Pengaruh Lama Perendaman Stek Ke Dalam Urin Sapi Perah Betina Terhadap Pertumbuhan Dan Produktivitas Rumput Gajah Mini (Pennisetum Purpureum Cv. Mott)

Andilala, Devid (2015) Pengaruh Lama Perendaman Stek Ke Dalam Urin Sapi Perah Betina Terhadap Pertumbuhan Dan Produktivitas Rumput Gajah Mini (Pennisetum Purpureum Cv. Mott). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumput gajah mini/rumput gajah dwarf (Pennisetum purpureum cv. Mott) memiliki kemampuan menghasilkan biomasa yang tinggi dan kualitas nutrisi yang tinggi. Penanaman rumput gajah mini dilakukan menggunakan stek memiliki kelemahan sulit menumbuhkan perakaran dan pertunasan tanaman. Salah satu cara untuk merangsang perakaran stek dan merangsang pertumbuhan tunas rumput gajah adalah memberikan suatu zat pengatur tumbuh dan zat lain yang dibutuhkan seperti N, P, K. Urin sapi merupakan salah satu zat pengatur tumbuh alami, yaitu hormon auksin a, auksin b, IAA, Giberelin (GA) dan sitokinin serta nitrogen, phosfor, kalium. Penelitian ini dilaksanakan bulan pada Maret 2015 sampai dengan bulan Mei 2015 di Green House Hijauan Makanan Ternak dan Laboratorium Nutrisi Makanan Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lama perendaman stek ke dalam urin sapi terhadap pertumbuhan dan produktivitas rumput gajah mini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi baik bagi mahasiswa maupun peternak. vii Materi penelitian adalah stek Pennisetum purpureum cv. Mott sebanyak 20 stek. Stek diambil dari batang yang sehat, umur stek 2-3 bulan dengan jumlah ruas 8 dan panjang 20 cm. Urin sapi sebanyak ± 6 liter diperoleh dari sapi perah betina. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 5 perlakuan dan tiap perlakuan diulang 4 kali, sehingga terdapat 20 unit percobaan. Adapun perlakuan perendaman tersebut adalah P0 (tanpa perendaman), P1 (10 menit), P2 (20 menit), P3 (30 menit) dan P4 (40 menit). Parameter yang diamati meliputi jumlah mata tunas, tinggi tanaman, jumlah daun , berat segar, proporsi batang dan daun segar dan kering. Apabila terjadi pengaruh perlakuan maka dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan’s. Analisis hubungan antara umur tanaman terhadap tinggi adalah Regresi Linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama perendaman stek ke dalam urin sapi perah betina tidak memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan produktivitas Pennisetum purpureum cv. Mott meliputi jumlah mata tunas, tinggi tanaman, jumlah daun, berat segar, proporsi batang dan daun segar maupun kering (P>0,05). Perlakuan P1 (perendaman 10 menit) dari kesemua variabel pengamatan memberikan hasil yang lebih tinggi dibanding perlakuan lainnya. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa lama perendaman stek rumput gajah mini kedalam urin sapi perah betina tidak memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan produktivitas rumput gajah mini (Pennisetum purpureum cv. Mott). Berdasarkan hasil penelitian disarankan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang kosentrasi hormon auksin dalam urin sapi perah betina agar dapat menentukan dosis terbaik untuk digunakan dalam perendaman stek rumput gajah mini (Pennisetum purpureum cv. Mott).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2015/213/051509009
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Jan 2016 13:11
Last Modified: 20 Oct 2021 13:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137484
[thumbnail of Skripsi_Devid_Andilala_2011.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Devid_Andilala_2011.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item