran. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Analisys of Varians (ANOVA) dan hasil analisi dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan’s (UJBD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat nyata (P < 0,01) pada penyimpanan ekstrak kulit apel manalagi (Malus sylvestris Mill.) dengan viii pelarut metanol terhadap pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Diameter zona hambat tertinggi dihasilkan oleh ekstrak metanol kulit apel manalagi pada bakteri Staphylococcus aureus P0 (jam ke-1, sebagai kontrol) (23,22 ± 0,561 mm), sedangkan diameter zona hambat ekstrak metanol kulit apel manalagi pada bakteri Escherichia coli P0 (jam ke-1, sebagai kontrol) (22,27 ± 0,663 mm). Hasil rata-rata ekstrak kulit apel manalagi yang disimpan selama beberapa hari masih dapat menghambat bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli meskipun mengalami penurunan pada setiap perlakuan penyimpanan. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh perbedaan lama penyimpanan ekstrak kulit apel Manalagi menggunakan pelarut metanol dengan konsentrasi 50% yang disimpan pada suhu ruang (±28oC). Pada penyimpanan jam ke-24 (1 hari) memiliki potensi yang sama dengan ekstrak kulit apel Manalagi dengan pelarut metanol tanpa penyimpanan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disarankan ekstrak kulit apel manalagi dengan pelarut metanol disimpan sampai jam ke-96 (4 hari) karena masih dalam kategori kuat untuk menghambat bakteri penyebab mastitis pada sapi perah.

English Abstract

The research was conducted from April 25 - May 25, 2016 in Laboratory of Bacteriology, Faculty of Agriculture, Brawijaya University. The purpose of this research was to examine the effectiveness of Manalagi apple peel extract inhibited the growth of Staphylococcus aureus and Escherichia coli during storage at room temperature. The Manalagi was experimented using a Completely Randomized Design with 5 treatments ( consisted treatment storage time of T0 (1st hour), T1 (24th hour), T2 (48th hour), T3 (72th hour)) and 5 replications. The data analyzed with Analysis of Variance (ANOVA) and followed by Duncans Multiple Range Test (DMRT). The result showed that the storage time until 24th hour has high ability to inhibited the growth of bacteria Staphylococcus aureus and Escherichia coli. It could be suggested, extract Manalagi apple peel with methanol storage at room temperature maximum used until the 96th hour to inhibit the growth of bacteria Staphylococcus aureus and Escherichia coli.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2017/15/051701902
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 21 Feb 2017 08:37
Last Modified: 21 Oct 2021 03:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138157
[thumbnail of SKRIPSI_(A5)_Sefry_Riandy_Difrosito.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_(A5)_Sefry_Riandy_Difrosito.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item