Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Yogurt Milk (Studi Kasus “Milk Story Premiere” Dan “Kedai Milk Story” Di Kota Malang)

Salsabila, Sheba (2014) Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Yogurt Milk (Studi Kasus “Milk Story Premiere” Dan “Kedai Milk Story” Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Milk Story merupakan suatu perusahaan yang memproduksi dan menjual aneka olahan susu yang semakin berkembang di Kota Malang. Hal tersebut terlihat dari cabang usaha yang terus bertambah. Persaingan usaha yang semakin ketat menuntut Milk Story untuk memiliki strategi dalam memasarkan produk dengan tepat sasaran agar keputusan pembelian dapat optimal dan sesuai dengan harapan. Alat yang sering digunakan dalam pemasaran yaitu bauran pemasaran yang terdiri dari pengaturan strategi produk, harga, tempat dan bauran pomosi sehingga peneliti ingin mengetahui faktorfaktor bauran pemasaran apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian yogurt di Milk Story pada cabang yang berbeda. Pengambilan data dilakukan di Milk Story cabang Jl. Semeru No. 76 dan Jl. Bondowoso No. 11A pada November hingga Desember 2013.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keputusan pembelian yogurt Milk Story dan menganalisis faktor-faktor bauran pemasaran yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian yogurt Milk Story. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode survei menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, yaitu siapa yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan responden jika dipandang cocok. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis faktor dan regresi berganda. Berdasarkan survei yang telah dilakukan diketahui bahwa responden Milk Story Premiere sebagian besar (60%) berusia 19-24 tahun, laki-laki (62%), berprofesi sebagai pelajar/mahasiswa (92%), berpendidikan terakhir SMA/sederajad (76%) dan berpenghasilan Rp 1,1-1,5 juta (30%). Sedangkan responden di Kedai Milk Story sebagian besar (76%) berusia 19-24 tahun, perempuan (52%), berprofesi sebagai pelajar/mahasiswa (92%), berpendidikan terakhir SMA/sederajad sebanyak 90% dan berpenghasilan Rp 600.000-1.000.000,00 (56%). Mayoritas konsumen yogurt Milk Story Premiere memutuskan membeli yogurt sebanyak satu botol tiga kali dalam sebulan dengan pengeluaran sebesar Rp 40.000-48.000. Sedangkan pada Kedai Milk Story didominasi oleh konsumen yang membeli 2 botol yogurt sekali dalam sebulan dengan pengeluaran sebesar Rp 15.000- 22.5000. Hasil analisis faktor dari data Milk Story Premiere menghasilkan empat faktor baru yang dapat mewakili 14 variabel awal yaitu kelayakan tempat, kelayakan harga dan visibility, media promosi dan kualitas produk. Hasil yang berbeda ditunjukkan oleh analisis faktor pada data Kedai Milk Story yaitu menghasilkan tiga faktor baru yang dapat mewakili 14 variabel awal yaitu kualitas produk dan kelayakan harga, kelayakan tempat dan media promosi. Data hasil analisis faktor kemudian dianalisis lebih lanjut menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan uji F yang telah dilakukan diketahui bahwa F hitung > F tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan (p<0,05) terhadap keputusan pembelian yogurt. Selanjutnya dilakukan uji t untuk mengetahui pengaruh masing–masing variabel bebas terhadap keputusan pembelian yogurt. Hasil Uji t menunjukkan bahwa kelayakan tempat, kelayakan harga dan visibility dan kualitas produk berpengaruh positif dan sangat signifikan (p<0,01) terhadap keputusan pembelian yogurt Milk Story Premiere. Sedangkan uji t pada Kedai Milk Story menunjukkan bahwa kualitas produk dan kelayakan harga berpengaruh positif dan sangat signifikan (p<0,01) terhadap keputusan pembelian. Faktor kelayakan tempat, media promosi dan penghasilan konsumen berpengaruh positif dan signifikan (p<0,05) terhadap keputusan pembelian yogurt. Kesimpulan penelitian adalah konsumen di Milk Story Premiere membeli 1 botol yogurt sebanyak tiga kali sebulan dengan pengeluaran Rp 40.000– 48.000. Keputusan pembelian disana dipengaruhi oleh faktor kelayakan harga dan kemudahan melihat tempat, kelayakan tempat, kualitas produk dan penghasilan konsumen. Sedangkan konsumen di Kedai Milk Story membeli dua botol yogurt satu kali dalam sebulan dengan pengeluaran Rp 15.000-22.500,00. Keputusan pembelian disana dipengaruhi oleh faktor kualitas produk dan kelayakan harga, kelayakan tempat, media promosi dan penghasilan konsumen.

English Abstract

Research was conducted in Milk Story Premiere at Jl. Semeru and Kedai Milk Story at Jl. Bondowoso, Malang. Data were collected from November 24th to December 29th 2013. This study was aimed to examine the effect of marketing mix to buy yogurts in two Milk Story cafes. A hundred respondents which consisted of 50 respondents in each place were selected using accidental sampling method. Primary data were collected by survey method using structured questionnaire. Secondary data were obtained from the company and some related sources. Data were analyzed using descriptive, factor analysis and multiple regression analysis. The results showed that consumers in Milk Story Premiere purchased on average one bottle of yogurt three times a month as much as IDR 40,000-48,000. Consumer’s purchasing decisions to buy yogurt in Milk Story Premiere was affected by price worthiness and visibility, product quality, place worthiness and consumer’s income. While in Kedai Milk Story, consumers purchased on average two bottles of yogurt once a month as much as IDR 15,000-22,500. Consumer’s purchasing decision to buy yogurt in Kedai Milk Story was affected by product quality and price worthiness, place worthiness and promotion media as well as consumer’s income.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2014/158/051405082
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Aug 2014 08:15
Last Modified: 20 Oct 2021 02:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137131
[thumbnail of skripsi-sheba_dub.pdf]
Preview
Text
skripsi-sheba_dub.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item