Perbedaan Penampilan Reproduksi Ternak Sapi Potong Betina Peranakan Ongole Dan Peranakan Limousin Di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban

AlHaitimi, AhmadWahib (2014) Perbedaan Penampilan Reproduksi Ternak Sapi Potong Betina Peranakan Ongole Dan Peranakan Limousin Di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2014. Penentuan lokasi dan sampel penelitian secara purposive sampling yaitu pemilihan subyek didasarkan atas ciri atau sifat-sifat tertentu yang sudah diketahui sebelumnya serta mengacu pada pengambilan sampel dengan sengaja untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penampilan reproduksi sapi potong betina di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban yang meliputi Service per Conception, Conception rate, Days Open, Calving Interval, dan Indeks Fertilisasi. Kegunaan dari penelitian ini diharapkan dapat di gunakan sebagai pedoman kebijakan dalam meningkatkan pengelolaan induk sapi potong dengan memperhatikan hasil evaluasi penampilan reproduksi sapi potong di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sapi potong betina sebanyak 100 ekor yang diambil secara acak yang terdapat di wilayah kerja inseminator Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan pengumpulan data primer dan sekunder, dengan mengambil sampel 50 ekor induk sapi PO dan 50 ekor induk sapi peranakan Limousin. Pengambilan data primer dilakukan dengan cara pengamatan dan wawancara langsung dengan peternak menggunakan daftar pertanyaan yang tersedia, sedangkan data sekunder diperoleh dari petugas Inseminator Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Variabel yang diamati Service per Conception, Conception rate, Days Open, Calving Interval, dan Indeks Fertilitas. Data dianalisis menggunakan uji-t tidak berpasangan dan di hitung Indeks Fertilitasnya. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa Service per Conception sapi PO 1,28 dan sapi Limousin 1,36. Conception Rate sebesar 82% pada sapi PO sedangkan 78% pada sapi Limousin. Hasil uji-t tidak berpasangan pada Days Open sapi PO sebesar 121,14 hari dan pada sapi Limousin sebesar 134,2 hari dan Calving Interval pada sapi PO sebesar 401,34 hari dan sapi Limousin sebesar 413,48 hari hasil ini menunjukkan perbedaan yang sangat nyata (P<0,01). Indeks Fertilitas sapi PO 67,92% dan sapi Limousin 49%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penampilan reproduksi sapi Peranakan Ongole dan sapi Peranakan Limousin. Induk sapi Peranakan Limousin mempunyai penampilan reproduksi yang ditunjukkan dengan nilai Service per Conception, Conception rate, Days Open, Calving Interval, dan Indeks Fertilitas lebih rendah dibandingkan dengan induk sapi Peranakan Ongole.

English Abstract

The purpose of this study was to know the difference of reproduction performans Filial Ongole and Filial Limousin covering Service per Conception, Days Open, Calving Interval, and Conception Rate. The materials used in this study is to Filial Ongole by the number 50 objects and Filial Limousin Cattle with the number of 50 objects. The method used in this research is the gathering of primary and secondary data. The observed variables are Service per conception (S/C), Days open (DO), Calving interval (CI), Conception rate (CR). The experiment showed that S/C , CR, DO, CI and IF of Filial Ongole were 1.28; 82%; 121,14 days; 401,34 days; 67,92% and for Filial Limousin were 1,36; 78%; 134,2 days; 413,48 days; 49% respectively. It was concluded that there was difference of reproductive performans between Filial Ongole and Filial Limousin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2014/199/051405873
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Oct 2014 15:34
Last Modified: 20 Oct 2021 03:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137176
[thumbnail of SKRIPSI_AHMAD_WAHIB_AL_HAITIMI_105050100111077.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_AHMAD_WAHIB_AL_HAITIMI_105050100111077.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item