Pengaruh Pemberian Probiotik Terhadap Produksi Dan Protein Susu Sapi Peranakan Friesian Holstein (Pfh) Di Kecamatan Jabung Kabupaten Malang

Firdaus, InsanuFathir (2015) Pengaruh Pemberian Probiotik Terhadap Produksi Dan Protein Susu Sapi Peranakan Friesian Holstein (Pfh) Di Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Probiotik adalah mikroorganisme hidup nonpatogen yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain/inangnya. probiotik dalam rumen dapat menjaga kondisi pH, membantu dalam pencernaan serat kasar dan menghalangi pertumbuhan bakteri patogen. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2014 sampai Oktober 2014. Penelitian dilaksanakan di peternakan rakyat Kecamatan Jabung. Analisis kadar protein dilakukan di Laboratorium Ternak Perah Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui pengaruh pemberian probiotik terhadap produksi dan protein susu sapi perah Peranakan Friesian Holstein (PFH). Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 12 ekor sapi perah Peranakan Friesian Holstein (PFH) periode laktasi, susu segar, pakan dan probiotik. Metode penelitian yang dilakukan adalah percobaan dengan 2 perlakuan dan 6 ulangan Perlakuan yang digunakan dalam penelitian yaitu P0 (pakan hijauan + konsentrat) dan P1 (pakan hijauan + konsentrat + probiotik 60 ml/ekor/hari). Variabel yang diamati meliputi produksi susu dan kadar protein susu. Data yang diperoleh dianalisis statistik menggunakan uji T tidak berpasangan. vi Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan perbedaan yang nyata (P<0,05) terhadap produksi susu dan protein susu. Rata-rata yang dihasilkan dari perlakuan P0 pada masing-masing variabel yaitu produksi susu 16,100±2,388 liter/ekor/hari dan protein susu 2,850±0,176%, sedangkan pada perlakuan P1 yaitu produksi susu 19,383±2,611 liter/ekor/hari dan protein susu 3,107±0,182%. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah dengan pemberian probiotik sebanyak 60 ml/ekor/hari dapat meningkatkan produksi susu dengan rata-rata produksi susu 19,383 liter/ekor/hari, protein susu 3,107% dan Income Over Feed Cost (IOFC) pada perlakuan P1 pemberian probiotik 60 ml/ekor/hari sebesar Rp 5.065 per liter susu lebih besar daripada perlakuan P0 sebesar Rp 5.006 per liter susu. Saran yang diberikan adalah untuk meningkatkan kualitas pakan yang bervariasi sapi perah perlu diberi probiotik dalam pakannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2015/326/051603248
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 May 2016 09:37
Last Modified: 20 Oct 2021 03:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137611
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER,_PENGESAHAN,_RIWAYAT_HIDUP,_KATA_PENGANTAR,_ABSTRACT,_RINGKASAN,_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
COVER,_PENGESAHAN,_RIWAYAT_HIDUP,_KATA_PENGANTAR,_ABSTRACT,_RINGKASAN,_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item