Hubungan Bulan Laktasi Dan Kebersihan Lantai Kandang Dengan Kejadian Mastitis Sub Klinis Berdasarkan California Mastitis Test

Pujiana, DianSepti (2014) Hubungan Bulan Laktasi Dan Kebersihan Lantai Kandang Dengan Kejadian Mastitis Sub Klinis Berdasarkan California Mastitis Test. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilaksanakan di Dusun Princi, Desa Gading Kulon, Dau tanggal 2 Desember 2013 sampai 2 Januari 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan bulan laktasi dan kebersihan lantai kandang dengan kejadian mastitis sub klinis berdasarkan uji California Mastitis Test. Materi penelitian yang digunakan adalah sapi perah laktasi sebanyak 65 ekor dan lantai kandang. Sapi perah laktasi diambil sampel susunya dan di uji dengan CMT pada masing-masing kuartir pada berbagai bulan laktasi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengambilan sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling, dimana semua sapi perah laktasi milik anggota peternakan sapi perah yang ada di Dusun Princi, Desa Gading Kulon digunakan sebagai sampel. Pertimbangan pengambilan sampel dengan metode tersebut karena jumlah anggota peternakan sedikit dan untuk mengurangi taraf kesalahan. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda untuk mengetahui hubungan antara bulan laktasi dan kebersihan lantai kandang dengan kejadian mastitis sub klinis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi (r) pada bulan laktasi dengan kejadian mastitis sub klinis sebesar -0,042 dan kebersihan lantai kandang sebelum pemerahan dengan kejadian mastitis sub klinis sebesar 0,511. Bulan Laktasi dan kebersihan lantai kandang secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kejadian mastitis sub klinis sebesar 26,2%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bulan laktasi memiliki hubungan yang negatif dengan kejadian mastitis sub klinis, dimana semakin lanjut bulan laktasi semakin kecil kejadian mastitis. Kebersihan lantai kandang memiliki hubungan yang positif dengan kejadian mastitis sub klinis, dimana semakin kotor lantai kandang, semakin besar kejadian mastitis. Saran dalam penelitian ini adalah meningkatkan kebersihan lantai kandang, mengingat bahwa kontak yang paling sering terjadi adalah antara puting dengan lantai kandang.

English Abstract

The purpose of this research was to know relationship between months of lactation and cleanliness of cowshed floor with the incidence of sub clinical mastitis. The material used in this research were 65 heads of lactating Fries Holland dairy cows. The method used was a case study. The sample in this research by total of sampling. Data were analyzed using multiple linear regression to determine the relationship between months of lactation and cleanliness of cowshed floor with the incidence of sub clinical mastitis. The results showed that the correlation (r) between months of lactation and incidence of sub clinical mastitis was -0.042 and cleanliness of cowshed floor before the milking and incidence of sub clinical mastitis was 0.511. The coefficient of determination (R2) between months of lactation and cleanliness of cowshed floor with incidence of sub clinical mastitis was 26.2 %. The conclusion of this research was the months of lactation had a negative correlation with the incidence of sub-clinical mastitis, which is getting smaller the further months of lactation mastitis incidence. Cleanliness of cowshed floor has a positive correlation with the incidence of sub-clinical mastitis, where the dirty floor of the cowshed, the greater the incidence of mastitis. Suggestions in this research was to improve the cleanliness of the floor of the cowshed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2014/83/051403172
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Jun 2014 07:43
Last Modified: 20 Oct 2021 08:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137344
[thumbnail of DIAN_SEPTI_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
DIAN_SEPTI_SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item