Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras Di Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri

Ardhiana, Mega Yoga (2014) Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras Di Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilaksanakan di wilayah Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri selama 2 bulan Februari sampai Maret 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lembaga pemasaran telur ayam ras, tingkat efisiensi pemasaran ditinjau dari segi margin pemasaran, farmer’s share, share biaya pemasaran dan share keuntungan dari masing-masing lembaga pemasaran di Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sebanyak 16 peternak ayam ras petelur, 3 orang pedagang besar telur ayam ras, 10 orang pedagang menengah telur ayam ras dan 20 pedagang pengecer telur ayam ras. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode survei melalui wawancara terhadap responden dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui margin pemasaran, share harga yang diterima produsen, share biaya pemasaran dari lembaga pemasaran, share keuntungan lembaga pemasaran dan ratio keuntungan. Hasil penelitian menunjukkan saluran pemasaran telur ayam ras di Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri pola I) peternak – pedagang besar – pedagang menengah – pengecer – konsumen akhir. Biaya pemasaran yang dikeluarkan pedagang besar, pedagang menengah dan pedagang pengecer secara berurutan sebesar Rp. 428,55,-. Rp. 294,3,- dan Rp. 578,5,- dan memperoleh keuntungan yang diterima oleh masing-masing pedagang besar, pedagang menengah dan pedagang pengecer secara berurutan adalah Rp. 771,45,- , Rp. 755,7,- , dan Rp. 541,57,- dengan total margin pemasaran Rp. 3.600,-/kg. Share harga yang diterima sebesar 79,07%, share biaya yang dikeluarkan oleh pedagang besar, pedagang menengah dan pedagang pengecer secara berurutan adalah 35,71%, 28,03% dan 42,85% dan share keuntungan yang diterima oleh pedagang besar, pedagang menengah dan pedagang pengecer berturut-turut 64,28%, 71,97% dan 40,12%. Pola pemasaran II yang meliputi : peternak – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen akhir. Biaya pemasaran yang dikeluarkan pedagang besar dan pedagang menengah secara berurutan sebesar Rp. 428,55,- dan Rp. 294,3,- dan memperoleh keuntungan yang diterima pedagang besar dan pedagang secara berturutan sebesar Rp. 771,45,- dan Rp. 1405,7,-. dengan total margin pemasaran Rp. 2.900,-/kg. Share harga yang diterima sebesar 82,42% dan share biaya yang dikeluarkan oleh pedagang besar dan pedagang menengah secara berurutan adalah 35,71% dan 17,31%, sedangkan share keuntungan yang diterima oleh pedagang besar dan pedagang menengah berturut-turut 64,23% dan 82,69%. Pola pemasaran III : peternak – pedagang besar – konsumen akhir. Biaya pemasaran yang dikeluarkan pedagang besar sebesar Rp. 428,55,- dan keuntungan yang diterima oleh pedagang besar sebesar Rp. 1.411,45,- dengan total margin pemasaran Rp. 1.900,-/kg. Share harga sebesar 87,74%, share biaya yang dikeluarkan oleh pedagang besar 22,52% dan share keuntungan yang diterima oleh pedagang besar 77,44%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada tiga lembaga pemasaran yang berperan dalam pemasaran telur ayam ras di Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Saluran pemasaran paling efisien ditinjau dari produsen dan konsumen terdapat pada saluran ke III karena pada saluran tersebut memiliki margin pemasaran yang rendah yaitu Rp. 1.900,-/kg dan share harga yang paling tinggi sebesar 87,74%. Saran yang diberikan peternak sebaiknya mengetahui informasi mengenai harga telur ayam ras yang berlaku dipasar sehingga harga yang diterima peternak dapat stabil sampai dengan harga yang diterima konsumen akhir.

English Abstract

The purpose of this research was to investigate the egg marketing channels at Sub District of Ringinrejo Kediri regency and its marketing efficiency. This research had been done during one month, Februari until to Maret 2014 in Ringinrejo Sub District Kediri Regency. Research had been done with the method of survey. Sample consisted of farmers (producer) and the medium institute in marketing distribution of egg’s layer. Sample of producer taken by "purposive sampling" based on criteria of scale ownership, while sample of the marketing institute taken by search method. Respondents included 16 farmers, 3 wholesalers, 10 trader and 20 retailer. Primary and secondary data were collected for this research. Data were analysis using farmer’s share, share marketing costs, total cost ratio and profit share of each of the marketing channels. Results of this study the indicated that three marketing channels showed that there were three I): farmers (producer) – wholesalers - trader - retailer - consumers, II) : farmers (producer) - wholesalers – trader - consumers and III) : farmers (producer) - wholesalers - consumers. The most efficient marketing channel was a marketing channel pattern III based on the following criteria Rp. 1.900,- of the marketing margin, 87,74% of the farmer’s share, 77,44% of the profit share and 3,4 of the ratio profit and cost share.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2014/104/051403854
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 07 Aug 2014 09:29
Last Modified: 10 Nov 2021 02:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/137072
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_1.pdf]
Preview
Text
Lampiran_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_2.pdf]
Preview
Text
Lampiran_2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Sampul.pdf]
Preview
Text
Sampul.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_3.pdf]
Preview
Text
Lampiran_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item