Rosalina, Gita (2016) Analisis Penerapan Total Quality Management (TQM) pada Rumah Potong Hewan (RPH) Krian Kabupaten Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Banyaknya pendirian rumah potong hewan (RPH) menyebabkan tingginya persaingan antara RPH. Selain mencari keuntungan, RPH juga dituntut untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan pelayanan jasa yang baik. Total Quality Management (TQM) merupakan suatu konsep manajemen modern yang berusaha untuk merespon secara tepat setiap perubahan yang ada, baik yang didorong oleh kekuatan eksternal maupun internal. Penerapan Total Quality Management (TQM) dalam suatu perusahaan dapat memberikan beberapa manfaat utama dan berpengaruh positif terhadap peningkatan laba dan daya saing perusahaan. Tujuan Total Quality Management adalah membentuk organisasi yang di dalamnya terdapat orang-orang terbaik di bidangnya dan untuk itu dibutuhkan pemberdayaan karyawan dan kebijakan yang memberikan mereka kesempatan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya dan memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah. Penerapan Total Quality Management terdiri dari lima pilar yakni pilar kepemimpinan, pilar komitmen, pilar organisasi, pilar proses dan pilar produk. Penelitian ini dilaksanakan di RPH Krian Kabupaten Sidoarjo. Pelaksanaan penelitian dan pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 4 Januari sampai 4 Februari 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan Total Quality Management (TQM) pada pilar kepemimpinan, pilar komitmen, pilar organisasi, pilar proses dan pilar produk di Rumah Potong Hewan (RPH) Krian dan untuk mengetahui pengaruh penerapan TQM terhadap kepuasan pelanggan di RPH Krian kabupaten Sidoarjo. Penentuan responden penelitian dilakukan dengan purposive. Metode yang digunakan adalah survei dilakukan dengan membagikan kuisioner yang dibagikan kepada responden. Responden yang dijadikan sampel pada penelitian ini adalah seluruh karyawan RPH Krian yang berjumlah 30 orang dan seluruh pelanggan RPH Krian yang berjumlah 30 orang. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, analisis faktor dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penerapan pilar kepemimpinan pada RPH Krian dikategorikan baik khususnya pada komunikasi yang baik antara pemimpin dengan karyawan. Pilar komitmen, pilar organisasi, pilar proses dan pilar produk dikategorikan netral. Kepuasan pelanggan RPH Krian dipengaruhi secara positif oleh Total Quality Management yang bergabung dalam indeks “kepemimpinan, kerjasama, budaya organisasi, penerimaan bahan baku dan ketepatan waktu”, indeks “komitmen karyawan pada perusahaan” dan indeks “proses produksi dan hubungan dengan pelanggan”.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPT/2016/167/051604771 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 02 Jun 2016 10:17 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 07:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137773 |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar_Gambar.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar_Isi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar_Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar_Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar_Tabel.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Kata_Pengantar.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Lembaran_Pengesahan.pdf Download (5MB) | Preview |
Preview |
Text
Riwayat_Hidup.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |