Sari, RianaAndan (2015) Analisis Pemasaran Daging Sapi Segar Di Kota Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan kebutuhan masyarakat terhadap protein hewani sangat berpengaruh terhadap keberadaan sektor peternakan. Jumlah ternak sapi yang dipotong pada tahun 2009 hingga 2012 mengalami peningkatan setiap tahunnya, hal ini bisa dikatakan bahwa perkembangan kebutuhan masyarakat terhadap protein meningkat. Daging merupakan salah satu hasil ternak yang hampir tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Selain keanekaragaman sumber pangan, daging dapat menimbulkan kepuasan atau kenikmatan bagi yang memakannya karena kandungan gizinya lengkap sehingga keseimbangan gizi dapat terpenuhi Pengumpulan data penelitian dilaksanakan mulai 24 Februari – 31 Maret 2015 di Kota Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran daging sapi segar Kota Kediri dan untuk mengetahui tingkat efisiensi pemasaran ditinjau dari segi margin pemasaran, share biaya pemasaran dan share keuntungan dari masing-masing lembaga pemasaran daging sapi segar di Kota Kediri. Terdapat empat kelompok responden yaitu 18 jagal, 9 pedagang besar, 10 pedagang menengah dan 20 pedagang kecil. Penelitian dilakukan dengan metode survei penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling untuk jagal, untuk pedagang metode yang digunakan adalah snowball sampling dan untuk konsumen accidental sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu margin pemasaran, farmer’s share, share keuntungan dan share biaya pemasaran pada masing-masing lembaga pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan saluran Saluran pemasaran daging sapi segar di Kota Kediri ada empat pola yakni : Saluran pemasaran pola I : jagal – pedagang besar –pedagang menengah – pedagang pengecer (retailer). Saluran pemasaran pola II : jagal – pedagang besar – pedagang kecil (retailer). Saluran pemasaran pola III : jagal – pedagang menengah – pedagang kecil (retailer). Saluran pemasaran pola IV : jagal – pedagang kecil (retailer) Fungsi pemasaran yang dilakukan lembaga pemasaran meliputi fungsi penjualan, pembelian, penyimpanan, pengangkutan, penanggungan resiko, transportasi dan informasi pasar. Tingkat efisiensi pemasaran dilihat dari margin pemasaran yang diperoleh beragam dan tidak merata. Margin pemasaran yang terbentuk pada saluran pola I Rp. 13.146,2/kg daging I dan Rp. 28.026,2/kg daging II, saluran pemasaran pola II Rp. 13.146,2/kg daging I dan Rp. 28.026,2/kg daging II, saluran pemasaran pola III Rp. 13.146,2/kg daging I dan Rp. 28.026,2/kg daging II dan saluran pemasaran pola IV Rp. 13.146,2/kg daging I dan Rp. 28.026,2/kg daging II. Share biaya pemasaran masing-masing lembaga pemasaran adalah pola I : jagal 25,99% daging I dan 23,03% daging II, pedagang besar 2,64% daging I dan 2,60% daging II, pedagang menengah 17,92% daging I dan 16,47% daging II, pedagang pengecer 53,45% daging I dan 57,84% daging II. Pola II : jagal 31,67% daging I dan 27,63% daging II, pedagang besar 3,21% daging I dan 3,11% daging II, pedagang kecil 65,12% daging I dan 69,25% daging II. Pola III : jagal 26,70% daging I dan 23,70% daging II. Pola IV : jagal 32,72% daging I dan 28,52% daging II Share keuntungan masing-masing lembaga pemasaran adalah pola I : jagal 49,05% daging I dan 24,48% daging II, pedagang besar 32,45% daging I dan 41,37% daging II, pedagang menengah 9,42% daging I dan 28,62% daging II, pedagang pengecer 9,09% daging I dan 5,53% daging II. Lembaga pemasaran pola II : jagal 54,14% daging I dan 34,30% daging II, pedagang besar 35,82% daging I dan 57,95% daging II, pedagang kecil 10,03% daging I dan 7,75% daging II. Lembaga pemasaran pola III : jagal 72,61% daging I dan 41,76% daging II, pedagang menengah 13,94% daging I dan 48,81% daging II, pedagang kecil 13,45% daging I dan 9,44% daging II. Share harga yang diterima jagal/produsen pada masing-masing pola adalah sebesar 86,31% untuk daging I dan 70,81% untuk daging II. Share harga yang diterima oleh pedagang besar 93,02% untuk daging I dan 84,66% untuk daging II. Share harga yang diterima oleh pedagang menengah adalah 95,00% untuk daging I dan 88,52% untuk daging II. Nilai efisiensi pemasaran pola I, pola II, pola III dan pola IV adalah 0,263 untuk daging I dan 0,268 untuk daging II, 0,163 untuk daging I dan 0,170 untuk daging II, 0,192 untuk daging I dan 0,196 untuk daging II, 0,105 untuk daging I dan 0,111 untuk daging II. Disimpulkan bahwa terdapat IV jalur pemasaran daging sapi segar di Kota Kediri yakni: jalur pemasaran I dimulai dari jagal ke pedagang besar ke pedagang menengah dan pedagang kecil, jalur pemasaran II dimulai dari jagal ke pedagang besar ke pedagang kecil, jalur pemasaran III dari jagal ke pedagang menengah ke pedagang kecil dan jalur pemasaran IV dari jagal ke pedagang kecil. Jalur pemasaran IV adalah jalur yang paling efisien dalam pemasaran daging sapi segar di Kota Kediri dilihat dari presentase margin pemasaran yaitu 100% dan pemasaran daging I pada pola ini lebih efisien di bandingkan dengan pemasaran daging II ditinjau dari nilai Eps daging I lebih kecil dibandingkan dengan daging II yaitu 0.105 < 0.111. Jalur pemasaran I menunjukan efisien dilihat dari meratanya share biaya pemasaran dan share biaya pemasaran daging I lebih merata dibandingkan dengan daging II sepanjang jalur pemasaran dengan proposi (25,99%, 2,64%, 17,92%, 53,45%) dengan share harga paling besar untuk daging I pada pedagang menengah. Jalur pemasaran I menunjukan efisien dilihat dari meratanya share keuntungan dan share keuntungan daging II lebih merata dibandingkan dengan daging I sepanjang jalur pemasaran dengan proporsi (24,48%, 41,37%, 28,62%, 5,53%). Saran jagal harus mengetahui harga pasar dan juga maningkatkan pola penjualan langsung ke pedagang kecil sehingga mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Penjualan langsung sehingga dapat menjual dalam skala yang lebih banyak dengan biaya yang sedikit.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPT/2015/289/051509068 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 20 Jan 2016 11:17 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137568 |
Preview |
Text
abstract.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_4_A5.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_3_A5.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_2_A5.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_5._A5.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_1_A5.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
cover_A5.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_GAMBAR_A5.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
cover_dalam_A5.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI_A5.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA_A5.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_TABEL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RINGKASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RIWAYAT_HIDUP.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |