Analisis Segmentation, Targeting, Dan Positioning (STP) Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ayam Fillet “Baegopa” Kota Malang

Anggraeni, Ghina (2017) Analisis Segmentation, Targeting, Dan Positioning (STP) Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ayam Fillet “Baegopa” Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Baegopa merupakan salah satu rumah makan yang menyajikan makanan yang diutamakan makanan utama dari ayam, dimana makanan yang disajikan menu utamanya yaitu ayam fillet. Rumah makan lain yang memproduksi ayam fillet sejenis merupakan pesaing untuk merebut pasar. Pemasaran yang dilakukan berkaitan dengan pengambilan keputusan pada sejumlah variabel untuk mempengaruhi kepuasan, transaksi pertukaran hubungan. Perubahan dan perkembangan pasar serta kebutuhan dan keinginan konsumennya membuat rumah makan Baegopa lebih teliti untuk mengenali konsumen serta calon konsumennya. Perubahan dan perkembangan pasar sangat berpengaruh dari setiap perilaku setiap konsumen yang berkaitan dengan memperoleh, mengkonsumsi dari barang atau jasa yang dimana hal tersebut termasuk pada proses pengambilan keputusan. viii Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai bulan November 2016 pada rumah makan Baegopa di Kota Malang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis tentang segmentation, targeting, dan positioning produk olahan ayam fillet. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan Non Probability Sampling, yaitu semua elemen dalam populasi tidak memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel. Hal ini dilakukan karena mengingat keterbatasan waktu yang ada. Metode pengambilan sampelnya menggunakan Accidental sampling, Teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel jika orang tersebut sesuai atau cocok sebagai sumber dan dipilih 100 konsumen. Hasil uji analisis faktor keputusan pembelian yang dilakukan dengan mengggunakan program SPSS 16.00 didapat dari 22 variabel yang telah terbentuk 5 faktor baru yaitu: faktor 1 “penambahan cabang lain, penambahan fasilitas, penambahan service, lokasi, wilayah, manfaat sosial, dan keterjangkauan harga” sebesar 31,27%, faktor 2 “gaya hidup, keluarga, jarak keterjangkauan, cabang lain, daya saing harga, dan ukuran ayam fillet” 16,23%, faktor 3 “melalui internet, pembelian produk, dan penambahan produk” sebesar 12,10%, faktor 4 “ kesesuaian harga dan kelompok” sebesar 6,97%, dan faktor 5 “ kesehatan dan mulut ke mulut” sebesar 5,06%. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa diperoleh 5 faktor yang signifikan (“melalui internet, pembelian produk, penambahan produk, kesusuian harga, kelompok, kesehatan, mulut ke mulut, umur, pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan”) Kesimpulan dari penelitian keputusan pembelian ayam fillet rumah makan di Baegopa adalah sebagai berikut : ix Karakteristik konsumen yang membeli ayam fillet di Baegopa Soekarno adalah mahasiswi berumur 18 – 23 tahun berpendidikan terakhir Sekolah Mengah Atas (SMA), dan pendapatan perbulan atau uang saku Rp. 1 juta – 1,5 juta. Rumah makan Baegopa menerapkan strategi pemasaran meliputi lokasi, gaya hidup, dan manfaat sosial (strategi Segmentation), penambahan fasilitas dan penambahan service (strategi Targeting), dan daya saing harga, ukuran ayam fillet, dan melalui internet (strategi Positioning). Keputusan pembelian konsumen terhadap produk ayam fillet di Baegopa ditentukan terutama oleh kriteria konsumen berupa sesuai kriteria yang diinginkan, sesuai rasa, produk yang berbeda, dan selera yang diinginkan. Positioning meliputi melalui internet dan pembelian produk bersama dengan targeting meliputi penambahan variasi produk merupakan faktor yang paling utama dipertimbangkan dalam keputusan pembelian ayam fillet di Baegopa. Positioning meliputi kesesuaian harga bersama dengan segmentation meliputi kelompok merupakan faktor kedua yang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian ayam fillet di Baegopa, dan targeting meliputi kesehatan bersama dengan positioning meliputi mulut ke mulut angka merupakan faktor yang kurang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian ayam fillet di Baegopa. Saran yang dapat diberikan yaitu pemilik harus memperhatikan faktor segmentation, targeting, dan positioning. Penelitian ini yang di pelajari dan dijadikan variabel tidak bisa menjelaskan secara signifikan terhadap perilaku dan keputusan konsumen dalam pembelian ayam fillet di Baegopa Malang. Hal tersebut memungkinkan untuk diteliti oleh peneliti lain supaya dapat lebih menjelaskan dengan lebih baik lagi.

English Abstract

Research was conducted in Restaurant Baegopa Soekarno Hatta street Malang city. Purpose of this study was to analysis the characteristics of respondents, segmentation, targeting, positioning, and the purchase decision. Non probability Dan accidental sampling method was used to choose 100 consumers as respondents. Data were collected from 2 October – 2 November, 2016. Primary data were obtained by survey methods using structured questionnaire. Secondary data were provided by related sources institutions. Descriptive factors and multiple linier were to analyse the data.Results showed that chicken fillet consumers were represented by female student aged 18-23 years old with seniors High school, and an IDR 1 to 5 millions of monthly income. Restaurants Baegopa applied marketing strategy vi including lifestyle, and benefits social (strategy segmentation), improving facilities and service (strategy targeting), and competitiveness due prices, a fillet size, and online (strategy positioning). Purchasing decision toward chicken fillet in Baegopa was primary determined especially by consumers wants, taste, appetites desired, and different products. Positioning (namely internet media and purchase of products) together with targeting (adding more variation products) indicated the important factor in consideration decision to buy chicken fillet in Baegopa. Positioning (prices in conformity) with segmentation (social gathering) were the second thinking, while targeting (health) with positioning (the mouth mouth) were the less factor considered in the chicken purchase fillet in Baegopa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2017/11/051701898
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 20 Feb 2017 10:34
Last Modified: 21 Oct 2021 02:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138114
[thumbnail of SKRIPSI_Ghina_Anggraeni_125050102111004.pdf] Text
SKRIPSI_Ghina_Anggraeni_125050102111004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item