Pengaruh Teat Dipping Menggunakan Ekstrak Daun Kersen (Muntingia Calabura L.) Terhadap Kadar Lemak, Berat Jenis Dan Protein Susu

Budianto, RizkiAgus (2016) Pengaruh Teat Dipping Menggunakan Ekstrak Daun Kersen (Muntingia Calabura L.) Terhadap Kadar Lemak, Berat Jenis Dan Protein Susu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilaksanakan tanggal 5 Juni 2015 sampai 13 September 2015 di Laboratorium Ternak Perah Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penggunaan ekstrak daun kersen (Muntingia calabura L) terhadap kualitas susu yaitu lemak susu, protein susu, dan berat jenis susu. Hasil dari penelitian ini diharapkan ekstrak daun kersen (Muntingia calabura L) bisa menjadi alternatif bagi peternak dalam penggunaan bahan antiseptik yang mampu mempengaruhi kualitas susu. Materi penelitian ini adalah sapi perah PFH yang laktasi, dengan bulan laktasi 3-6 bulan. Sampel diambil satu minggu sekali selama perlakuan dengan total pengambilan sampel sebanyak 5 kali. Metode penelitian adalah dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok ( RAK) dan analisa menggunakan Anova, hal tersebut untuk mengetahui efek penggunaan ekstrak daun kersen (Muntingia calabura L) terhadap kualitas susu. Perlakuan yang dilakukan menggunakan larutan iodips sebagai kontrol dan ekstrak daun kersen dengan konsentrasi 30% dan 40%, dengan 5 ulangan pada setiap uji. Pengujian dilakukan dengan mengambil sampel kemudian dibawa ke Laboratorium Perah Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya untuk di uji menggunakan Lactoscan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ekstrak daun kersen dengan menggunakan konsentrasi 30% (P1) dan 40% (P2) tidak mempengaruhi kualitas susu atau penggunaan ekstrak daun kersen tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap uji kualitas susu yang meliputi protein susu,berat jenis susu dan lemak susu. Hal ini dikarenakan kualitas susu dipengaruhi oleh faktor pemberian pakan,dengan kualitas pakan yang baik maka kualitas susu juga akan semakin baik. Manajemen pemeliharaan juga menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga kualitas susu,kandang yang bersih menjadi salah satu aspek penting dalam menjaga kualtas susu sebelum disetor ke KUD. Dengan kandang yang bersih mampu menjauhkan dari segala aspek penyakit atau bakteri ,salah satunya adalah bakteri penyebab mastitis. Mastitis adalah salah satu penyakit yang sering menyerang pada peternakan rakyat yang mampu mempengaruhi menurunnya produksi susu dan kualitas susu. Salah satu pencegahan mastitis adalah dengan penggunaan teat dipping baik menggunakan bahan kimia atau bahan alami seperti ekstrak daun kersen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penggunaan ekstrak daun kersen (Muntingia calabura L) tidak mampu meningkatkan kualitas susu,ditinjau dari angka berat jenis susu,lemak susu dan protein susu yang masih rendah atau dibawah SNI dan Konsentrasi dengan 30% bisa digunakan sebagai teat dipping karena lebih efisien dan menunjukan angka berat jenis, lemak dan protein susu lebih tinggi dibandingankan konsentrasi 40%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2016/125/051604261
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 31 May 2016 13:58
Last Modified: 20 Oct 2021 04:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137726
[thumbnail of abstrack,daftar_isi,_.pdf]
Preview
Text
abstrack,daftar_isi,_.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_pustaka_2.pdf]
Preview
Text
Daftar_pustaka_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_1,2,3,4,5.pdf]
Preview
Text
bab_1,2,3,4,5.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item