Pengaruh Penambahan Choline Chloride Sebagai Aditif Pakan Terhadap Kualitas Internal Telur Burung Puyuh (Coturnix Coturnix Japonica)

Ratnasari, Desi (2013) Pengaruh Penambahan Choline Chloride Sebagai Aditif Pakan Terhadap Kualitas Internal Telur Burung Puyuh (Coturnix Coturnix Japonica). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berlangsung pada bulan Februari sampai dengan April 2013, di Desa Ampeldento Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan level optimal penggunaan choline chloride dalam pakan terhadap kualitas internal telur burung puyuh diantaranya haugh unit , warna kuning telur, kolesterol kuning telur, dan protein kuning telur burung puyuh. Hasil dari penelitian ini diharapkan berguna dalam bidang ilmu pengetahuan yaitu memberikan informasi mengenai pengaruh dan level optimal penggunaan choline chloride dalam pakan terhadap kualitas internal telur burung puyuh. Materi penelitian adalah burung puyuh yang siap bertelur produksi dari peternakan rakyat yang berlokasi di Desa Bringin Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Pakan yang digunakan adalah konsentrat puyuh komersial yang diproduksi oleh PT. Charoen Pokphand Indonesia (CP5104P) yang dibeli dari poultry shop Karangploso, sedangkan c holine chloride yang digunakan diproduksi oleh PT. Mensana Aneka Satwa. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunakan empat perlakuan dan enam kali ulangan, dengan setiap ulangan terdiri dari empat ekor. Adapun perlakuan tersebut adalah P0 0 mg/kg; P1 750 mg/kg; P2 1500 mg/kg; dan P3 2250 mg/kg. Variabel pengamatan meliputi haugh unit , warna kuning telur, kolesterol kuning telur san protein kuning telur burung puyuh. Analisis data menggunakan Rancangan Acak Lengkap, dan apabila ada perbedaan pengaruh diantara perlakuan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan choline chloride dalam pakan burung puyuh tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap haugh unit , warna kuning telur, kolesterol kuning telur dan protein kuning telur burung puyuh. Hasil penelitian menunjukkan dari perlakuan, penambahan choline c hloride menunjukkan hasil yang lebih baik pada kolesterol kuning telur. Disimpulkan bahwa penambahan choline c hloride menunjukkan hasil yang lebih baik terhadap kolestrol kuning telur burung puyuh. Disarankan penambahan choline c hloride pada pakan di sesuaikan dengan tujuan pemeliharaan, karena choline chlorine tidak memiliki dampak terhadap kualitas internal telur burung puyuh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2013/135/051308038
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Nov 2013 11:24
Last Modified: 21 Oct 2021 04:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136904
[thumbnail of desi_ratnasari_0910550028_fak_peternakan.pdf]
Preview
Text
desi_ratnasari_0910550028_fak_peternakan.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item