Analisis Kelayakan Investasi Usaha Peternakan Ayam Petelur “Nurhuda Farm” Desa Kambingan Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang

Armadani, Desy (2015) Analisis Kelayakan Investasi Usaha Peternakan Ayam Petelur “Nurhuda Farm” Desa Kambingan Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada suatu usaha, upaya untuk memperoleh keuntungan yang besar dan berkelanjutan merupakan sasaran utama bagi semua kegiatan usaha. Upaya untuk mencapai sasaran tersebut perlu adanya suatu analisis kelayakan investasi usaha peternakan ayam petelur, sebagai acuan tingkat berhasil tidaknya suatu usaha dalam dan pengembalian jangkauan investasi. Berapa lama modal dapat kembali, hal tersebut dapat di lihat dari perhitungan analisis investasi. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 1 Maret – 12 April 2015 di “Nur Huda Farm” yang terletak di Desa Kambingan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kelayakan investasi dan sensitivitas pada usaha peternakan ayam petelur, sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan keputusan yang diambil guna pengembangan usaha peternakan ayam petelur kedepannya dan sebagai bahan informasi untuk melakukan penelitian maupun kajian lebih lanjut. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus yaitu menilai kelayakan usaha apakah usaha tersebut layak dikembangkan atau tidak, sehingga perlu adanya evaluasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sengaja (purposive sampling) dengan pertimbangan responden orang – orang yang mengetahui data yang diperlukan. Hasil penelitian analisis kelayakan investasi pada usaha peternakan ayam petelur di “Nur Huda Farm” menunjukan bahwa dari analisis biaya, dapat diketahui bahwa pakan sebagai bahan variable memiliki presentase 79,78 % yang merupakan presentase paling tinggi. Hasil NPV dengan menggunakan social discount rate 6 % menunjukan nilai NPV sebesar Rp. 3.831.607.824,-. Usaha peternakan ayam petelur layak untuk dikembangkan karena nilai NPV lebih dari nol. Hasil perhitungan BCR adalah 1,21 hal ini menunjukan bahwa usaha ayam petelur ini mengalami keuntungan dan layak untuk dikembangkan. Hasil perhitungan IRR menunjukan hasil 14,96 %, dari hasil perhitungan IRR dengan menggunakan Social Opportunity Cost of Capital (SOCC) sebesar 6 %. Hal ini berarti IRR>SOCC dengan demikian usaha peternakan ayam petelur layak untuk dikembangkan. Pada perhitungan PBP usaha ayam petelur selama 2 tahun 4 bulan dengan demikian pengembalian modal lebih cepat dari modal berdirinya usaha tersebut, maka usaha ini layak dikembangkan karena nilai PBP kurang dari umur ekonomis. Hasil sensitivitas pada usaha ayam petelur “Nur Huda Farm” dengan kenaikan harga bahan baku 3 % tidak mengalami kerugian namun pada perhitungan analisisnya mengalami penurunan yaitu dengan perhitungan NPV Rp. 1.841.153.343,-. BCR 1,09 nilai IRR 11,30 % dan pengembalian modal pada jangka waktu lebih lama 3 tahun 11 bulan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2015/281/051509060
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Jan 2016 13:52
Last Modified: 20 Oct 2021 02:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137560
[thumbnail of 02_KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
02_KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 03_abstrak.pdf]
Preview
Text
03_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 04_RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
04_RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 05_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
05_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 0__COVER.pdf]
Preview
Text
0__COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 01_RIWAYAT_HIDUP.pdf]
Preview
Text
01_RIWAYAT_HIDUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 06_D.TABEL,_D.GAMBAR,_D.LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
06_D.TABEL,_D.GAMBAR,_D.LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of A_5.pdf]
Preview
Text
A_5.pdf

Download (12MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item