Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Madu Di Kota Blitar

Budiman, JanuarArif (2014) Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Madu Di Kota Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi aneka ragam jenis lebah penghasil madu dan jenis tanaman berbunga sebagai sumber pakan lebah yang cukup besar untuk memproduksi madu, hal itu dapat dikelola secara prefesional dengan konsumsi madu oleh masyarakat yang terus meningkat, maka industri perlebahan akan semakain maju. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana preferensi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian produk madu di Kota Blitar. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis preferensi konsumen madu di Kota Blitar serta untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian produk madu di Kota Blitar. Kegunaan dari penelitian adalah bagi produsen penelitian ini dapat digunakan untuk memberikan info atau wawasan yang berkaitan dengan perilaku konsumen yag dapat dijadikan untuk penyusunan strategi pemasaran sebagai upaya untuk meningkatkan omset dalam penjualan produk madu, bagi konsumen penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi tentang apa saja yang perlu diperhatikan dalam membeli dan mengkonsumsi produk lebah madu. Pengambilan data dilakukan di outlet madu “Al-Kautsar” Jl.Cimanuk RT 01/RW 01 No.31 dan apotek di Kota Blitar pada 6 Mei hingga 6 Juni 2014. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode survey menggunakan kuisioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, merupakan penentuan sampel berdasarkan kebetulan yang sebanyak 75 responden, yaitu siapa yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan responden jika dipandang cocok. Analisis data yang digunakan adalah nalisis deskriptif dari analisa faktor dan regresi berganda. Hasil Karakteristik responden yang menggunakan metode survey dari 75 responden konsumen madu terbanyak yang membeli madu adalah 31-40 tahun, berjenis kelamin laki-laki yangbekerja mayoritas sebagai PNS dengan pengeluaran rata-rata per bulannya 1-1.5 juta per bulannya. Hasil ekstraksi faktor menghasilkan 7 faktor baru yang dapat mewakili 25 variabel awal yaitu “Promosi”, “Produk”, “Motivasi”, “Pembelajaran”, “Sosial”, “Harga”, dan “Kebudayaan”. Data hasil analisis faktor kemudian dianalisis lebih lanjut menggunakan regresi linier berganda yang dibedakan menjadi 2 regresi yaitu yang pertama tanpa adanya variabel preferensi, regresi yang kedua dengan menggunakan variabel preferensi. Berdasarkan uji F yang telah dilakukan diketahui bahwa F hitung > F tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel faktor promosi, produk, motivasi, faktor sosial, faktor pembelajaran, harga, faktor kebudayaan, usia, jenis kelamin, pendidikan, Pekerjaan, pengeluaran, dan preferensi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji T yang pertama atau uji signifikansi parsial digunakan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Promosi, Produk, Motivasi, Faktor Sosial, Faktor Pembelajaran, Harga, faktor kebudayaan, usia, jenis kelamin, pendidikan, Pekerjaan, dan pengeluaran terhadap keputusan pembelian menunjukkan bahwa promosi, produk, motivasi berpengaruh sangat signifikan dan faktor sosial, harga, kebudayaan, umur dan pekerjaan4 berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji T yang kedua dengan adanya variabel preferensi didalamnya menunjukkan bahwa promosi dan motivasi berpengaruh sangat signifikan terhadap keputusan pembelian madu di Kota Blitar sedangkan produk, faktor sosial, harga, kebudayaan, pekerjaan4 berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian madu di Kota Blitar Kesimpulandari penelitian adalah Hasil dari penelitian ini adalah faktor preferensi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini berarti semakin kuat preferensi seseorang untuk membeli madu maka cenderung dapat meningkatkan keputusan pembelian madu di kota tersebut. Kesimpulan yang kedua Hasil dari Analisis Regresi linier faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian madu di Kota Blitar adalah Promosi, Produk, motivasi, faktor sosial, harga, kebudayaan dan pekerjaan 4 (wiraswasta dengan ibu rumah tangga)

English Abstract

The purpose of this research is analyze consumer preferences in decision making product purchase honey at Blitar City and to know factor affect purchasing decision. Research was carried out at pharmacy and honey outlet “Al-Kautsar” in Blitar City. Data were collected from 6th May until 6th June 2014 on pharmacy and honey outlet. The research applied a survey and interview. Factor and regression analysis were executed to analyze the data. The results showed that the "Promotion, clarity price, and access location", "The sales and Motivation :," Social and level of life "," Psychology and personality "," Conformity price and price competitiveness ", culture and lifestyle", and preferences significantly influence the purchasing decisions of honey in Blitar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2014/282/051408315
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Dec 2014 12:23
Last Modified: 20 Oct 2021 05:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137266
[thumbnail of Skripsi_pdf.pdf]
Preview
Text
Skripsi_pdf.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item