Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Telur Ayam Kampung Di Malang (Studi Kasus Wilayah Perdesaan Dan Perkotaan)

Pusparini, Agus (2014) Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Telur Ayam Kampung Di Malang (Studi Kasus Wilayah Perdesaan Dan Perkotaan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Telur ayam adalah salah satu bahan pangan asal ternak yang bernilai gizi tinggi karena mengandung zat-zat nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia seperti lemak, protein, mineral dan memiliki daya cerna yang tinggi. Telur dibagi menjadi tiga bagian yaitu putih telur, kuning telur dan kerabang telur. Putih telur merupakan bagian yang bersifat cair kental dan tidak berwarna pada telur segar, yang juga merupakan sistem protein yang tersusun atas serat-serat ovomucin didalam sejumlah larutan protein globular. Kuning telur merupakan bagian telur yang berfungsi untuk perkembangan embrio karena mengandung zat nutrisi tinggi. Telur dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat sebagai bahan pangan karena kandungan gizinya yang tinggi. . Tujuan pada penelitian adalah untuk mengetahui keputusan pembelian dan perilaku konsumen dalam melakukan pembelian telur ayam kampung di wilayah pedesaan dan perkotaan. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk memberikan masukan dan informasi bagi peternak sehingga dapat mengetahui perilaku konsumen dalam pembelian telur ayam kampung. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2013 di dua lokasi yaitu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dan Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan penentuan sampel secara purposive sampling. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode acidental sampling. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dengan cara memberikan daftar pertanyaan (kuisioner) yang telah disiapkan kepada responden dan data sekunder diperoleh dari laporan ilmiah, catatan atau dokumen dari instansi terkait maupun literatur atau referensi yang relevan dengan penelitian. Analisis yang digunaan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, faktor dan analisis regresi dummy. Beradasarkan analisis faktor maka terbentuk tiga faktor yang menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian telur ayam kampung yaitu faktor yang pertama adalah faktor gizi telur ayam. Kandungan gizi dari suatu produk merupakan suatu keunggulan yang ditawarkan produsen kepada konsumen. Faktor kedua adalah faktor adalah harga telur sesuai dengan produk. Harga yang sesuai dengan kualitas produk yang dihasilkan mempengaruhi konsumen dalam membeli suatu produk. Faktor terakhir atau ketiga adalah bermanfaat bagi kesehatan. Kesehatan pada saat ini sangat penting bagi masyarakat, sehingga masyarakat mulai beralih kepada produk alami seperti telur ayam kampung. Hasil analsisi regresi dummy menunjukkan bahwa variabel bebas yakni jenis kelamin, status perkawinan, usia, pekerjaan, pendidikan, pendapatan, gizi telur, harga sesuai dengan produk, bermanfaat bagi kesehatan dan dummy (tempat tinggal responden), berpengaruh positif terhadap variabel terikat yakni keputusan pembelian telur ayam kampung. Nilai r square sebesar 0,527, nilai ini menunjukkan bahwa sebesar 52,7% keputusan pembelian telur ayam kampung dapat dijelaskan oleh jenis kelamin, status perkawinan, usia, pekerjaan, pendidikan, pendapatan, gizi telur, harga sesuai dengan produk, bermanfaat bagi kesehatan dan dummy (tempat tinggal responden), sementara sisanya sebesar 47,3% dijelaskan oleh faktor yang tidak diamati dalam penelitian ini. Kesimpulan penelitian ini adalah keputusan pembelian telur ayam kampung di Kota Malang dipengaruhi oleh jenis kelamin, status perkawinan, usia, pekerjaan, pendidikan, pendapatan responden dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian telur ayam kampung di Malang adalah gizi telur, harga sesuai dengan produk, bermanfaat bagi kesehatan dan tempat tinggal responden. Disarankan peternak memperbaiki atau meningkatkan kualitas dari atribut produk yang berpengaruh terhadap pembelian telur ayam kampung

English Abstract

This stud was aimed to analysed of consumers in the purchase of indigenous eggs in rural areas and urban areas at Malang. Study carried out at Lowokwaru and Sumberpucung in June 2013. Study was aimed the behavior 100 respondent was selected by purposive sampling method. Survey method with structured quisionare was used for interviewrespondent to obtain primary data, where as secondary data were ganerrety from institutions and related source. Descriptive, factor and dummy regression analysis were used to analyse the data. Results showed that consumes behavior in the purchase of indigenous eggs were positfively influenced by egg nutrition, product of price, beneficial to health and dummy (residence of respondents).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2014/237/051406775
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Oct 2014 14:57
Last Modified: 20 Oct 2021 04:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137218
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Halaman_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_1.pdf]
Preview
Text
Lampiran_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_2.pdf]
Preview
Text
Lampiran_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_3.pdf]
Preview
Text
Lampiran_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_4.pdf]
Preview
Text
Lampiran_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RIWAYAT_HIDUP.pdf]
Preview
Text
RIWAYAT_HIDUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SAMPUL.pdf]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item