Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Kfc (Studi Kasus Di Kfc Darmo, Surabaya)

Mashuri, Arif (2014) Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Kfc (Studi Kasus Di Kfc Darmo, Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Surabaya merupakan kota besar yang terdapat banyak perusahaan waralaba mulai dari McD, Texas Chicken, A&W, CFC, dan KFC. Semakin menjamurnya busnis waralaba, memungkinkan semakin ketat pula persaingan yang terjadi. Persaingan yang terjadi antara perusahaan satu dengan yang lain tidak hanya muncul dari sisi produk saja akan tetapi merek juga memiliki daya saing yang cukup kuat. Maka perusahaan perlu melakukan pergerakan yaitu dengan membangun Brand Image (citra merk) yang kuat. Tanpa brand image (citra merek) yang kuat dan positif, sangatlah sulit bagi perusahaan untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan yang sudah ada. Brand image memiliki tiga indikator pendukung yaitu citra pembuat (corporate image), citra pemakai (user image), dan citra produk (product image). Corporate Image merupakan sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan konsumen terhadap perusahaan yang membuat suatu produk atau jasa dimana indikatornya meliputi nama besar perusahaan, layanan perusahaan dan jaringan perusahaan. User Image merupakan sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan konsumen terhadap pemakai yang menggunakan suatu barang atau jasa. Indikator yang terakhir yaitu Product Image yaitu sekumpulan asosiasi yang dipersepsikan konsumen terhadap suatu produk. Penelitian ini dilaksanakan di KFC cabang Darmo Surabaya pada bulan Januari 2014. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah variabel brand image yang meliputi corporate image, user image dan product image terhadap keputusan pembelian produk di KFC.Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan metode pengambilan sampel secara purposive sampling, yaitu konsumen yang melakukan pembelian produk KFC Darmo Surabaya. Jumlah sampel yang diperoleh adalah 100 responden. Data primer didapatkan dengan cara memberikan daftar pertanyaan (kuesioner), sedangkan data sekunder diperoleh dari laporan ilmiah, catatan atau dokumen dari instansi terkait maupun literatur atau referensi yang relevan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui responden yang membeli produk KFC sebagian besar adalah wanita sebesar 54% dan sisanya sebesar 46% berjenis kelamin laki-laki. Umu responden berusia 15–25 tahun terdapat 69 orang atau 69%, dan konsumen yang berusia 26 -35 tahun terdapat 20 orang atau 20%. Responden yang berusia 36 – 45 tahun sebanyak 6 orang atau 6%; berusia 46 – 55 tahun sebanyak 3 orang atau 3 % dan terakhir responden yang merupakan konsumen dengan usia diatas 56 tahun sebanyak 2 orang atau 2 %. Pendidikan responden sebanyak 47% berpendidikan sarjana dengan pekerjaan mayoritas mahasiswa dan pendapatan kurang dari Rp. 1.000.000. Responden melakukan pembelian mayoritas dalam sebulan sebanyak satu kali serta membeli produk KFC karena rasa yang enak. Hasil analisis faktor diketahui bahwa brand image yang mempengaruhi keputusan pembelian produk KFC adalah “variasi produk dengan rasa yang enak” tersusun atas empat variabel yaitu: produk lebih disukai konsumen (X1.3), memiliki rasa yang khas (X3.1), promosi ke berbagai macam media (X3.3), dan memiliki variasi produk (X3.4). Faktor kedua yaitu“pelayanan dengan potongan harga” terdiri atas empat variabel yaitu: merek sudah terkenal (X1.1), pelayan terbaik (X1.2), potongan harga (X3.5), dan pelayanan teknologi (X3.6). Faktor ketiga adalah “tingkat karakteristik konsumen” dimana komponen utama ketiga terdiri dari empat variabel yaitu pelayanan sesuai dengan perkembangan jaman (X2.1), konsumen yang bervariatif (X2.2); konsumen dengan berbagai latar belakang pendidikan (X2.4) dan konsumen dengan berbagai macam pekerjaan (X2.5). Faktor keempat adalah “faktor umur terhadap merek” yang terdiri dari dua variabel, yaitu memiliki nama merek yang terkenal (X1.5) dan konsumen dengan berbagai umur (X2.3) dan faktor terakhir adalah “jaringan luas dengan harga terjangkau”yang terdiri dua variabel, yaitu memiliki jaringan dan cabang yang tersebar luas (X1.4) dan harga terjangkau (X3.2). Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat dan positif antara variabelbebas secara bersama-sama terhadap variabel terikat berupa keputusan pembelian (Y) dengan nilai korelasi sebesar 0,824. Nilai R square sebesar 0,680. Sedangkan untuk nilai Adjusted R Square sebesar 0,584 menunjukkan bahwa keseluruhan variabel bebas dalam penelitian ini secara bersama-sama menjelaskan variabel terikat berupa keputusan pembelian (Y) sebesar 58,4% sedangkan sisanya (100% - 58,4% = 41,6%) dijelaskan oleh sebab lain yang tidak diteliti. Keputusan pembelian konsumen di KFC Darmo Surabaya ditunjukkan dengan adanya kepuasan konsumen dalam melakukan pembelian yang berpegaruh terhadap keputusankonsumen dalam memilih merek KFC dibandingkan merek lain. Keputusan pembelian konsumen di KFC Darmo Surabaya dipengaruhi oleh “tingkat karakteristik konsumen”; pekerjaan; “variasi produk dengan rasa yang enak”; “pelayanan dengan potongan harga”; “faktor umur terhadap merek”; “jaringan luas dengan harga terjangkau”; umur; pendidikan secara simultan terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian sebesar 58,4% sedangkan 41,6% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.

English Abstract

Research was conducted at the KFC branch Darmo Surabaya in January 2014. The study was aimed to determine whether the measure brand image variables include corporate image, user image and product image influence to purchasing decisions of KFC’s products. This research used was a survey method with purposive sampling method. Number of samples was 100 respondents. The primary data obtained using questionnaire, while the secondary data were obtained from scientific reports, records or documents from the relevant sources. The data were analysed by factor analysis and multiple regression analysis. Results found that consumer purchasing decisions at KFC Darmo Surabaya was indicated by the satisfaction of consumers in purchasing decisions in choosing KFC than other brand. Consumer purchasing decisions at KFC Darmo Surabaya was positively influenced by "the level of consumer characteristics", consumers job, "Variety of products with good taste"; "Discounted service"; "Age factor to the brand"; "Vast network at affordable prices", and age.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2014/248/051407004
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Oct 2014 09:11
Last Modified: 20 Oct 2021 04:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137230
[thumbnail of PENGARUH_BRAND_IMAGE_TERHADAP_KEPUTUSAN_KONSUMEN_DALAM_PEMBELIAN_PRODUK_KFC.pdf]
Preview
Text
PENGARUH_BRAND_IMAGE_TERHADAP_KEPUTUSAN_KONSUMEN_DALAM_PEMBELIAN_PRODUK_KFC.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item