Pengaruh Penanganan Varroa Jacobsoni Dengan Pengenceran Rotraz Menggunakan Metode Strip Pada Lebah Madu Apis Mellifera L.

Sanjaya, AdiPutra (2015) Pengaruh Penanganan Varroa Jacobsoni Dengan Pengenceran Rotraz Menggunakan Metode Strip Pada Lebah Madu Apis Mellifera L. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Varroa jacobsoni adalah jenis hama lebah madu yang paling potensial merugikan secara ekonomi pada Apis mellifera di seluruh dunia. Upaya penanganan hama secara kimiawi dalam jangka panjang terbukti menimbulkan efek resistensi dan residunya beresiko mencemari produk yang dihasilkan dari peternakan lebah madu. Oleh karena itu perlu penggunaan dosis yang tepat untuk menekan resiko tersebut dengan cara pengenceran menggunakan aqua. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Ngerobyong Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang pada tanggal 10 April 2014 sampai dengan 10 Mei 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengenceran rotraz dengan variasi volume aqua terhadap mortalitas Varroa jacobsoni dan lebah pekerja dewasa. Manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan volume insektisida yang tepat pada pemeliharaan lebah madu. Materi penelitian ini meliputi strip yang direndam dengan larutan rotraz + aquades dengan dosis yang berbeda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah percobaan lapang menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Data ditabulasi dengan program Microsoft Excel, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis ragam (ANOVA). Apabila ada perbedaan pengaruh dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan’s (UJBD). Perlakuan yang dicobakan yaitu: P0 = sebagai kontrol (tanpa perlakuan), P1 = 60 ml aqua+ 6 ml rotraz, P2 = 90 ml aqua + 6 ml rotraz dan P3 = 120 ml aqua+ 6 ml rotraz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang nyata pada perlakuan pengenceran rotraz dengan variasi dosis aqua terhadap mortalitas Varroa jacobsoni dan lebah pekerja dewasa. Semakin rendah volume pengenceran rotraz dengan aqua maka semakin tinggi mortalitas Varroa jacobsoni dan lebah pekerja. Hal ini disebabkan kandungan senyawa pestisida dalam rotraz yang dapat membunuh Varroa jacobsoni melalui kontak pernapasan. Kesimpulan yang diperolah adalah tingkat konsentrasi rotraz pada perlakuan P2= 90ml aqua + 6 ml rotraz efektif dalam memberantas Varroa jacobsoni , meskipun sedikit berpengaruh terhadap mortalitas lebah pekerja. Saran yang diperoleh adalah penggunaan volume pestisida rotraz yang digunakan perlu dikaji lebih lanjut untuk mencapai hasil optimum.

English Abstract

Data collection of this research was carried out in CV. Kembang Joyo which is located in Donowarih Village Karang Ploso subdistrict, Malang from March to May 2014. The purpose of this research was to determine the best concentration of rotraz dilution with different volume of aquades on honey bees based on mortality of Varroa jacobsoni and honey bees worker. The method of this research was experiment with Completely Randomized Design (CRD) by using four treatments and five replications. The treatments were aqua: rotraz ratio with concentration of 0 ml (P0 = control), 60 ml : 6 ml (P1) , 120 ml : 6 ml (P2), and 190 ml : 6 ml (P3). The variables measured were mortality of Varroa jacobsoni and honey bees worker. The data was analyzed using analysis of variance continued by Duncan’s multiple range test. The result of this research showed that different concentration of rotraz dilution with different aqua doses on honey bees gave very significant differences (P<0.01) on mortality of Varroa jacobsoni and honey bees worker. Rotraz with different aqua dosis on honey bees gave good effect on honey bees colony. Conclusion of this study was rotraz dilution with different aqua volume treatments had different significant effect to Varroa jacobsoni and worker bees mortality.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2015/163/051504664
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Jul 2015 11:28
Last Modified: 20 Oct 2021 12:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137428
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item