Analisis Pengaruh Communication Channel Melalui Iklan Media Televisi Terhadap Motivasi Konsumen Dalam Pembelian Susu Kental Manis di Kota Malang”.

Pratama, EkoAtma (2014) Analisis Pengaruh Communication Channel Melalui Iklan Media Televisi Terhadap Motivasi Konsumen Dalam Pembelian Susu Kental Manis di Kota Malang”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen susu kental manis di Giant Hypermart Mall Olympic Garden (MOG) Kota Malang. Pelaksanaan penelitian dimulai pada tanggal 1 sampai 30 Mei 2014. Untuk mengetahui motivasi konsumen susu kental manis dalam melakukan pembelian dengan adanya iklan susu kental manis melalui media televisi dan untuk mengetahui faktor yang berpengaruh paling dominan dalam iklan televisi terhadap motivasi konsumen dalam melakukan pembelian susu kental manis di Kota Malang. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kota Malang sebanyak 100 responden. Pemilihan responden sebagai objek penelitian terkait pada masyarakat konsumen susu kental manis. Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah dengan menggunakan teknik accidental sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode penyebaran kuesioner dan wawancara langsung terhadap konsumen yang mengisi kuesioner saat penelitian sedang berlangsung. Teknik pengolahan data yang digunakan ialah analisis deskriptif, analisis faktor dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi konsumen dalam melakukan pembelian susu kental manis di Kota Malang direpresentasikan oleh motif pembelian emosional diikuti motif pembelian primer kemudian motif pembelian rasional dan yang terakhir motif pembelian selektif. Motivasi konsumen dalam melakukan pembelian susu kental manis di Kota Malang dipengaruhi oleh “tindakan konsumen melakukan pembelian” diikuti “daya tarik iklan”, kemudian “iklan menarik perhatian dan minat” dan yang terakhir “memunculkan keinginan untuk memiliki produk”. Perusahaan tidak hanya mengutamakan peningkatan penjualan produk tetapi perusahaan harus mempunyai inisiatif untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pemeliharaan kesehatan lingkungan dan kesehatan diri konsumen serta masyarakat secara umum. Faktor tindakan konsumen melakukan pembelian diikuti faktor daya tarik iklan, kemudian faktor iklan menarik perhatian dan minat dan yang terakhir faktor memunculkan keinginan untuk memiliki produk memiliki pengaruh yang paling dominan dan hal tersebut meniscayakan perlunya pengembangan yang menyeluruh terhadap variabel periklanan lainnya.

English Abstract

Study was held at Giant Hypermart Mall Olimpic Garden (MOG) Malang City. The research was aimed to examine consumer’s motivation in purchasing sweetened condensed milk and its influencing factors. 100 consumers were selected by accidental sampling method. Data were collected from 1st May to 30th May 2014. Primary data were gathered by survey method using structured questionnaire. Secondary data were obtained from related sources. Descriptive, factor analysis, and multiple regression were employed to analyse the data. Results have found that consumer’s motivation in purchasing sweetened condensed milk were represented by emotional buying followed with buying thus product as a primary selection with rational and selective in buying this product. Their motivation were positively influenced by “consumer purchasing activity”, “fascinating advertisement”, “the interest towards advertisement” and “consumer desirability in having product”

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2014/205/051406268
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Oct 2014 08:51
Last Modified: 20 Oct 2021 03:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137183
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_1-5.pdf]
Preview
Text
Lampiran_1-5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_6.pdf]
Preview
Text
Lampiran_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RIWAYAT_HIDUP.pdf]
Preview
Text
RIWAYAT_HIDUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SAMPUL.pdf]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item