Pengaruh Penggunaan Berbagai Kultur Yang Di Simpan Selama Dua Minggu Terhadap Viskositas, Ph, Bal, Kecepatan Meleleh Pada Es Krim Probiotik

Dewi, AnistaTriPuspito (2015) Pengaruh Penggunaan Berbagai Kultur Yang Di Simpan Selama Dua Minggu Terhadap Viskositas, Ph, Bal, Kecepatan Meleleh Pada Es Krim Probiotik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian Dilaksanakan Mulai Juni Sampai Dengan Juli 2014. Lokasi Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Laboratarium Fisiko Kimia Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang. Laboratorium Pengujian Mutu Dan Keamanan Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Malang Untuk Analisis Viskositas Tujuan Penelitian Adalah Mengetahui Pengaruh Pemberian Kultur Es Krim Probiotik Selama Penyimpanan Dua Minggu Ditinjau Dari Viskositas, Ph, Bakteri Asam Laktat, Kecepatan Meleleh Serta Mengetahui Perlakuan Es Krim Probiotik Yang Bertahan Pada Penyimpanan Selama Dua Minggu Yang Berkualitas Ditinjau Dari Viskositas, Ph, Bakteri Asam Laktat, Kecepatan Meleleh. Materi Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Es Krim Probiotik Yang Terbuat Dari Set Yoghurt Yang Telah Difermentasi Dengan Ditambahkan Kultur Bakteri, Susu Full Cream, Gula, Bahan Pengemulsi Dan Bahan Penstabil. Penelitian Ini Menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Dengan 4 Perlakuan Dan 3 Ulangan. Perlakuan Yang Dicobakan Dalam Penelitian Ini Adalah Penambahan Kultur Tunggal S.Thermophilus 3 % (P1), Perlakuan Dengan Penambahan Kultur Tunggal L.Bulgaricus 3 % (P2), Perlakuan Dengan Penambahan Kultur Campuran S.Thermophilus Dan L.Bulgaricus 3 % (P3), Perlakuan Dengan Penambahan S.Thermophilus, L.Bulgaricus Dan Bifidobacterium 3 % (P4). Variabel Yang Diamati Meliputi Kecepatan Meleleh, Ph, Total BAL Dan Viskositas. Data Yang Diperoleh Dianalisis Dengan Analisis Ragam, Apabila Terdapat Perbedaan Yang Nyata Dilanjutkan Dengan Uji Jarak Berganda Duncan (UJBD). Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Penggunaan Kultur Tunggal Dan Kultur Campuran Memberikan Pengaruh Yang Sangat Nyata (P<0,01) Terhadap Nilai Ph, Kecepatan Meleleh Bakteri Asam Laktat (BAL), Dan Viskositas. Rata-Rata Presentase Ph Pada Perlakuan P1, P2, P3,Dan P4 Masing-Masing 4.97; 4.95; 4.65;Dan 4.79; Kecepatan Meleleh 10,48; 23,14; 11,23 Dan 13,07 Menit/2g; Total BAL 3.383; 6.924; 3.191 Dan 4.096 Log10cfu/Ml; Viskositas 250; 363,3; 280; Dan 110 Cp. Berdasarkan Hasil Penelitian, Disimpulkan Bahwa Penambahan Berbagai Macam Kultur Dengan Persentase 3 % Pada Proses Pembuatan Es Krim Probiotik Yang Kemudian Disimpan Pada Suhu Frezeer (-2oc) Mampu Menurunkan Kadar Ph Es Krim, Meningkatkan Nilai Viskositas, Menjadikan Es Krim Tidak Cepat Meleleh, Dan Menurunkan Total Bakteri Asam Laktat. Saran Yang Dapat Disampaikan, Berdasarkan Penelitian Yang Telah Dilakukan, Perlu Dilakukan Lama Simpan Lebih Dari Dua Minggu Sehingga Mengetahui Viabilitas Bakteri Asam Laktat, Viskositas, Kecepatan Meleleh Dan Ph.

English Abstract

The purpose of this research was to determine effect of culture addition on ice cream. The variable of this research were viscocity, pH, lactid acid bacteria (LAB) and melting rate. The method was experiment and designed by Completely Randomized Design (CRD). This research consist of four treatments and three replication P1 (S. thermophilus), P2 (L. bulgaricus), P3 (S. thermophilus and L. bulgaricus), P4 (S. thermophilus, L. bulgaricus, and Bifidobacterium). The data was analyzed by using ANOVA and continued by Duncan’s Multiple Rage Test (DMRT). The result showed that viscosity increased up to 363.3cP, total lactid acid bacteria ranged from 3.191 Log10cfu/mL to 6.924 Log10cfu/mL, pH decrease up to 4.6 and melting rate increase up to 23.14 menit/2g. Conclusion of this research shown that longer storage gave a high significantly diferrence effect (P<0.01) on viscosity, melting rate, pH and total lactid acid bacteria.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2015/135/051504290
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Jul 2015 10:17
Last Modified: 20 Oct 2021 09:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137397
[thumbnail of riwayat_hidup.pdf]
Preview
Text
riwayat_hidup.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of isi_skripsi_.pdf]
Preview
Text
isi_skripsi_.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item