Analisa Kinerja Pemasaran Kelinci Pada Usaha Peternakan Kelinci Milik Bapak Ahmad Kota Batu.

Maskuri, - (2012) Analisa Kinerja Pemasaran Kelinci Pada Usaha Peternakan Kelinci Milik Bapak Ahmad Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Peternakan Kelinci milik Bapak Ahmad, Kota Batu pada bulan 1 Mei sampai 2 Juni 2011. penentuan lokasi dilakukan dengan sengaja ( purposive ) dengan pertimbangan bahwa tempat ini merupakan salah satu sentral produksi kelinci hias yang mampu berkembang dan mempunyai recording yang relatif lengkap. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja jalur pemasaran ternak kelinci di Peternakan Kelinci milik Bapak Ahmad Kota Batu dilihat dari pendekatan struktur, perilaku dan penampilan pasar. Kegunaan dari penelitian ini adalah sebagai bahan pertimbangan dan informasi bagi usaha di Peternakan Kelinci milik Bapak Ahmad Kota Batu untuk mengetahui tingkat efisiensi pemasaran ternak kelinci hias. Dan bagi mahasiswa untuk menambah informasi dan keterampilan maka akan dapat menciptakan suatu inovasi serta dapat meningkatkan pengetahuan tentang pemasaran serta sebagai bahan informasi untuk penelitian lebih lanjut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Terdapat dua sumber data yaitu data primer yang bersumber dari wawancara dan observasi serta data sekunder yang merupakan data yang diperoleh peneliti secara tidak langsung, yaitu melalui perantara(diperolah dan dicatat oleh pihak lain) misalnya: laporan laba/rugi, jumlah pelanggan tetap, jumlah karyawan dan sebagaimana yang berhubungan dengan penelitian. . Perpindahan produk kelinci hias dalam saluran pemasaran melewati satu lembaga pemasaran yaitu pedagang pengecer yang terdiri dari 5 pedagang pengencer (A,B,C,D dan E) yang terlibat dalam pemasaran produk kelinci hias dari produsen ke konsumen. Pedagang pengecer (A,B,C,D dan E) menjual produk kelinci hias ke konsumen dengan harga yang tinggi pada saat musim liburan dan kemarau, sedangkan harga beli dari produsen relatif murah, sehingga margin pemasaran besar.Kinerja jalur pemasaran menggunakan pendekatan struktur, prilaku dan penampilan pasar (S-C-P) menunjukkan masih belum efisien jalur pemasaran produk kelinci hias karena beberapa faktor antara lain jumlah pedagang dan konsumen yang terbatas, terjadi konsentrasi pasar, kurangnya penentuan kualitas dan ketersediaan produk, tingginya tingkat harga untuk pasar konsumen umum, rendahnya volume penjualan, penggunaan teknologi tidak ada dan tidak tersedianya dana promosi. Sebaiknya produsen atau peternak mengontrol harga jual di tingkat lembaga pemasaran yaitu pengecer, karena diperoleh margin tinggi disebabkan oleh pengecer yang menjual produk kelinci hias dengan harga tinggi ke konsumen sehingga konsumen sedikit untuk membeli kelinci hias. Faktor yang menyebabkan belum efisien dan faktor yang menyebabkan efisiennya kinerja jalur pemasaran sebaiknya diperhatikan dalam pemasaran kelinci hias ini, selain untuk meningkatkan pengetahuan tentang pemasaran juga dapat menjaga kelangsungan usaha dimasa mendatang, apabila berkeinginan untuk mendirikan usaha peternakan kelinci, karena produk kelinci hias masih memiliki prospek yang cukup besar apabila diamati secara cermat dan tepat.

English Abstract

This research has been carried out at Mr. Ahmad on Rabbit farm at Batu City, from 1th of April until 2th May 2011. This research goal is to the marketing analyst at Mr. Ahmad on at Batu City Rabbit farm from look at structure, conduct and market performance. The usefulness of this research is as information and consideration for at Mr. Ahmad on at Batu City Rabbit farm for know mount efficient marketing of rabbit products and student to add information and skilled will be able to create innovation and also can improve knowledge about marketing and also upon which information to continue research. The methods that used in research were interview and observation. Known twice file in the primery file at interview and observation. And secondary file at institute or company farm of the research. The transfer of rabbit products of consumer pass (institute marketing) have five retail (A, B, C, D and E). Retail (A, B, C, D and E) of sell rabbit products with a stiff while price buy from products relative stabilized, so marketing margin of seen big. The channel marketing at structure, conduct and market performance (S-C-P) to know channel marketing rabbit products not efficient, because the factor at totally retail and consumer not much, of market consentration, low output to input ratio, less quality and stock products, high price to consumer, less sell volume, not technology and no cash promotion. The factor causing not efficient and factor causing efficient of channel marketing performance better be attention in marketing of this rabbit farm, besides to improve knowledge about marketing also can countinuity farm in the future of period to found the rabbit farm, because rabbit products a good prospect with a certain observation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2012/12/051200107
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Oct 2012 11:24
Last Modified: 28 Dec 2021 02:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136736
[thumbnail of 051200107.pdf]
Preview
Text
051200107.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item