Analisis Pemasaran Usaha Ayam Broiler Skala Kecil Dan Besar Pada Pola Kemitraan Pt Sinar Sarana Sentosa Malang

Amalia, JuwitaAyu (2013) Analisis Pemasaran Usaha Ayam Broiler Skala Kecil Dan Besar Pada Pola Kemitraan Pt Sinar Sarana Sentosa Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu wujud pembangunan yang telah dilakukan pemerintah adalah pembangunan di bidang peternakan yang bertujuan untuk memperbaiki taraf hidup peternak dan menjamin ketersediaan protein hewani bagi masyarakat. Pemeliharaan usaha ayam broiler telah menyebar dan berkembang, hal ini disebabkan adanya perbaikan teknologi pengelolaan ayam broiler yang bagus dan untuk memperoleh keuntungan yang dapat digunakan untuk mempertahankan kelangsungan hidup maupun memperbesar usahanya. Penelitian dilakukan di peternakan ayam broiler anggota kemitraan PT Sinar Sarana Sentosa Malang pada bulan Maret 2013 sampai April 2013. Tujuan dari penelitian in adalah untuk mengetahui lembaga-lembaga dan saluran pemasaran ayam broiler, mengetahui efisiensi pemasaran yang dilihat dari margin pemasaran, efisiensi pemasaran yang diterima peternak, share keuntungan atau pembagian keuntungan dari setiap pedagang yang berperan serta untuk mengetahui analisis kinerja jalur pemasaran yang ada di PT. Sinar Sarana Sentosa Malang.

English Abstract

This research was conducted at broiler farms member of "Sinar Sarana Sentosa" partnership scheme Malang from March until April 2013. The purpose of these research was to determine of marketing channel, marketing margin, marketing efficiency, share profit and structure conduct and performance analysis. This research applied a case study method. Data were collected by observation and interview to small and large farmer and broiler traders. Results showed that the partnership scheme has three marketing channel i.e. : 1) farmers to broiler traders to small slaughterers to retailers to consumers, 2) farmer to broiler traders to small slaughterers to consumers, 3) farmer to chicken carcass traders to consumer. The first marketing channel has a highest (Rp. 7,500/kg) marketing margin than others. While the third marketing channel indicated a highest (69,4%) marketing efficiency. Structure Conduct Performance (SCP) analysis of "Sinar Sarana Sentosa" partnership scheme was efficient as a huge number (34%) of profit received by chicken carcass traders

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2013/141/051308478
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Nov 2013 10:50
Last Modified: 21 Oct 2021 04:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136911
[thumbnail of Juwita_Ayu_Amalia_(0910550196).pdf]
Preview
Text
Juwita_Ayu_Amalia_(0910550196).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item