Analisa Perilaku Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Dancow Balita 3+ Di Giant Mog Malang

Rahmadiani, MariskaNadya (2014) Analisa Perilaku Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Dancow Balita 3+ Di Giant Mog Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor perindustrian telah memberikan kontribusi yang besar terhadap perekonomian nasional. Pada struktur produk domestik bruto (PDB) Indonesia pada tahun 2001-2004, kontribusi sektor industri pengolahan merupakan yang terbesar daripada sektor lainnya, sehingga industri ini dapat dijadikan harapan untuk meningkatkan perekonomian Indonesia. Mulai tahun 2001 sampai denga tahun 2004, produk domestik bruto pada sektor industri pengolahan terus meningkat tiap tahunnya. Dancow 3+ merupakan produk susu yang banyak diminati oleh konsumen di Malang, sehingga seperti kelompok acuan (teman, tetangga, keluarga, relasi atau rekan kerja, dan promosi iklan) mereka sudah memakai produk Dancow balita 3+, dan mereka loyal atau setia pada produk Dancow balita 3+, karena kandungan nutrisi dalam susu Dancow 3+ lengkap, rasa yang disukai oleh anak-anak, dan lain sebagainya. Dan yang kedua bisa jadi karena faktor motivasi atau faktor dorongan kebutuhan konsumen di Malang, dimana Malang merupakan daerah perkotaan dan padat penduduk sehingga dibutuhkan asupan nutrisi kemudian mengkonsumsi susu Dancow tersebut. Dan yang ketiga adalah bisa jadi karena keadaan ekonomi konsumen Malang dalam taraf normal terkait dengan pendapatan, tabungan dan kekayaan mereka, terkait dengan harga susu Dancow 3+ dipasaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah kelompok acuan, keadaan ekonomi, dan motivasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di Giant MOG Malang terhadap pembelian susu Dancow balita umur 3+ dan mengetahui apakah kelompok acuan, keadaan ekonomi, dan motivasi berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen di Giant MOG Malang terhadap pengambilan keputusan susu Dancow balita 3+. Penelitian dilaksanakan di Giant MOG Malang pada tanggal 29 Juli sampai 04 Agustus 2013. Keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk sangat dipengaruhi oleh dua kekuatan tertentu yaitu; kekuatan internal dan kekuatan eksternal. Adapun indikator dalam kekuatan internal adalah indikator Keadaan ekonomi, indikator motivasi dan kekuatan eksternal adalah indikator kelompok acuan. Indikator-indikator tersebut memiliki dimensi yang luas artinya tiap indikator mempunyai pengaruh yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari indikator keadaan ekonomi, motivasi, dan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian konsumen di Giant MOG Malang, baik secara simultan ataupun parsial, serta untuk mengetahui indikator yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen di Giant MOG Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Explanatory Research, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok acuan, keadaan ekonomi, dan motivasi terhadap keputusan pembelian konsumen di Giant MOG Malang. Untuk mengetahui hal tersebut maka digunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t untuk menguji sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dan pengambilan sampel dilakukan dengan metode Purposive Sampling Technique karena jumlah populasi belum diketahui secara pasti. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator kelompok acuan (X1) keadaan ekonomi (X2) dan indikator motivasi (X3) berpengaruh secara simultan dan secara parsial yaitu motivasi terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) di Giant MOG Malang. Dari perhitungan uji F diperoleh F hitung sebesar 18,494≥ F tabel sebesar 2,70 dengan nilai signifikasi p = 0,000 ≤ 0,05. Selain itu nilai Adjusted R Square yang diketahui 0,346 atau sebesar 34,6%. Dan dari hasil uji t diketahui bahwa secara parsial, indikator kelompok acuan (X1) nilai t hitung 2.669 ≥ nilai t tabel 1,980 dan nilai p = 0,009 ≥ 0,05 tidak berpengaruh signifikan, indikator keadaan ekonomi (X2), nilai t hitung -25,38 ≤ nilai t tabel 1,980 dan nilai p = 0,013 ≥ 0,05 tidak berpengaruh signifikan, indikator motivasi (X3), nilai t hitung 5,061 ≥ nilai t tabel 1,980 dan nilai p = 0,000 ≤ 0,05 berpengaruh signifikan. Untuk indikator yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) adalah indicator motivasi (X3) yaitu memiliki nilai rata-rata sebesar 0,431 dengan kontribusi 43,1%. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa keputusan pembelian produk susu “ Dancow Balita 3+ “ dipengaruhi secara positif oleh” Persepsi Konsumen terhadap produk “ dan “ index promosi “. Sedangkan “ index ekonomi “ berpengaruh negative terhadap keputusan pembelian susu “ Dancow 3+. Melihat rendahnya nilai rata-rata dan kontribusi dari indikator harus lebih meningkatkan lagi segala hal yang berkaitan dengan item indikator, serta Untuk selalu melakukan inovasi dalam penjualan produk susu Dancow balita 3+di Giant hypemarket MOG Malang terkait dengan keputusan pembelian konsumen terhadap produk susu Dancow yang dijual, agar menarik perhatian konsumen yang pada akhirnya akan mempengaruhi konsumen pembelian produk susu Dancow 3+.

English Abstract

Researched was held at “ Giant MOG” hypemart in Malang. The study was aimed to determine factors that influence on consumer behavior in purchasing decision towards “ Dancow Balita 3+ “ milk product. 100 consumers were selected using accidental sampling method. Data were collected by survey method using a structured questionnaire. Regression analysis was employed to analyse the data. Results discovered that consumer purchasing decision towards “ Dancow 3+ “ milk product was positively influenced by ” cosumer perception towards product “ and “ promotion index “. Whereas, it was negatively affected by “ economic index “

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2013/209/051402217
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Apr 2014 13:46
Last Modified: 21 Oct 2021 07:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136980
[thumbnail of Binder1.pdf]
Preview
Text
Binder1.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item