Sistem Pemberian Kredit Usaha Sektor Peternakan Di Bank Pt. Bank Danamon Cabang Sambi Kabupaten Kediri

Febrianti, Elzinta Nurul (2015) Sistem Pemberian Kredit Usaha Sektor Peternakan Di Bank Pt. Bank Danamon Cabang Sambi Kabupaten Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mahalnya harga ternak dan produk hasil peternakan yang dijual saat ini menjadi daya tarik yang luar biasa bagi para peternak. Peluang untuk mendapatkan sebuah keuntungan usaha menjadi pendorong para peternak untuk meningkatkan produksi. Pembangunan perekonomian peternakan dapat dibangun dan ditumbuhkembangkan dalam lingkup usaha mikro yang sebagian besar banyak dikelola oleh masyarakat kecil dimana populasi penduduknya mendominasi sebagian wilayah, salah satunya adalah wilayah Kabupaten Kediri. Bank yang menjadikan agribisnis sebagai sektor unggulan di Kabupaten Kediri salah satunya adalah Bank Danamon cabang Sambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem pemberian kredit sektor peternakan terkait persyaratan, prosedur dan pelaksanaan kredit, serta mengetahui kualitas pelayanan dalam pelaksanaan kredit usaha peternakan terhadap kepuasan nasabah kredit usaha peternakan di Bank Danamon Cabang Sambi Kediri. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang nasabah kredit usaha peternakan yang dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh. Analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis faktor, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persyaratan kredit usaha peternakan yang diterapkan di Bank Danamon Cabang Sambi yaitu: proposal formal, identitas diri surat keterangan usaha, rekening listrik telepon, cashflow, dan lain-lain. Prosedur pemberian kredit DSP Pasar Sambi, yaitu: pengajuan kredit, penyampaian persyaratan, pemenuhan persyaratan, survey, pemutusan kredit, pencairan kredit, pengawasan dan pelunasan kredit. Hasil analiis faktor kemudian dilakukan perhitungan data statistik dengan menggunakan program SPSS versi 16,00 dan diperoleh hasil indeks yang berpengaruh yaitu “Keramahan Pegawai Terhadap Nasabah”, “Ketepatan Pegawai Melayani Nasabah” dan “Kemampuan Pegawai Melayani Nasabah”. Kesimpulan penelitian ini yaitu pelaksanaan sistem pemberian kredit di Bank Danamon Cabang Sambi yaitu kreditur mensyaratkan sesuai dengan ketentuan dan prosedur pemberian kredit dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku. Kepuasan nasabah yaitu atribut pelayanan jasa secara keseluruhan diimplementasikan dengan baik, diikuti dengan sistem pelayanan jasa kredit usaha peternakan. Kualitas pelayanan berdasarkan hasil analisis regresi yaitu “keramahan pegawaiterhadap nasabah”,”ketepatan pegawai melayani nasabah” dan “kemampuan pegawai melayani nasabah” berpengaruh terhadap kepuasan nasabah usaha peternakan di Bank Danamon Cabang Sambi.

English Abstract

Research was carried out at Danamon Bank Sambi Branch Kediri Regency. The aim of this research was to investigate the application of livestock credit system relate to requirements, procedures, and implementation of credit, and service quality of the livestock credit system for the customer satisfaction. 100 credit customers were selected by purposive sampling technique. Primary data were obtained from customers, where as secondary were ghatered from Danamon Bank and related institutions. Decriptive factor and multiple regression analyses were employed. Result found that firstly, credit practice has carried out as standart procedure of Danamon Bank, secondly, customer satisfaction represented the customer good perceived on service attribute following by service quality at Danamon Bank. The satisfaction of customers were positively influenced by “hospitality employees on customers”, “accuracy employees serve customers” and employees ability to customers”

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2015/9/051500396
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Jan 2015 11:34
Last Modified: 24 Nov 2021 06:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137688
[thumbnail of BAB_II_PDF.pdf]
Preview
Text
BAB_II_PDF.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRACK_PDF.pdf]
Preview
Text
ABSTRACK_PDF.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_PDF.pdf]
Preview
Text
BAB_I_PDF.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_PDF.pdf]
Preview
Text
BAB_III_PDF.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_PDF.pdf]
Preview
Text
BAB_V_PDF.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_PDF.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_PDF.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER_PDF.pdf]
Preview
Text
COVER_PDF.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI,_TABEL_GAMBAR,_LAMPIRAN_PDF.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI,_TABEL_GAMBAR,_LAMPIRAN_PDF.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAPUS_PDF.pdf]
Preview
Text
DAPUS_PDF.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR_PDF.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR_PDF.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RIWAYAT_HIDUP_PDF.pdf]
Preview
Text
RIWAYAT_HIDUP_PDF.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN_A5_PDF.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN_A5_PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item