“Hubungan Kualitas Pelayanan IB (Inseminasi Buatan) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Peternak Sapi Potong) Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk

Prasetyo, JokoHerdita (2012) “Hubungan Kualitas Pelayanan IB (Inseminasi Buatan) Terhadap Kepuasan Pelanggan (Peternak Sapi Potong) Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk pada 5 April sampai dengan 5 Mei 2012, yang bertujuan untuk mengetahui profil peternak sapi, profil Inseminator dan faktor-faktor kualitas pelayanan yang berhubungan dengan tingkat kepuasan peternak sapi. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pengambilan data menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling yaitu metode pemilihan sampel dengan cara membagi populasi ke dalam kelompok-kelompok strata, dan kemudian sampel diambil secara acak dari tiap strata tersebut. Sampel yang diambil adalah pada desa dengan jumlah populasi peternakan sapi tinggi, sedang, dan jarang sebanyak 25 orang peternak dari desa yang dijadikan sasaran. Responden yang diambil pada penelitian ini sebanyak 75 orang. Data dianalisis dengan analisis korelasi. Hasil penelitian ini adalah peternak sapi di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk rata-rata berusia 47 tahun, tingkat pendidikan terakhir Sekolah Dasar, pengalaman beternak rata-rata 25 tahun dan jumlah ternak yang dipelihara sebanyak 2 ekor tiap peternak. Petugas pelayanan IB di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk adalah sebanyak 5 orang Inseminator dan 1 orang merangkap sebagai PKB dengan 3 petugas dengan status swadaya dan 3 petugas dengan status negeri. Pengalaman sebagai Inseminator dengan status swadaya rata-rata 7 tahun dan pengalaman petugas Inseminator dengan status pegawai negeri rata-rata 15 tahun. Faktor-faktor kualitas pelayanan IB terhadap kepuasan peternak sapi di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk berhubungan secara positif dan signifikan. Variabel bukti nyata dengan nilai korelasi 0,550 (kuat). Variabel kehandalan dengan nilai korelasi 0,250 (cukup). Variabel kesigapan dengan nilai korelasi 0,431 (cukup). Variabel jaminan dengan nilai korelasi 0,551 (kuat). Variabel empati dengan nilai korelasi 0,345 (cukup). Kesimpulannya adalah bahwa faktor-faktor kualitas pelayanan IB terhadap kepuasan peternak sapi di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk yang berhubungan secara positif dan signifikan yaitu variabel bukti nyata (X1) dan variabel jaminan (X4). Disarankan bahwa untuk meningkatkan kualitas pelayanan, perlu ditingkatkan lagi faktor-faktor bukti nyata, kehandalan, kesigapan, jaminan dan empati. Kemudian juga harus ditingkatkan lagi kualitas sumber daya manusia baik terhadap inseminator maupun kepada peternak sapi sebagai penunjang untuk meningkatkan produktivitas peternak sapi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2012/137/051205738
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 28 Jan 2013 09:09
Last Modified: 21 Oct 2021 02:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136755
[thumbnail of jake_skripsi.pdf] Text
jake_skripsi.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (31kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (13kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (3kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item