Pusparini, Agus (2014) Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Telur Ayam Kampung Di Malang (Studi Kasus Wilayah Perdesaan Dan Perkotaan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Telur ayam adalah salah satu bahan pangan asal ternak yang bernilai gizi tinggi karena mengandung zat-zat nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia seperti lemak, protein, mineral dan memiliki daya cerna yang tinggi. Telur dibagi menjadi tiga bagian yaitu putih telur, kuning telur dan kerabang telur. Putih telur merupakan bagian yang bersifat cair kental dan tidak berwarna pada telur segar, yang juga merupakan sistem protein yang tersusun atas serat-serat ovomucin didalam sejumlah larutan protein globular. Kuning telur merupakan bagian telur yang berfungsi untuk perkembangan embrio karena mengandung zat nutrisi tinggi. Telur dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat sebagai bahan pangan karena kandungan gizinya yang tinggi. . Tujuan pada penelitian adalah untuk mengetahui keputusan pembelian dan perilaku konsumen dalam melakukan pembelian telur ayam kampung di wilayah pedesaan dan perkotaan. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk memberikan masukan dan informasi bagi peternak sehingga dapat mengetahui perilaku konsumen dalam pembelian telur ayam kampung. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2013 di dua lokasi yaitu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dan Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan penentuan sampel secara purposive sampling. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode acidental sampling. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dengan cara memberikan daftar pertanyaan (kuisioner) yang telah disiapkan kepada responden dan data sekunder diperoleh dari laporan ilmiah, catatan atau dokumen dari instansi terkait maupun literatur atau referensi yang relevan dengan penelitian. Analisis yang digunaan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, faktor dan analisis regresi dummy. Beradasarkan analisis faktor maka terbentuk tiga faktor yang menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian telur ayam kampung yaitu faktor yang pertama adalah faktor gizi telur ayam. Kandungan gizi dari suatu produk merupakan suatu keunggulan yang ditawarkan produsen kepada konsumen. Faktor kedua adalah faktor adalah harga telur sesuai dengan produk. Harga yang sesuai dengan kualitas produk yang dihasilkan mempengaruhi konsumen dalam membeli suatu produk. Faktor terakhir atau ketiga adalah bermanfaat bagi kesehatan. Kesehatan pada saat ini sangat penting bagi masyarakat, sehingga masyarakat mulai beralih kepada produk alami seperti telur ayam kampung. Hasil analsisi regresi dummy menunjukkan bahwa variabel bebas yakni jenis kelamin, status perkawinan, usia, pekerjaan, pendidikan, pendapatan, gizi telur, harga sesuai dengan produk, bermanfaat bagi kesehatan dan dummy (tempat tinggal responden), berpengaruh positif terhadap variabel terikat yakni keputusan pembelian telur ayam kampung. Nilai r square sebesar 0,527, nilai ini menunjukkan bahwa sebesar 52,7% keputusan pembelian telur ayam kampung dapat dijelaskan oleh jenis kelamin, status perkawinan, usia, pekerjaan, pendidikan, pendapatan, gizi telur, harga sesuai dengan produk, bermanfaat bagi kesehatan dan dummy (tempat tinggal responden), sementara sisanya sebesar 47,3% dijelaskan oleh faktor yang tidak diamati dalam penelitian ini. Kesimpulan penelitian ini adalah keputusan pembelian telur ayam kampung di Kota Malang dipengaruhi oleh jenis kelamin, status perkawinan, usia, pekerjaan, pendidikan, pendapatan responden dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian telur ayam kampung di Malang adalah gizi telur, harga sesuai dengan produk, bermanfaat bagi kesehatan dan tempat tinggal responden. Disarankan peternak memperbaiki atau meningkatkan kualitas dari atribut produk yang berpengaruh terhadap pembelian telur ayam kampung
English Abstract
This stud was aimed to analysed of consumers in the purchase of indigenous eggs in rural areas and urban areas at Malang. Study carried out at Lowokwaru and Sumberpucung in June 2013. Study was aimed the behavior 100 respondent was selected by purposive sampling method. Survey method with structured quisionare was used for interviewrespondent to obtain primary data, where as secondary data were ganerrety from institutions and related source. Descriptive, factor and dummy regression analysis were used to analyse the data. Results showed that consumes behavior in the purchase of indigenous eggs were positfively influenced by egg nutrition, product of price, beneficial to health and dummy (residence of respondents).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPT/2014/237/051406775 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 09 Oct 2014 14:57 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 04:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137218 |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Halaman_Pengesahan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Lampiran_1.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Lampiran_2.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Lampiran_3.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Lampiran_4.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RINGKASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RIWAYAT_HIDUP.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
SAMPUL.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRACT.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |