Pengaruh Lama Simpan Es Krim Yoghurt Sinbiotik Dengan Penambahan Pati Ubi Cilembu Terhadap Viskositas, Eksopolisakarida Dan Total Padatan

Puspitasari, Desi (2015) Pengaruh Lama Simpan Es Krim Yoghurt Sinbiotik Dengan Penambahan Pati Ubi Cilembu Terhadap Viskositas, Eksopolisakarida Dan Total Padatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian Dilaksanakan Mulai Bulan Desember 2014 Sampai Dengan Februari 2015. Lokasi Penelitian Di Laboratorium Keju Bagian Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang Untuk Pembuatan Es Krim Yoghurt Sinbiotik, Laboratorium Pengujian Mutu Dan Keamanan Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Malang Untuk Analisis Viskositas Dan Total Padatan Dan Laboratorium Genetika, Fakultas MIPA Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang Untuk Uji Eksopolisakarida. Tujuan Penelitian Adalah Untuk Mengetahui Pengaruh Perbedaan Lama Waktu Penyimpanan Es Krim Yoghurt Sinbiotik Dengan Penambahan Pati Ubi Cilembu Terhadap Viskositas, Eksopolisakarida, Dan Total Padatan. Selain Itu Juga Untuk Mengetahui Lama Simpan Es Krim Yoghurt Sinbiotik Yang Karakteristiknya Masih Sesuai Dengan Standar. Materi Penelitian Adalah Es Krim Yoghurt Sinbiotik Yang Terbuat Dari Bahan-Bahan Seperti Yoghurt Yang Telah Difermentasi Dengan Ditambahkan Pati Ubi Cilembu, Susu Full Cream, Gula, Bahan Pengemulsi Dan Bahan Penstabil, Yang Kemudian Disimpan Dalam Freezer. Metode Yang Digunakan Dalam Penelitian Adalah Percobaan Dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Dengan 4 Perlakuan Dan 4 Ulangan. Perlakuan Yang Dicobakan Dalam Penelitian Adalah Perlakuan Tanpa Penyimpanan (T0), Perlakuan Dengan Lama Penyimpanan 2 Minggu (T1), Perlakuan Dengan Lama Penyimpanan 4 Minggu (T2), Perlakuan Dengan Lama Penyimpanan 6 Minggu (T3). Variabel Yang Diamati Meliputi Viskositas, Eksopolisakarida, Dan Total Padatan. Data Yang Diperoleh Dari Ketiga Pengujian Tersebut Diolah Dengan Bantuan Program Microsoft Excel, Setelah Data Rata-Rata Diperoleh, Dilanjutkan Dengan Analisis Statistik Menggunakan ANOVA. Hasil Yang Berbeda Atau Signifikan Akan Dilanjutkan Menggunakan Uji Jarak Berganda Duncan (UJBD). Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Lama Penyimpanan Meningkatkan Viskositas Sampai Dengan 1135,250 P. Peningkatan Viskositas Juga Mempengaruhi Total Padatan, Sehingga Selama Penyimpanan Total Padatan Juga Meningkat Sampai Dengan 45,685 %. Nilai Eksopolisakarida Selama Penyimpanan Meningkat Sampai 0,277 G/L Pada Minggu Ke 6 Penyimpanan. Kesimpulan Hasil Penelitian Adalah Lama Penyimpanan Memberikan Perbedaan Pengaruh Yang Sangat Nyata (P≤0,01) Terhadap Viskositas Dan Total Padatan, Namun Memberikan Perbedaan Pengaruh Yang Tidak Nyata (P≥0,05) Terhadap Eksopolisakarida. Penyimpanan Selama 4 Minggu Menghasilkan Es Krim Yoghurt Sinbiotik Yang Masih Sesuai Dengan Standar Dengan Nilai Viskositas 85,705 P, Eksopolisakarida 0,227 G/L, And Total Padatan 38,466%. Berdasarkan Hal Tersebut Disarankan Untuk Melakukan Penelitian Tentang Lama Penyimpanan Es Krim Yoghurt Sinbiotik Ditinjau Dari Mikroorganisme Yang Terdapat Di Dalam Es Krim, Untuk Mengetahui Kelayakan Es Krim Tersebut Untuk Dikonsumsi Oleh Konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2015/106/051503632
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Jul 2015 13:08
Last Modified: 20 Oct 2021 08:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137365
[thumbnail of riwayat_hidup-kata_prngantar-daftar_isi.pdf]
Preview
Text
riwayat_hidup-kata_prngantar-daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I-V.pdf]
Preview
Text
BAB_I-V.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item