Rahma, AuliaRizal (2015) Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Daging Sapi Di Kota Malang (Studi Di Hypermart Malang Town Square). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Daging sapi sebagai sumber protein yang berasal dari ternak hewan sudah dikenal sebagai bahan pangan yang hampir lengkap dan sempurna. Daging merupakan salah satu makanan bergizi yang dibutuhkan manusia, karena selain mutu proteinnya tinggi, pada daging terdapat pula kandungan asam amino esensial yang lengkap dan seimbang. Kebutuhan masyarakat akan daging sapi menyebabkan peningkatan permintaan akan daging sapi. Jumlah konsumen daging sapi pun meningkat dari tahun ke tahun. Jumlah penduduk dan permintaan akan daging sapi yang terus meningkat dari tahun ke tahun, membuat para produsen berusaha untuk memenuhi permintaan pasar tersebut Konsumen yang mengkonsumsi daging sapi ini adalah konsumen menengah ke atas mengingat harga komoditas daging sapi saat ini mahal. Adanya informasi mengenai hal tersebut menyebabkan persepsi konsumen terhadap suatu produk, khususnya daging sapi menjadi berubah. Perilaku konsumen adalah sebuah sikap dari konsumen dalam pemilihan sebuah produk dengan faktorfaktor tertentu yang mempengaruhinya. Faktor tersebut berbeda untuk tiap individunya. Perusahaan harus mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh agar produknya dapat laku dipasaran. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2013 - 21 Desember 2013 di Hypermart Malang Town Square. Tujuan pada penelitian adalah untuk menganalisis perilaku konsumen dalam dalam pembelian daging sapi dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan konsumen membeli daging sapi di Hypermart Malang Town Square. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk memberikan masukan bagi komnsumen dalam pembelian daging sapi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan penentuan sampel secara purposive sampling. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode acidental sampling. Penelitian ini menggunakan 2 macam data yang dikumpulkan yaitu data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dengan cara memberikan daftar pertanyaan (kuisioner) yang telah disiapkan kepada responden. Sedangkan data sekunder diperoleh dari laporan ilmiah, catatan atau dokumen dari instansi terkait maupun literatur atau referensi yang relevan dengan penelitian. Analisis yang digunaan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, faktor dan analisis regresi linier berganda. Proses pengambilan keputusan pembelian daging segar oleh responden di supermarket Hypermart melewati beberapa tahapan yaitu tahapan pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, proses pembelian dan evaluasi pasca pembelian. Berdasarkan analsis faktor maka terbentuk empat faktor yang menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian daging sapi yaitu yang pertama adalah faktor kualitas dan kuantitas daging. Faktor ini tersusun atas variabel-variabel tersebut adalah gizi daging, kualitas daging, harga pembanding dan potongan harga. Jadi responden yang mempertimbangkan faktor gizi dan kualitas daging. Hal ini memang didukung pengenalan kebutuhan dalam konsumsi daging segar didasarkan pada kebutuhan akan gizi. Faktor kedua adalah faktor kemudahan mendapatkan daging. Faktor komponen ini mencakup empat variabel yaitu harga daging lainnya, daging mudah didapat, kedekatan lokasi dengan tempat tinggal dan informasi jenis daging. Faktor ketiga adalah faktor informasi tentang daging adalah. Variabel yang terdapat pada faktor komponen ini adalah tekstur dan informasi dari iklan/tetangga. Faktor terakhir atau keempat adalah faktor harga daging dengan komponen ini terdiri dari dua variabel yaitu harga jual dan produk daging yang segar. Hal ini dikarenakan harga daging sapi, sesuai dengan kualitas daging. Hasil regresi berganda menunjukkan bahwa variabel bebas yakni kualitas dan kuantitas daging; kemudahahan mendapatkan daging; informasi tentang daging; harga; jenis kelamin; umur; pekerjaan; pendidikan dan jumlah anggota keluarga berpengaruh positif terhadap variabel terikat yakni keputusan pembelian daging sapi di Hypermart Malang Town Square. Nilai r square sebesar 0,709, nilai sebesar 70,9% keputusan pembelian daging sapi dapat dijelaskan oleh faktor yakni kualitas dan kuantitas daging; kemudahahan mendapatkan daging; informasi tentang daging; harga; jenis kelamin; umur; pekerjaan; pendidikan dan jumlah anggota keluarga, sementara sisanya sebesar 29,1% dijelaskan oleh faktor yang tidak diamati dalam penelitian ini. Disimpulkan bahwa perilaku responden dalam pembelian daging sapi di Hypermart Malang Town Square dipengaruhi oleh kualitas dan kuantitas daging; kemudahahan mendapatkan daging; informasi tentang daging; harga; jenis kelamin; umur; pekerjaan; pendidikan dan jumlah anggota keluarga. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku responden dalam pembelian daging sapi di Hypermart Malang Town Square adalah kualitas dan kuantitas daging; kemudahahan mendapatkan daging; informasi tentang daging; harga; jenis pekerjaan; pendapatan; pendidikan dan jumlah anggota keluarga. Disarankan pemasar perlu lebih meningkatkan kualitas daging sapi sesuai dengan keinginan responden dan adanya tingkat harga yang lebih kompetitif sehingga sesuai dengan karakteristik dan keinginan responden.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPT/2015/264/051509093 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 19 Jan 2016 11:14 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 01:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137541 |
Preview |
Text
bab_1.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_2.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_4.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_3.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK_A5.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_5.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Lbr_pengesahan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
daftar_pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
SAMPUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |