Analisis Total Quality Management Koperasi Persusuan (Studi Di Koperasi Unit Desa “Dau”Kecamatan Dau, Kabupaten Malang)

Dali, AdrianPriska (2014) Analisis Total Quality Management Koperasi Persusuan (Studi Di Koperasi Unit Desa “Dau”Kecamatan Dau, Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dunia persaingan global yang tajam saat ini, orang banyak berbicara tentang “mutu” terutama berhubungan dengan pekerjaan yang menghasilkan produk dan atau jasa. Produk dibuat karena ada yang membutuhkan, dan kebutuhan tersebut berkembang seiring dengan tuntutan mutu penggunanya. Sistem manajemen yang baik dapat dijadikan sebagai alat untuk meningkatkan kinerja perusahaan melalui kinerja karyawannya, Total Quality Management (TQM) merupakan salah satu alat ukur yang dapat digunakan untuk meningkatkan mutu suatu usaha berkelanjutan dengan perbaikan terhdap kemampuan pekerja atau karyawan. Penerapan Total Quality Management terdiri dari lima pilar yakni pilar kepemimpinan, pilar komitmen, pilar organisasi, pilar proses dan pilar produk. Penelitian dilaksanakan di Koperasi Unit Desa Dadio Ayeming Urip (DAU) kecamatan Dau kabupaten Malang yang berjudul Analisis Total Quality Management di Koperasi DAU. Pelaksanaan penelitian dan pengambilan data dilaksanakan pada Tanggal 28 Maret - 28 April 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui penerapan TQM (Pilar Kepemimpinan, Pilar Komitmen, Pilar Organisasi, Pilar Proses dan Pilar Produk) di KUD DAU serta Pengaruh penerapan TQM terhadap Perbaikan Berkelanjutan di KUD DAU. Metode penelitian ini adalah metode studi kasus. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan Purposive. Metode analisis data yang digunakan adalah Statistik Deskriptif dan Analisis Regresi Sederhana. Variabel bebas yang diamati adalah Pilar Kepemimpinan, Pilar Organisasi, Pilar Komitmen, Pilar Proses, Pilar Produk dan variabel terikat yang diamati adalah Perbaikan Berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden yang berkerja di KUD DAU berjenis kelamin laki-laki (80,36%). Mayoritas umur responden 40-49 tahun (51,80%). Mayoritas pendidikan responden SMA (44,46%). Penerapan TQM dalam lima pilar di Koperasi Unit Desa Dau berada dalam kategori “Baik” yakni pilar proses (78,93%), pilar produk (76,96%), pilar komitmen (75,72%), dan pilar organisasi (68,43%), sedangkan pilar kepemimpinan berada dalam category netral (57,78%). Hasil Analisis Regresi menunjukkan bahwa 51% variabel perbaikan berkelanjutan KUD DAU di pengaruhi oleh variabel penerapan TQM. Secara simultan penerapan TQM berpengaruh nyata terhadap perbaikan berkelanjutan KUD DAU. Secara persial sistem kepemimpinan yang partisipatif, pembagian kerja berdasarkan tim dan menciptakan hubungan erat dengan pelanggan berpengaruh positif terhadap perbaikan berkelanjutan sedangkan tindakan menghadapi kendala yang dihadapi berpengaruh negatif terhadap Perbaikan Berkelanjutan KUD DAU. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Penerapan TQM dalam lima pilar di Koperasi Unit Desa Dau berada dalam kategori “Baik” yakni pilar proses (78,93%), pilar produk (76,96%), pilar komitmen (75,72%), dan pilar organisasi (68,43%), sedangkan pilar kepemimpinan berada dalam kategory netral (57,78%).Penerapan TQM berpengaruh nyata terhadap perbaikan berkelanjutan. Sistem Kepemimpinan yang Partisipatif, Pembagian kerja berdasarkan tim dan Menciptakan hubungan erat dengan pelanggan berpengaruh nyata dan positif terhadap Perbaikan Berkelanjutan dan Tindakan menghadapi kendala yang dihadapi berpengaruh nyata dan negatif terhadap Perbaikan Berkelanjutan KUD DAU. Saran yang dapat direkomendasikan adalah perlu adanya perubahan gaya kepemimpinan sesuai dengan manajemen kepemiminan koperasi, perbaikan atau renovasi dalam tubuh koperasi dan penataan SDM sesuai dengan kemampuan SDM.

English Abstract

The research was carried out Village Unit Cooperative (DAU). The purpose of this research was to investigate the application of TQM and its influences on sustainable improvement. 56 respondents were obtained from “DAU” Village Unit Cooperative. Data were colleged from 28th March to 28th April 2014. Palmary data were gaheled by survey method with a structured questionnaire. The method of analysis of data was descriptive statistical and simple regression analysis. Result fount that of the DAU Village Unit Cooperative has implemented a good category of TQM particularly on Process Pillar (78,93%), Product Pillar (76,96%),Commitment Pillar (75,72%), Organization Pillar (68,43%), whereas Leadership Pillar indicated a neutral category (57,78). TQM influence significantly to repair sustained in KUD DAU. Participatory Leadership Systems, division of labor based on the team and creating a close relationship with customers in a real and positive impact on Sustainable Improvement actions while facing problems affect significantly and negatively to Sustainable Improvement. Conclusion TQM influences significantly to repair sustained in KUD DAU to sustainable improvement. Advice can be given to the DAU Village Unit Cooperative is cooperative need a change of leadership in accordance with the management style of leadership.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2014/236/051406774
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Oct 2014 11:33
Last Modified: 20 Oct 2021 04:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137217
[thumbnail of KERANGKA_KONSEP.pdf]
Preview
Text
KERANGKA_KONSEP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II-V_+_DAPUS_DAN_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
BAB_II-V_+_DAPUS_DAN_LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item