Khoirurrohman, MohammadFuaduzzaki (2015) Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Pembelian Ayam Goreng Di “Ayam Goreng Roker” Di Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kualitas produk atau pelayanan yang diberikan perusahaan dan kepuasan konsumen berhubungan erat dengan keuntungan yang akan di dapat oleh perusahaan, karena dengan kualitas produk yang memenuhi preferensi konsumen akan mengikat konsumen sehingga perusahaan tersebut tertanam dalam benak konsumen. Kualitas pelayanan memiliki nilai yang besar dalam membawa konsumen menuju ke tingkat kepuasan, sehingga kepuasan tersebut akan memberikan dampak positif bagi rumah makan ayam goreng Roker. Hal ini tentunya menguntungkan bagi pihak rumah makan karena konsumen dapat melakukan getok tular kepada teman, keluarga ataupun kepada orang lain untuk mengkonsumsi produk atau jasa dari perusahaan tersebut. Kepuasan konsumen dapat menciptakan kesetiaan atau loyalitas konsumen kepada perusahaan. Kualitas pelayanan memiliki nilai yang besar dalam membawa konsumen menuju ke tingkat kepuasan, sehingga kepuasan tersebut akan memberikan dampak positif bagi rumah makan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Apa saja faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian ayam goreng di “Ayam Goreng Roker” di Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen dalam pembelian terhadap kualitas pelayanan dan mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian ayam goreng di rumah makan Ayam Goreng Roker Malang. Lokasi penelitian dipilih berdasarkan menu ayam goreng yang ditawarkan di rumah makan ayam goreng roker memiliki ciri khas dalam pengolahannya dalam bentuk ayam goreng krutug dan ayam goreng kecap. Penelitian dilakukan mulai 15 September sampai dengan 15 Oktober 2014 di “Ayam Goreng Roker” Jl. Danau Bratan C2 A11 Sawojajar dan Jl. Simpang Sulfat Utara 38 Kota Malang. Metode yang digunakan adalah studi kasus terhadap rumah makan “Ayam Goreng Roker “, dilakukan sesuai dengan tujuan awal yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dengan pengambilan data menggunakan kuisioner sebagai alat bantu dalam pengambilan data primer yang diambil dari 100 responden. Teknik pengambilan sampel untuk responden yang akan dijadikan sampel menggunakan metode accidental sampling. Data primer di peroleh dari hasil kuisioner yang diisi oleh responden dan data sekunder di peroleh dari catatan dan arsip rumah makan ayam goreng Roker serta dari berbagai literatur. Hasil karakteristik responden yang didapatkan dari 100 responden terbanyak adalah berjenis kelamin perempuan, usia diantara 20-30 tahun yang mayoritas sebagai pelajar. Hasil ekstraksi faktor menghasilkan 6 faktor baru yaitu kelayakan produk, tempat dan pelayanan, keterampilan pelayanan dan akses pembelian, ketepatan administrasi, keterampilan pegawai, kelayakan lokasi dan penampilan pegawai dan kelayakan fasilitas parkir yang dapat mewakili 20 faktor awal. Hasil analisis regresi menyatakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen adalah “kelayakan produk, tempat dan pelayanan”,“keterampilan pelayanan dan akses pembelian”,“ketepatan administrasi”,“keterampilan pegawai”, “kelayakan lokasi dan penampilan pegawai” dan “kelayakan fasilitas parkir”. Kesimpulan dari penelitian adalah konsumen yang puas memberikan penilaian rata-rata baik setelah mengkonsumsi produk dan merekomendasikan kepada orang lain, harga yang cukup murah, kesesuaian harga dengan ukuran kemasan produk dan tidak ada komplain terhadap pelayanan serta berbicara positif kepada orang lain. Kualitas pelayanan antara lain “kelayakan produk, tempat dan pelayanan” dan “ketepatan administrasi” sangat dominan meningkatkan kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen dapat ditingkatkan dengan kualitas pelayanan berupa “keterampilan pelayanan dan akses pembelian”,“keterampilan pegawai”, “kelayakan lokasi dan penampilan pegawai” dan “kelayakan fasilitas parkir” memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen rumah makan Ayam Goreng Roker. Saran yang perlu diberikan yakni diperlukan paket ulang tahun atau acara tertentu, penambahan sarana promosi dan peningkatan keramahan karyawan terhadap konsumen rumah makan ayam goreng roker
English Abstract
Study Was Conducted At “Ayam Goreng Roker” Bratan Lake Street C2 A11 And North Branch Sulfat Street 38 Malang. The Purpose Of This Research Was To Determine Customer Satisfaction On Quality Services And Factors That Influence To Customer Satisfaction On Purchasing Chicken. 100 Respondents Were Selected By Accidental Method. Data Were Collected From 15th September Until 15th October. Primary Data Were Collected From Quesionare Which Fulfilled By Respondent. Secondary Data Was Were Obtained From Ayam Goreng Roker’s Archive And Related Source. Results Found That Consumer Satisfaction Represented By Repeating Buying, Recommended To Others Of Cheaper Price, The Appropriateness Between Packages And Product, And Fried Chicken Positive Images. Consumer Satisfaction Increased As The Availability Of Service Quality Including “Skill Of Service And Purchasing Access”, “Worker’s Skill”, “Feasibility Of Location And Worker’s Appearance”, And Also “Parking Facility”. Whereas “Feasibility Of Product, Location And Service” And “Administration” Were Highly Satisfying Consumer In Purchasing Fried Chicken.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPT/2015/123/051504278 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 02 Jul 2015 14:27 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 09:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137384 |
Preview |
Text
BAB_1-3_edit_new_yg_dipake.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
cover_skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI_SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV-V.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar_Pustaka_yg_digunakan.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |