Pengaruh Penambahan Sari Buah Naga Super Merah (Hylocereus Costaricensis) Terhadap, Nilai Ph, Viskositas, Keasaman Dan Eksopolisakarida Pada Yogurt Plain

Adiprawira, EkaChandrahati (2016) Pengaruh Penambahan Sari Buah Naga Super Merah (Hylocereus Costaricensis) Terhadap, Nilai Ph, Viskositas, Keasaman Dan Eksopolisakarida Pada Yogurt Plain. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Buah naga super merah mengandung betasianin dan oligosakarida yang terdiri dari sukrosa, glukosa dan fruktosa berperan sebagai pewarna alami dan cryoprotectant pada yogurt plain. Buah naga super merah merupakan media yang baik untuk perkembangbiakan bakteri asam laktat. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui persentase penambahan buah naga merah yang terbaik untuk mendapatkan yogurt dengan mutu yang baik. Materi dalam penelitian ini meliputi susu, starter Lactobacillus bulgaricus, Streptoccoucus thermophillus, dan Lactobacillus acidophillus dan sari buah naga super merah sesuai perlakuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah percobaan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan 4 ulangan. Perlakuan pada percobaan ini ialah tanpa penambahan sari buah naga super merah penambahan (P0); penambahan buah naga super merah 5% v/v (P1); 7,5% v/v (P2); 10% v/v (P3). Variabel yang diamati meliputi nilai pH, keasaman, viskositas dan eksopolisakarida. Data diolah menggunakan program Microsoft Exel dan analisis statistik menggunakan analisis ragam ANAVA, apabila hasil berbeda nyata (P≤0,01) akan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan sari buah naga super merah (Hylocereus costaricensis) dengan konsentrasi yang meningkat menunjukkan perbedaan sangat nyata (P≤0,01) dengan nilai pH (3,54±0,04). Yoghurt dengan penambahan sari buah naga super merah pada uji keasaman nilai tertinggi pada perlakuan P3 1,220±0,049 dan menunjukan P ≤ 0,01) hasil berpengaruh sangat nyata semakin penambahan buah naga maka semakin tinggi nilai keasaman. Pada P3 menunjukan nilai keasaman tertinggi. Nilai rata – rata viskositas menunjukan angka yang sama semakin tinggi penambahan konsentrasi sari buah naga nilai viskositas tinggi 361,75±34,6. Pada uji EPS rata –rara nilai crude EPS 0,34±0,002 semakin banyak penambahan konsentrasi yoghurt buah naga maka semakin tinggi eksopolisakarida. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penambahan sari buah naga super merah dapat digunakan sebagai pewarna alami pada yogurt, menurunkan nilai pH namun dapat menaikan nilai keasaman, viskositas, dan eksopoliskarida, namun dapat meningkatkan kadar air. Penambahan sari buah naga super merah yang mendekati standar yogurt yaitu pada konsentrasi 5%. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah perlu dilakukan penelitian lanjut mengenai kandungan nutrisi dan kesukaan yogurt dengan penambahan sari buah naga super merah.

English Abstract

The purpose of study was determination of the best quality yoghurt with additional super red dragon fruit on the research material were used in research were milk, yoghurt starter Lactobacillus bulgaricus, Streptoccoucus thermophillus, Lactobacillus acidophillus, and super red dragon fruit juice. Method used in this study was experimental laboratory with Completely Randomized Design (CRD).There were four treatment; without treatment (P0), 5% (P1), 7,5% (P2), and 10% (P3) v/v of yoghurt each treatment had four replications. The result dragron fruit juice showed that the treatment gave highly significant different effect (P≤0.01) on pH, acidity, and exsopolysacaride, didn’t give significantly difference effect (P>0.05) on viscosity. Best result showed pH 3,68±0,005 and acidity 0,536±0,008 by 5% of super red dragon fruit. Meanwhile the lowest pH 3,54±0,03 add by 10% of super red dragron fruit. The best treatment was 5% adding super red dragron fruit with the acidity In conclusion, super red dragon fruit can improve yoghurt quality.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2016/349/ 051610276
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 12 Oct 2016 15:25
Last Modified: 12 Oct 2016 15:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137977
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item