Kurniawati, Rosita (2011) Strategi Pemasaran Telur Ayam Ras Di Kawasan Malang Raya Dengan Menggunakan Analisis SWOT. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian dilaksanakan di Kawasan Malang Raya tepatnya di Kecamatan Tumpang dan Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang pada tanggal 1 Mei – 1 Juni 2011. Tujuan penelitian adalah mengetahui kondisi lingkungan internal dan eksternal dari perusahaan telur di Kawasan Malang Raya, yang meliputi : kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman sebagi salah satu dasar strategi pemasaran dan menentukan strategi pemasaran berdasarkan kondisi lingkungan internal dan eksternal dari perusahaan, Kegunaan penelitian adalah sebagai bahan informasi dan bahan pertimbangan bagi perusahaan telur di Kawasan Malang Raya mengenai strategi pemasaran yang tepat untuk mengembangkan usahanya serta sebagai bahan informasi bagi konsumen yang berada di Kawasan Malang Raya. Pemilihan lokasi di Kawasan Malang Raya dilakukan dengan purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, dimana teknik pengumpulan datanya melalui observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis berdasarkan kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities) dan ancaman (threats). Hasil penelitian menunjukkan dari hasil analisis yang telah dilakukan diatas, menunjukkan bahwa secara umum kondisi lingkungan yang ada di Kawasan Malang Raya adalah cukup baik hal ini berdasarkan pada matriks faktor strategi internal yang menunjukkan nilai positif (+), dimana nilai kekuatan/strengths lebih besar dari pada kelemahannya/weakness (S = 2,00 > W = 0,90). Sedangkan berdasarkan matriks faktor strategi eksternal juga menunjukkan niilai positif dimana nilai peluang/opportunity lebih besar dari pada nilai ancaman/threats (O = 1,8 >T = 0,95). Kesimpulan dari hasil penelitian adalah dari analisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal pada Kawasan Malang Raya menunjukkan hasil baik dan member prospek yang bagus untuk kemajuan usaha tersebut, hal ini berdasarkan dengan total skor faktor kekuatan dan peluang (SO = 3,8). Penentuan strategi yang tepat adalah rapid strategy, yaitu strategi yang nilai faktor kekuatan lebih besar dari pada peluang. Pada strategi ini semua peluang bisa ditangkap oleh perusahaan mengingat faktor kekuatan lebih besar dari pada factor peluang. Selain itu juga menerapkan strategi SO yaitu dengan meningkatkan pelayanan terhadap konsumen, membina dan menjaga hubungan baik dengan konsumen dan memanfaatkan modal untuk memperluas daerah pemasaran. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, disarankan bagi perusahaan telur di Kawasan Malang Raya untuk terus menerus melakukan pengembangan, memperluas daerah pemasaran, mengevaluasi kegiatan pemasarannya dan mempertahankan hubungan baik dengan konsumen. Selain itu diharapkan pihak perusahaan untuk melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal agar dapat mengantisipasi setiap perubahan yang terjadi disaat ini maupun dimasa mendatang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPT/2011/75/051103587 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id |
Date Deposited: | 21 Sep 2011 09:47 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136691 |
Preview |
Text
051103587.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |