Nurmansyah, Nouval (2016) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen Rumah Makan “Ayam Goreng Roker” Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bauran pemasaran merupakan salah satu pemasaran yang memiliki beberapa unsur di dalamnya yang dapat meningkatkan keinginan para pelanggan untuk membeli di rumah makan ayam goreng Roker. Salah satu keunggulan dari rumah makan ayam goreng Roker bahwa rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 2002 dan memiliki beberapa gerai yang sudah tersebar di kota Malang, dengan adanya beberapa gerai rumah makan yang dibuka secara tidak langsung rumah makan ayam Goreng Roker memiliki kredibilitas terhadap pelanggannya untuk membuka gerai dalam jumlah banyak dalam kurun waktu 12 tahun dari berdirinya rumah makan tersebut. Seorang konsumen telah berubah menjadi pelanggan yang loyal karena kepuasannya terpenuhi, maka konsumen tersebut tidak akan beralih ke produk atau jasa perusahaan lain yang sejenis. Mengingat semakin ketatnya persaingan karena semakin banyak perusahaan yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen, menyebabkan perusahaan harus menempatkan orientasi pada loyalitas konsumen Penelitian dilaksanakan pada tanggal 28 Januari 2015 sampai dengan 28 Pebruari 2015 di Rumah makan ayam goreng Roker. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa pada bulan tersebut adalah bulan liburan sekolah sehingga rumah makan tersebut ramai dikunjungi konsumen dan mendapatkan responden vi dengan mudah. Metode yang digunakan adalah survei dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner yang akan dibagikan kepada responden. Responden yang dijadikan sampel adalah responden yang berusia 17-57 tahun dengan alasan karena usia 17 ke atas mampu mengkritisi sistematika bauran pemasaran yang diterapkan di rumah makan ayam goreng Roker. Jumlah responden yang digunakan untuk sampel penelitian adalah 100 orang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa bahwa tebentuk 6 faktor baru yang diantaranya Indeks fasilitas penunjang, Indeks kualitas produk dan akses, Indeks harga, Indeks pelayanan rumah makan, Indeks perilaku dan Indeks komersial, akan tetapi yang mampu mewakili nilai faktor tersebut adalah nilai dengan faktor loading yang tertinggi dengan makna korelasi sangat kuat yaitu antara 0,75-0,90. Setelah dianalisis faktor kemudian nilai loading faktor tertinggi dianalisis menggunakan regresi berganda bahwa yang mempengaruhi loyalitas konsumen dari segi bauran pemasaran adalah buku menu yang terlihat rapi, variasi dan kemudahan akses, kesesuaian harga yang ditawarkan, pegawai rumah makan mampu menguasai produk yang ditawarkan di rumah makan, dan kerjasama yang baik antara pegawai dan pimpinan rumah makan yang mampu berpengaruh sebesar 77,4% dan sisanya sebesar 22,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian bauran pemasaran yang dilakukan penulis. Persamaan hasil regresi bahwa Y = 4,029 + 0,551 F1+0,267F2 + 0,141F3+ 0,039F4+ 0,068 F5 + 0,170pendapatan. Berdasarkan persamaan regresi yang didapatkan hasil bahwa bauran pemasaran yang berpengaruh positif terhdap loyalitas konsumen adalah ”indeks fasilitas penunjang”, “indeks kualitas produk dan akses”, “indeks harga”, “indeks pelayanan rumah makan”, “indeks perilaku” dan pendapatan, tanpa adanya variabel bauran pemasaran loyalitas konsumen sudah berpengaruh sebsesar 4,029. Indeks fasilitas penunjang” mempengaruhi loyalitas konsumen sebesar 0,551,” indeks vii kualitas produk dan akses” mempengaruhi loyalitas konsumen sebesar 0,267, “indeks harga” mempengaruhi loyalitas konsumen sebesar 0,141, “indeks pelayanan rumah makan” mempengaruhi loyalitas konsumen sebesar 0,039, “indeks perilaku” mempengaruhi loyalitas konsumen sebesar 0,068, dan pendapatan mempengaruhi loyalitas konsumen sebesar 0,170. Kesimpulannya adalah loyalitas konsumen terhadap ayam roker ditunjukkan dengan tetap memilih untuk mengkonsumsi ayam goreng roker meskipun ada pesaing yang lainnya. Sedangkan melakukan pembelian ayam goreng di jam makan siang dan mereferensikan rm ayam roker ke rekan kerja merupakan faktor kedua yang dipertimbangkan untuk loyalitas konsumen terhadap ayam goreng roker ini. Loyalitas konsumen akan meningkat dengan adanya fasilitas penunjang khususnya buku menu dan kejelasan serta kesesuaian harga terhadapa ayam goreng roker. Variasi, kemudahan akses serta penguasaan produk oleh pelayan, kerjasama team dan tingkat pendapatan merupakan faktor berikutnya yang dipertimbangkan untuk loyalitas konsumen. Saran dari hasil pelaksanaan bahwa sebaiknya fasilitas fisik untuk pendingin ruangan untuk ditambahkan untuk meningkatkan kenyamanan konsumen, dengan konsumen merasa nyaman maka akan meningkatkan loyalitas konsumen terhadap bauran pemasaran yang lebih utama adalah fasilitas fisik, karena fasilitas
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPT/2016/13/051603267 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 14:51 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 06:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137731 |
Preview |
Text
Full_Script.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
JURNAL_S1_NOUVAL.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |