Daya Hambat Jus Daun Kelor (Moringa Oleifera) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus Aureus Dan Streptococcus Dysgalactiae Penyebab Mastitis Pada Sapi Perah

Lorenza, Boby (2014) Daya Hambat Jus Daun Kelor (Moringa Oleifera) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus Aureus Dan Streptococcus Dysgalactiae Penyebab Mastitis Pada Sapi Perah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan mulai bulan Februari sampai dengan Maret 2014 di Laboratorium Bakteriologi Jurusan Hama dan Penyakit Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui daya hambat jus daun kelor (Moringa oleifera) terhadap pertumbuhan Staphylococcus aureus dan Streptococcus dysgalactiae penyebab penyakit mastitis pada sapi perah. Hasil penelitian jus daun kelor diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif antimikroba alami sebagai penganti antimikroba kimia buatan pabrik. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah bakteri Staphylococcus aureus yang diperoleh dari stok LSIH Universitas Brawijaya dan Streptococcus dysgalactiae yang diperoleh dari stok bakteri di Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dilusi tabung sumuran dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (4 perlakuan dan 5 ulangan). variasi konsentrasi jus daun kelor adalah 20%, 30% dan 40% serta larutan iodip sebagai pembanding. Variabel yang diukur yaitu zona hambat pertumbuhan bakteri setiap perlakuan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis ragam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jus daun kelor dengan konsentrasi 20 %, 30 % dan 40 % memiliki kemampuan dalam menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan Streptococcus dysgalactiae. Jus daun kelor memiliki perbedaan yang sangat nyata (P<0,01) dengan larutan Iodip sebagai pembanding zat antimikroba, diameter zona hambat bakteri Staphylococcus aureus dengan perlakuan P0 Iodips, P1 (20%), P2 (30%) dan P3 (40%) secara berturut-turut memiliki nilai 8,302 mm, 6,11 mm, 6,772 mm dan 7,412 mm, sedangkan diameter zona hambat bakteri Streptococcus dysgalactiae dengan perlakuan P0 Iodips, P1 (20%), P2 (30%) dan P3 (40%) secara berturut-turut memiliki nilai 5,966 mm, 3,79 mm, 4,808 mm dan 4,986 mm. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan adalah semakin besar konsentrasi jus daun kelor yang digunakan maka semakin tinggi daya hambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan Streptococcus dysgalactiae. Jus daun kelor dengan konsentrasi 20%, 30% dan 40% dapat menghambat pertumbuhan bakteri S. aureus dan Str. dysgalactiae tetapi masih belum bisa mengalahkan pembanding Iodips dalam menghambat pertumbuhan bakteri.

English Abstract

This research was carried out at Bacteriology Laboratory, Faculty of Agriculture, Brawijaya University Malang. The purpose of this research was to find out the inhibition activity of Moringa oleifera leaf juice to growth of Staphylococcus aureus and Streptococcus dysgalactiae bacteria that cause mastitis in dairy cows. The material used in this study were Staphylococcus aureus and Streptococcus dysgalactiae, various concentration of Moringa leaf juice, and iodips liquid. Method was used in this experiment was pitting with a completely randomized design with 4 treatments and 5 replications. The results of this research showed that Moringa leaf juice with a concentration of 20 % , 30 % and 40 % have an influence on the inhibitory of Staphylococcus aureus and Streptococcus dysgalactiae growth. Based on statistic analysis Moringa oleifera juice leaf in inhibiting the growth of Staphylococcus aureus and Streptococcus dysgalactiae bacteria were highly significant (P<0.01) with iodip solution that was comparable as antimicrobial agents.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2014/148/051404782
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 20 Aug 2014 09:52
Last Modified: 10 Nov 2021 03:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137120
[thumbnail of boby_lorenza_105050100111098.pdf]
Preview
Text
boby_lorenza_105050100111098.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item