Shoimah, Hidayatus (2014) Pemasaran Daging Sapi Segar Di Kota Malang (Studi Di Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (Rph) Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian dilaksanakan pada tanggal 23 juni 2014 sampai 23 juli 2014 di PD. RPH GadangJl. Kol. Sugiono No. 176 Sukun Kota Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 10 jagal yang ada di PD. RPH Gadang, 10 pedangang besar, 10 pedagang menengah dan 10 pedagang kecil yang ada di pasar Dinoyo dan pasar. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui jalur pemasaran dan margin pemasaran, share harga yang diterima produsen, share keuntungan, share Biaya dan ratio daging sapi segar. Metode penelitian yang digunakan adalah study kasus dan survey dengan kuisioner tersusun untuk konsumen akhir, produsen dan lembaga- lembaga pemasaran daging sapi segar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran daging sapi segarterdiri dari 3tiga saluran, yaitu 1) jagal – pedagang besar – pedagang menengah – pedagang kecil/pengecer – konsumen akhir, 2) jagal – pedagang besar – pedagang kecil/pengecer– konsumen, 3) jagal – pedagang besar – konsumen. Besarnya margin pemasaran berbeda-beda pada tiap saluran pemasaran, margin pemasaran pada saluran I sebesar Rp. 20.900/kg, margin saluran pemasaran II sebesar Rp 13.300/kg, dan saluran pemasaran III sebesar Rp 6800/kg.. Share harga pada saluran I sebesar 93,04 %, share harga pada saluran II sebesar 93,76 % dan share harga saluran III yaitu sebesar 93,20%. Jalur ke III merupakan jalur paling efisien dalam pemasaran daging sapi segar di PD. RPH Gadang Kota Malang karena nilai margin pemasaran paling rendah yaitu Rp. 6800,- per kg, share jagal 93,04 share keuntungan 84,98 dan nilai ratio yang tertinggi diantara jalur yang lain yaitu 5,66. Saran dari penelitian adalah sebaiknya jagal sebaiknya mengetahui informasi mengenai harga daging sapi segar yang berlaku dipasar sehingga harga yang diterima Jagal stabil sampai dengan harga yang diterima konsumen akhir.
English Abstract
The Research Was Conducted At Public Slaughterhouse Gadang, Malang Regency, East Java Province On 23rd June 2014 Until 23rd July. The Objective Of This Research Was To Investigate Marketing Institutions, Marketing Channel And Analysis On Efficiency Of Marketing Channel. The Methode Research Used Study Case And Survey, The Method Used For This Research Were Determine By Purposive Sampling And Public Slaughterhouse Gadang Was The Largest One Which Is Dominant At South Malang Regency. Respondents Include 1 Slaughterhouse, 10 Big Salllers, 10 Medium Salllers And 10 Small Salllers. Data Were Analysis Using Farmer’s Share, Share Marketing Cost, Total Cost Ratio And Profit Share Of Each Of The Marketing Channels. Result Were Three Marketing Channels Showed That There Were Three I: Producers (Slaughterhouse) – Big Salllers – Medium Salllers – Small Salllers – Consumer, II: Producers (Slaughterhouse) - Big Salllers – Medium Salllers – Consumer, III: Producers (Slaughterhouse) – Big Salllers – Consumer. The Most Efficient Marketing Channel Was Pattern III Based On The Followed Criteria : Marketing Marginrp. 6.800, Profit Share 84,98 %, Ratio Profit And Cost Share 5,66.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPT/2014/285/051500069 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 09 Jan 2015 07:21 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 05:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137269 |
Preview |
Text
Skripsi_Imaaaaaaaaa.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |