Majid, Abdul (2015) Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Madu Di Kota Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Potensi sumber daya hutan yang cukup luas di Indonesia membuat Indonesia memiliki keunggulan dibandingkan negara lain. Keunggulan ini menjadi modal dasar yang perlu dikembangkan melalui pembangunan ekonomi sehingga dapat menjadi keunggulan bersaing yang bisa menjadi pendorong bagi pertumbuhan perekonomian nasional secara umum, seiring dengan peningkatan konsumsi madu, berkembanglah cara-cara pemalsuan madu oleh pihak tertentu untuk mendapatkan keuntungan. Madu merupakan produk yang mengandalkan sumber daya alam untuk produksinya. Persaingan dalam pemasaran yang semakin ketat mendorong para produsen untuk memilih strategi pemasaran yang tepat dan efisien dalam memasarkan produk yang dihasilkan. Pengambilan data dilakukan di outlet madu dan apotek di wilayah Kota Surabaya pada 20 September hingga 20 November 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengambilan keputusan pembelian produk madu dan menganalisis faktor-faktor bauran pemasaran yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian madu di Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode survey menggunakan kuisioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, merupakan penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan responden jika dipandang cocok. Jumlah responden atau konsumen produk madu yaitu 100 resonden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dari analisa faktor dan regresi berganda. Hasil analisis faktor dari data yang didapatkan menggunakan ekstraksi faktor menghasilkan 4 faktor baru yang dapat mewakili 16 variabel awal yaitu “kemasan, lokasi dan harga produk” (F1), “daya saing harga, akses lokasi dan kualitas produk” (F2), “promosi, merek dan kejelasan harga” (F3) serta “kenyamanan tempat dan promosi personal selling” (F4). Data hasil analisis regresi linier berganda menghasilkan persamaan regresi Y = 3,636 + 0,211 F1 + 0,225 F2 + 0,183 F3 + 0,149 F4. Berdasarkan uji F yang telah dilakukan diketahui bahwa F hitung > F tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel bauran pemasaran yang terdiri dari faktor “kemasan, lokasi dan harga produk” (F1), “daya saing harga, akses lokasi dan kualitas produk” (F2), “promosi, merek dan kejelasan harga” (F3) serta “kenyamanan tempat dan promosi personal selling” (F4) secara bersama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya dilakukan uji t untuk mengetahui pengaruh masing – masing variabel bebas terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t menunjukkan bahwa faktor “kenyamanan tempat dan promosi personal selling” (F4) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian madu di Kota Surabaya dan factor “kemasan, lokasi dan harga produk” (F1), “daya saing harga, akses lokasi dan kualitas produk” (F2), “promosi, merek dan kejelasan harga” (F3) berpengaruh sangat signifikan terhadap keputusan pembelian madu di Kota Surabaya. Kesimpulan dari penelitian adalah keputusan pembelian madu di Kota Surabaya ditunjukkan dengan adanya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap produk madu tersebut untuk membudayakan hidup sehat dan sebagai penunjang stamina konsumen salah satunya dengan mengkonsumsi madu. Hal ini terlihat dengan intensitas jumlah pembelian madu ≤ 2 botol yang berukuran 625 mL dengan jenis madu mangga dalam frekuensi pembelian satu kali tiap bulan. Faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli madu di Kota Surabaya yaitu faktor “kenyamanan tempat dan promosi personal selling”dan yang paling mempengaruhi adalah faktor “kemasan, lokasi dan harga produk”, “daya saing harga, akses lokasi dan kualitas produk”, “promosi, merek dan kejelasan harga”.
English Abstract
Research Was Conducted In Honey Outlets In Surabaya. This Study Was Aimed To Evalute Consumer Purchasing Decision And Investigate Marketing Mix Factors That Influenced On The Buying Decision Honey Products In Surabaya. 100 Consumer Were Collected By Using Accidental Sampling Technique From 20th September To 20th November 2014. Primary Data Were Collected From Structured Quitioner And Survey Method. Secondary Data Were Obtained From The Store And Some Articles Related. Data Were Analyzed Used Descriptive, Factor Analizys And Multiple Regression. How To Collect Data Survey And Interview. Results Showed That Consumer Purchasing Decisions Towards Honey Products In Surabaya Was Dominated By Consumer Who Purchased Mounthly Less Than Two Bottles (625 Ml) Of Mango Honey. Consumer Purchasing Decisions Increased As The Presenting Of “The Comfort Place And Personal Selling Promotion” With The Higher Influence Come From “Packing, Location And Price”, “Price Competitiveness, Location Access And Quality Of Product”, As Well As “Promotion, Brand And Clarity Of Price”
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPT/2015/121/051503995 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 07 Jul 2015 13:00 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 09:09 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137382 |
Preview |
Text
bab_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_VI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_VII.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
lembar_pengesahan_A5.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
riwayat_hidup.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Bab_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_II.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_III.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |