Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen Bakso Bakar Pak Man Kota Malang

NurSyoalehat, Qauman (2016) Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Loyalitas Konsumen Bakso Bakar Pak Man Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Loyalitas konsumen merupakan hal yang penting untuk dilakukan suatu perusahaan untuk mengatasi persaingan yang ketat di dunia usaha sekarang ini. Salah satu jalan untuk meraih keunggulan kompetisi dalam mempertahankan loyalitas konsumen adalah dengan membentuk citra merek yang baik di mata konsumen. Penelitian ini dilaksanakan di Bakso Bakar Pak Man di Kota Malang pada tanggal 7 Maret sampai 5 April 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek yang terdiri dari citra perusahaan (corporate image), citra pemakai (user image), dan citra produk (product image) terhadap tingkat loyalitas konsumen produk Bakso Bakar Pak Man di Kota Malang dan mengetahui dimensi yang dominan dari citra merek yang mempengaruhi tingkat loyalitas konsumen produk Bakso Bakar Pak Man di Kota Malang. Penentuan responden penelitian dilakukan dengan accidental sampling. Metode yang digunakan adalah survei dengan menggunakankuesioner yang terstruktur. Responden yang dijadikan sampel pada penelitian ini adalah konsumen bakso bakar Pak Man yang berjumlah 100 orang. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen yang dominan yaituperempuan, mahasiswa dengan usia 17-22 tahun, yang berdomisili di Kota Malang dan memiliki pendapatan> Rp. 1.500.000. per bulan. Sumber informasi yang mempengaruhi konsumen membeli adalah keluarga, teman dan kenalan. Koefisien regresi (B) X1(Citra Perusahaan) sebesar 0,313,koefisien regresi (B) X2(Citra Pemakai) sebesar 0,364, koefisien regresi (B) X3(Citra Produk) sebesar 0,243, sehingga citra merek yang terdiri dari citra perusahaan, citra pemakai dan citra produk tersebut secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen Bakso Bakar Pak Man. Kesimpulan pada penelitian yaitu Bakso Bakar Pak Man harus meningkatkan kualitas pelayanan dan desain atau varian produk sehingga akan terus menarik konsumen dan lebih dikenal oleh media lainnya. Kinerja karyawan, kualitas produknya dan fasilitas harus lebih ditingkatkan agar nama besar Bakso Bakar Pak Man terus dikenal positif oleh masyarakat.

English Abstract

The purpose of this research were to study the influence of brand image, which included corporate image, user image and product image toward consumers’ loyality of Bakso Bakar Pak Man, as well as to study the most influential dimension of Bakso Bakar Pak Man brand image. The method of this research was survey with structured questionnaire for respondents. The sampling technique used was accidental sampling. The data analysis used was multiple linear regression analysis. The results showed that the dominant consumer characteristics were women, students ages ranged from 17-22 years old, lived in Malang and had income> Rp . 1,500,000.00 per month. Mostly,they got information about Bakso Bakar Pak Man from their families and friends. The brand image variable (corporate image, user image and product image) simultancously influence the consumers’ loyality of Bakso Bakar Pak Man. It can be concluded that brand image variablewhich consisted of corporate image, user image and product image has positive influence to the consumers’ loyality of Bakso Bakar Pak Man.The most influence variable to Bakso Bakar Pak Man consumer’s loyality was corporate image. It is recommended to Bakso Bakar Pak Man to maintain their service quality and product variant for increasing the consumer’s interest and be acquainted with other media.The employee performance, product quality and facilities have to be improved in order to maintainec the positive brand image of Bakso Bakar Pak Man Malang city.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2016/775/051700331
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 23 Feb 2017 10:04
Last Modified: 21 Oct 2021 01:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/138076
[thumbnail of BAB_I_-_V.pdf]
Preview
Text
BAB_I_-_V.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Jurnal_Qauman_Nur_S._125050101111035_Pengaruh_Citra_Merek_(Brand_Image)_terhadap_Loyalitas_Konsumen_Bakso_Bakso_Bakar_Pak_Man_Kota_Malang.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Qauman_Nur_S._125050101111035_Pengaruh_Citra_Merek_(Brand_Image)_terhadap_Loyalitas_Konsumen_Bakso_Bakso_Bakar_Pak_Man_Kota_Malang.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item