Analisis Bauran Pemasaran Dalam Pembelian Susu Pasteurisasi (Studi Kasus: “Warung Susu Nandhi Murni” Kud Batu)

Sagantoro, SatriaRizko (2013) Analisis Bauran Pemasaran Dalam Pembelian Susu Pasteurisasi (Studi Kasus: “Warung Susu Nandhi Murni” Kud Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhan protein asal hewani di masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat dengan bertambahnya jumlah penduduk dan kesadaran kebutuhan gizi masyarakat yang didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama produk susu. Persaingan di dunia usaha baik perusahan dalam dan luar negeri yang bergerak dibidang persusuan yang ada di Indonesia semakin meningkat, oleh karena itu untuk menarik konsumen dalam memenuhi kebutuhan protein hewani yang berasasal dari produk peternakan yaitu produk susu, perusahaan harus mempunyai cara untuk bersaing dengan perusahaan lainnya yaitu dengan meningkatkan strategi pemasaran. Bauran pemasaran merupakan prinsip dasar yang tepat dalam mencapai tujuan bisnis dan pemasaran dalam sebuah pasar sasaran. Penelitian ini dilaksanakan di “Warung Susu Nandhi Murni”, yang bertempat di Jl. Diponegoro 8 Kota Batu, Malang. Pengumpulan data dilaksanakan selama bulan Februari 2013 yaitu mulai pukul 10.00 WIB –13.00 WIB dan malam hari pukul 19.00 – 21.00 WIB. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keputusan pembelian konsumen dalam pembelian susu pasteurisasi di “Warung Susu Nandhi Murni” dan mengetahui faktor bauran pemasaran dalam membeli susu pasteurisasi di “Warung Susu Nandhi Murni”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research untuk mengkaji pengaruh variabel bebas yaitu bentuk produk, harga, iklan, jarak terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen “Warung Susu Nandhi Murni” sejumlah 100 orang dengan menggunakan metode accidental sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan bertemu dengan peneliti dan dapat digunakan sebagai sampel yang dipandang sesuai sebagai sumber data. Pengolahan data dari hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 16. Uji validitas menunjukkan bahwa dari 14 variabel menunjukkan hasil yang valid yaitu koefisien korelasi ( r ) lebih besar sama dengan 0,3 dan nilai p-value < level of significant , sedangkan untuk uji reliabilitas menunjukkan bahwa 4 variabel dinyatakan reliable karena mempunyai nilai cronbach’s alpha > 0,60. Hasil dari analisis faktor terbentuk 4 faktor baru yaitu produk dengan persentase varian sebesar 29,582, indeks komersial produk dengan persentase varian sebesar 13,661, indeks pelayanan dengan persentase varian sebesar 12,157, indeks persepsi konsumen dengan persentase varian sebesar 8,071. Kesimpulan dari hasil penelitian dapat diperoleh bahwa indeks persepsi konsumen, indeks pelayanan indeks komersial produk dan indeks produk memberikan pengaruh langsung dan positif terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2013/148/051309601
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Nov 2013 09:08
Last Modified: 21 Oct 2021 06:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136917
[thumbnail of SKRIPSI_Satria_Rizko_Sagantoro_(0910550253).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_Satria_Rizko_Sagantoro_(0910550253).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item