Pengaruh Level Pemberian Inokulan Lactobacillus Plantarum Dan Lama Inkubasi Terhadap Kualitas Fisik Dan Kimia Silase Jerami Jagung (Zea Mays)

Pratiwi, RosidaIka (2015) Pengaruh Level Pemberian Inokulan Lactobacillus Plantarum Dan Lama Inkubasi Terhadap Kualitas Fisik Dan Kimia Silase Jerami Jagung (Zea Mays). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilakukan pada tanggal 6 Agustus 2014 sampai dengan 24 September 2014 di Laboratorium Nutrisi dan Makanan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya guna mengevaluasi kandungan nutrisi silase jerami jagung dengan cara analisa proksimat yang meliputi kandungan Bahan Kering (BK), Bahan Organik (BO), Serat Kasar (SK), Protein Kasar (PK), Lemak Kasar (LK), Bahan Ekstrak Tanpa Nitrogen (BETN), dan Total Digestible Nutrient (TDN) Silase juga diuji secara fisik meliputi warna, kekerasan tekstur, bau, dan pH. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jerami tanaman jagung yang diperoleh dari Jombang. Metode yang digunakan adalah faktorial dengan rancangan acak lengkap (RAL) yang menggunakan dua faktor dan apabila terdapat perbedaan akan dilanjutkan dengan Uji Duncan. Faktor pertama adalah level pemberian Lactobacillus plantarum yaitu 0,2%, 0,4%, dan 0,6% dari BK jerami jagung. Faktor kedua adalah lama inkubasi yaitu hari ke-0, ke-7, ke- 14, dan ke-21. Variabel penelitian meliputi kandungan BK, BO, PK, LK, BETN, dan TDN. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa level pemberian Lactobacillus plantarum yang berbeda tidak menunjukkan kualitas fisik silase yang berbeda, namun menunjukkan perbedaan kualitas kimia. Nilai pH menurun pada hari ke-7. SK, LK jerami jagung meningkat sedangkan kandungan PK, BK, BO, BETN menurun. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah pemberian level Lactobacillus plantarum menyebabkan penurunan pH. Lama waktu inkubasi memberikan perubahan fisik silase jerami jagung antara lain dapat menurunkan pH, mengubah tekstur menjadi lebih, lunak, berbau asam wangi, dan warna kecoklatan. Penambahan Lactobacillus plantarum dan lama inkubasi berpengaruh pada konsentrasi kimia silase, antara lain meningkatkan kandungan BK dan SK dan menurunkan pH, PK, LK, BO, BETN, dan TDN. Penambahan Lactobacillus plantarum dan lama inkubasi menurunkan kandungan nilai BO, PK, LK, BETN dan TDN.

English Abstract

This Research Was Carried Out At Jombang On 6th August To 24th September 2014. Feed Analysis Was Carried Out At The Feed And Nutrition Laboratory Faculty Of Animal Husbandry, Brawijaya University, Malang, From 6th August 2014 – 9th September 2014. The Purpose Of This Research Was To Find Of Effect The Additional Lactobacillus Plantarum And Incubation Time In Corn Straw Silage Based On Physical Dan Chemical Quality. The Materials Used For This Research Were Corn Straw And Lactobacillus Plantarum Starter With Concentration 1,85x107 Cfu/Ml. Method Was Used In This Experiment Was Factorial Completely Randomized Design 4x4x3, If There Were Significant Influence Would Tested By Duncan’s Multiple Range Test Method. The Result Showed That The Addition Of Lactobacillus Plantarum Has No Effect On Physical Quality, But Gave A Very Significally Different Effect (P0,01) On Crude Protein, Crude Fiber, And Crude Fat. The Incubation Time Gave A Different Effect On Result Of Both Physical And Chemical Quality Of Corn Straw Silage.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2015/131/051504286
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Jul 2015 14:55
Last Modified: 24 Nov 2021 02:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137393
[thumbnail of SKRIPSI_Rosida_Ika_Pratiwi_(105050100111043).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_Rosida_Ika_Pratiwi_(105050100111043).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item