Pengaruh Penambahan Choline ChlorideSebagai Aditif Pakan Terhadap Kualitas Eksternal Telur Burung Puyuh (Coturnix Coturnix Japonica)

Hendratno, BagusSetyawan (2013) Pengaruh Penambahan Choline ChlorideSebagai Aditif Pakan Terhadap Kualitas Eksternal Telur Burung Puyuh (Coturnix Coturnix Japonica). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berlangsung pada Februari sampai April 2013, di Desa Ampeldento Kecamatan Karangploso, Malang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan level optimal penggunaan choline chloride dalam pakan terhadap kualitas eksternal telur burung puyuh. Hasil dari penelit ian ini diharapkan berguna dalam bidang ilmu pengetahuan yaitu memberikan informasi mengenai pengaruh dan level optimal penggunaan choline chloride dalam pakan terhadap kualitas eksternal telur burung puyuh. Materi penelitian adalah 96 burung puyuh siap bertelur yang dibeli dari peternakan rakyat di Desa Bringin Kecamatan Pare, Kediri. Pakan yang digunakan adalah konsentrat puyuh komersial produksi PT. Charoen Pokphand Indonesia CP5104P) yang dibeli dari poultry shop Karangploso, sedangkan choline chloride yang digunakan diproduksi oleh PT. Mensana Aneka Satwa. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunakan empat perlakuan dan enam kali ulangan. Adapun perlakuan tersebut adalah P0 tanpa penambahan choline chloride ; P1 dengan penambahan 750 mg/kg; P2 1500 mg/kg; dan P3 2250 mg/kg. Variabel pengamatan meliputi berat (g), indeks (%), specific gravity (g/l), berat kerabang (g) dan ketebalan kerabang (mm) telur burung puyuh. Analisis data menggunakan Rancangan Acak Lengkap, dan apabila ada perbedaan pengaruh diantara perlakuan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan choline chloride dalam pakan burung puyuh tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap semua variabel. Penambahan choline chloride secara numerik menunjukkan hasil yang berpotensi meningkatkan berat, indeks, specific gravity , dan berat kerabang telur. Disarankan choline chloride ditambahkan dalam pakan burung puyuh dengan batas maksimal 750 mg/kg pakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2013/164/051310726
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Nov 2013 13:23
Last Modified: 21 Oct 2021 06:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136935
[thumbnail of 051310726.pdf]
Preview
Text
051310726.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item