Sistem Pembimbingan Skripsi Online dengan Teknologi Push Pada Chatting Secara Real-Time Menggunakan Framework Codeigniter

Putra, AndhikaRizqiEka (2015) Sistem Pembimbingan Skripsi Online dengan Teknologi Push Pada Chatting Secara Real-Time Menggunakan Framework Codeigniter. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Suatu permasalahan yang sering ditemukan dalam pembimbingan skripsi adalah tidak dapatnya dosen dan mahasiswa untuk hadir dan bertemu saat akan melakukan pembimbingan skripsi. Permasalahan seperti demikian tentunya akan menjadi permasalahan tersendiri bagi mahasiswa karena akan memperlambat pengerjaan skripsi mereka. Sehingga, untuk mempermudah pembimbingan skripsi diperlukanlah suatu sistem baru yang dapat melakukan bimbingan tanpa perlu bertemu dan tatap muka secara langsung sehingga akan menghemat waktu pengerjaan skripsi mahasiswa. Agar dapat memenuhi hal tersebut maka dibuatlah sistem pembimbingan skripsi yang dilakukan secara online. Online sendiri merupakan teknologi informasi terkini yang sesuai untuk memecahkan permasalahan ini. Teknologi yang digunakan adalah teknologi push chatting dimana nantinya digunakan untuk melakukan diskusi dan pembimbingan skripsi bagi mahasiswa dan dosen. Dan framework yang digunakan adalah framework codeigniter yang dapat membantu mengurangi kompleksitas desain arsitektur dalam pengembangan aplikasi. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa komplekitas prosedur dari sistem ini adalah rendah sehingga kerumitan perbaikan coding juga rendah, kemudian implementasi fungsionalitas dari sistem ini telah memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang telah didefinisikan dan juga waktu respon dari teknologi push chatting ini dapat dilakukan secara real-time. Hasil akhir yang didapatkan berupa sistem pembimbingan skripsi online yang dapat merepresentasikan pembimbingan skripsi sebagaimana mestinya dengan teknologi push pada chatting dengan rata-rata waktu respon 1.705,37 ms.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2015/149/051504477
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Aug 2015 09:39
Last Modified: 20 Oct 2021 12:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137412
[thumbnail of skripsi_115060800111056_Andhika_Rizqi_Eka_Putra.pdf]
Preview
Text
skripsi_115060800111056_Andhika_Rizqi_Eka_Putra.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item