Pengaruh Penambahan Tepung Biji Durian Pada Pakan Terhadap Konsumsi Pakan, Hen Day Production, Dan Konversi Pakan Burung Puyuh (Coturnix-Coturnix Japonica)

Amalia, FaiqRizki (2015) Pengaruh Penambahan Tepung Biji Durian Pada Pakan Terhadap Konsumsi Pakan, Hen Day Production, Dan Konversi Pakan Burung Puyuh (Coturnix-Coturnix Japonica). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilaksanakan di peternakan rakyat milik Bapak Iskandar yang berlokasi di Jalan Sentana RT.01 RW.02 Dusun Bunder, Desa Ampeldento, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 23 Desember 2014 sampai dengan 10 Februari 2015. Analisis proksimat pakan dilakukan di Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya, Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat penggunaan tepung biji durian terhadap performa produksi burung puyuh. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan informasi tentang tingkat penggunaan tepung biji durian terhadap performa produksi ternak puyuh yang selanjutnya dapat digunakan sebagai acuan penggunaan tepung biji durian sebagai pakan puyuh. Materi penelitian ini menggunakan 120 ekor puyuh betina umur 68 hari dengan jenis Coturnix-coturnix japonica. Materi lain yang digunakan adalah biji durian, kandang battery, timbangan, pakan puyuh komersil dari PT. Japfa Comfeed, peralatan kandang, vitamin dan desinfektan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah percobaan lapang dengan 4 perlakuan dan 6 kali ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah P0 (tanpa perlakuan), P1 (Pakan basal + tepung biji durian5%), P2 (Pakan basal + tepung biji durian 10%), P3 (Pakan basal + tepung biji durian 15%). Variabel yang diukur adalah konsumsi pakan, hen day production dan konversi pakan. Analisis data yang digunakan adalah analysis of variance (ANOVA) dari Rancangan Acak Lengkap (RAL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung biji durian memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap konsumsi pakan (rataan tertinggi P0: 26,477g) dan hen day production (rataan tertinggi P0: 85,208%). Hal tersebut diduga karena pakan yang diberikan pada P0 berbentuk crumble dan kandungan proteinnya paling tinggi dari perlakuan yang lain, sehingga dapat meningkatkan konsumsi dan hen day production pada perlakuan kontrol. Penambahan tepung biji durian pada level 5%, 10%, dan 15% memberikan pengaruh yang tidak nyata terhadap konversi pakan. Kesimpulan penelitian ini adalah penambahan tepung biji durian dapat menurunkan konsumsi pakan dan hen day production, dan dapat meningkatkan konversi pakan burung puyuh. Disarankan untuk melakukan penambahan tepung biji durian dalam pakan puyuh dengan menyeimbangkan komponen kandungan nutrisi antara tepung biji durian dengan pakan basal, agar tidak merubah komponen nutrisi yang sudah tersusun secara sempurna. Disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

English Abstract

The purpose of this research was to find out optimum level of influence and to use of Durian seed meal in feed on quail production performance including feed consumption, hen day production, and feed conversion. Quails was used for research pullet (68 days old), as many as 120 quails with each unit consisted of five quails. The research used experiment with different feed supplement and six replications in each treatment. The treatments were P0 (basal feed), P1 (basal feed + 5% of durian seed meal), P2 (basal feed + 10% of durian seed meal), and P3 (basal feed + 15% of durian seed meal). The variables were feed consumption, Hen Day Production (HDP), and feed conversion. Data were analyzed by Analysis of Variance of the Completely Random Design (CRD) and if between treatments showed significant effect were analyzed by Duncans Multiple Range Test (DMRT). The result showed that treatments of addition Durian seed meal in feed did not significant effect on feed conversion although feed consumption and hen day production was significantly increased (P<0,01). The addition of durian seed meal in feed can’t improve performance hen day production and feed consumption but can improve feed conversion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2015/90/051503211
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 May 2015 08:14
Last Modified: 20 Oct 2021 04:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137689
[thumbnail of FAIQ_RIZKI_AMALIA_115050100111030_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
FAIQ_RIZKI_AMALIA_115050100111030_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item