Pengaruh Pemberian Pakan Yang Difermentasi Dengan Bakteri Azotobachter Terhadap Bobot Karkas, dan Persentase Karkas Pada Kelinci

Nurlitasari, DelsiDwi (2014) Pengaruh Pemberian Pakan Yang Difermentasi Dengan Bakteri Azotobachter Terhadap Bobot Karkas, dan Persentase Karkas Pada Kelinci. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilakukan pada tanggal 1 April sampai 31 Mei 2013 di rumah Bapak Sutarto Slamet yang berada di Jl. Panjaitan no 114 Kota Bondowoso Kabupaten Bondowoso. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan dan menganalisa bobot karkas, dan persentase karkas kelinci yang diberi perlakuan pakan tanpa fermentasi dan pakan yang di fermentasi bakteri azotobachter. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 36 ekor kelinci yang berumur 2 bulan dan dipelihara selama 71 hari. Metode yang digunakan adalah percobaan lapangan dengan 2 perlakuan yaitu pakan tanpa fermentasi (P0) dan pakan dengan fermentasi (P1) dengan masing-masing perlakuan dilakukan 18 ulangan. Untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan fermentasi terhadap bobot karkas dan persentase karkas pada kelinci dengan menggunakan analisis uji t tidak berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pakan fermentasi memberikan pengaruh yang berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap berat karkas, dan persentase karkas pada kelinci. Rataan berat karkas pada kelinci dengan perlakuan tanpa fermentasi (P0) sebesar 478,59±71,35 sedangkan dengan perlakuan pakan fermentasi (P1) sebesar 533,06±70,55. Persentase karkas pada kelinci dengan perlakuan tanpa fermentasi (P0) sebesar 44,19±0,93 sedangkan dengan perlakuan pakan fermentasi (P1) sebesar 44,89±0,99. Disimpulkan bahwa berat karkas dan persentase karkas kelinci yang diberi perlakuan pakan fermentasi bakteri azotobachter lebih tinggi dibandingkan dengan kelinci yang diberi perlakuan pakan tanpa fermentasi. Hasil rataan berat karkas dan persentase karkas kelinci yang diberi pakan fermentasi masing-masing sebesar 533,06±70.55 gr dan 44,89±0,99 %. Disarankan untuk dilakukan penelitian untuk mengetahui komposisi bakteri azotobachter yang ideal dalam pembuatan pakan fermentasi.

English Abstract

This study was aimed to examine effect of fermentation feed with bacteria azotobacter bacteria to body weight gain, feed conversion, feed intake, carcass weight and carcass percentage in rabbits. This research was carried out at Mr Slamet Sutarto in Jl . Panjaitan no 114 City Bondowoso regency. The experimental with 2 treatment as feeds without fermentation (P0) and feed by fermentation (P1). The data was analyzed by unpaired t test analysis. The research result show that different fermentation feed has highly significantly has significantly (P<0,05) against carcass weight carcass percentage in rabbits. The average carcass weight and carcass percentage in rabbit on feed fermentation respectively 533,06±70,55 gram and 44,89±0,99%. Recommended research to determine the ideal composition azotobachter bacteria in fermented feed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2014/5/051400286
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 24 Jan 2014 09:13
Last Modified: 20 Oct 2021 07:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137313
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of pengesahan.pdf]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Riwayat_Hidup.pdf]
Preview
Text
Riwayat_Hidup.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of sampul.pdf]
Preview
Text
sampul.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstract_dan_ringkasan.pdf]
Preview
Text
Abstract_dan_ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item