Pengaruh Penambahan Lumpur Organik Unit Gas Bio (Lougb) Sebagai Dekomposer Dalam Pembuatan Kompos Jerami Padi

Armadani, Syehabuddin (2014) Pengaruh Penambahan Lumpur Organik Unit Gas Bio (Lougb) Sebagai Dekomposer Dalam Pembuatan Kompos Jerami Padi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengumpulan data penelitian dilaksanakan mulai bulan Oktober sampai dengan November 2013 di Peternakan sapi perah milik Bapak Sulis di Desa Wonokerto Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang dan Laboratorium Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui formulasi terbaik pada pembuatan kompos jerami padi dan mengetahui nilai maksimum dari penambahan LOUGB terhadap nilai unsur hara kompos. Hasil dari penelitian ini diharapkan penambahan LOUGB pada pembuatan kompos jerami padi dapat meningkatkan nilai unsur hara kompos serta mendapatkan persentase dan lama fermentasi terbaik dengan penambahan LOUGB pada pembuatan kompos jerami padi. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah jerami padi yang didapatkan dari sisa pakan sapi perah dan LOUGB yang digunakan berasal dari kolam limbah gas bio milik Bapak Sulis di Desa Wonokerto, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Peralatan yang digunakan dalam penelitian ini antara lain terpal berukuran 2x2 meter, termometer, hygrometer, timbangan (Spesifikasi 50 kg dengan ketelitian 0,1 Kg), pH meter digital, dan ember. Metode penelitian adalah percobaan dengan Rancangan Acak Lengkap Faktorial yang terdiri dari 5 perlakuan imbangan (Faktor A), 3 perlakuan waktu (Faktor B), dan 4 ulangan, apabila terdapat perbedaan antar perlakuan diuji dengan Uji Jarak Berganda Duncan’s. Adapun perlakuan tersebut adalah perbandingan imbangan antara jerami padi dan LOUGB yakni 1:1, 1:1/2, 1:1/3, 1:1/4, dan 1:1/5. Variable yang diukur adalah suhu, pH, C organik, C/N rasio, N, P, dan K. Pengamatan dilaksanakan setiap minggu pada suhu, sedangkan pada unsur hara dilakukakn pada 3 minggu terakir (3,4,dan 5 minggu). Data dianalisis dengan sidik ragam dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan’s. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan LOUGB pada imbangan yang berbeda dapat meningkatkan nilai unsur hara kandungan kompos yang memiliki level imbangan dan lama pemeraman yang berbeda berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap C organik, C:N rasio, N total, Kalium, Fosfor, dan pH, namun tidak memberi pengaruh yang nyata (P>0,05) terhadap suhu pemeraman kompos. Dari hasil uji jarak Duncan ternyata Penambahan LOUGB dalam kompos organik dengan imbangan 50 : 6,25 (P4) memberikan hasil terbaik terhadap C organik, C:N rasio, N total, Kalium, Fosfor, dan pH karena hasilnya menyerupai Kontrol. Disimpulkan bahwa ditinjau dari kandungan usur hara LOUGB dapat digunakan sebagai dekomposer pada pembuatan kompos dan penggunaan LOUGB sebanyak 4 dari 5 bagian kompos dan waktu pemeraman 4 minggu memberikan atau mempengaruhi kualitas kompos.

English Abstract

The purpose of this research was to examine the effect of addition organic sludge bio gas unit in process dairy cattle composting waste organic. The materials used for this experiment were Organic Sludge and Rice Straw. The research employed five treatments , P1: 50 kg Straw + 50 kg Organic Sludge, P2: 50 kg Straw + 25 kg Organic Sludge, P3: 50 kg Straw + 12.5 kg Organic Sludge, P4: 50 kg Straw + 6, 25 kg Organic Sludge, and P5: 50 kg Straw + 3.125 kg Organic Sludge. The variables measured were pH, temperature, C:N Ratio, C Organic, Nitrogen, Phospor, and Kalium. The data obtained in this study were analyzed by ANOVA of the factorial randomized design consisting of 5 treatments (A Factor), 3 weeks (B Factor), and 4 replications. If there was a difference between the treatments, tested by Duncan’s multiple range test. The results of this research showed that the addition of organic sludge with different level of rice straw give a significantly different effect (P <0.01) on C organic, C:N ratio, N, Kalium, Phospor, and pH. Comparison of LOUGB and rice straw with the formulation of a quarter than one delivers the best formulation. LOUGB use of a quarter of a percent to increase the content of nutrient elements (pH 7.49, temperature 31oC, C/N 12.67, C Org 20.99%, N 1.65%, P 0.16%, and K 2.09%) with long maturation of compost on the best in week four.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2014/119/051404363
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 20 Aug 2014 10:27
Last Modified: 10 Nov 2021 03:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137088
[thumbnail of 2._KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2._KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._RIWAYAT_HIDUP.pdf]
Preview
Text
2._RIWAYAT_HIDUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._abstrack.pdf]
Preview
Text
3._abstrack.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
4._DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._rangkuman.pdf]
Preview
Text
3._rangkuman.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_I.pdf]
Preview
Text
5._BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._DAFTAR_PUSTAKA(1).pdf]
Preview
Text
10._DAFTAR_PUSTAKA(1).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_III.pdf]
Preview
Text
7._BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
8._BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11._Lampiran_1.pdf]
Preview
Text
11._Lampiran_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_V.pdf]
Preview
Text
9._BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_II.pdf]
Preview
Text
6._BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._cover.pdf]
Preview
Text
1._cover.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item