Pengaruh strategi lokasi terhadap prospek pemasaran Pada rumah makan “Ayam Goreng Ny. Suharti” Cabang Surabaya

IrvanSandiSaputra (2010) Pengaruh strategi lokasi terhadap prospek pemasaran Pada rumah makan “Ayam Goreng Ny. Suharti” Cabang Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan pemasaran merupakan suatu sistem keseluruhan dari kegiatankegiatan bisnis yang bertujuan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, mendistribusikan barang dan jasa kepada konsumen. Salah satu strategi pemasaran yang berpengaruh sekali dalam pemasaran adalah pemilihan lokasi pemasaran yang tepat, karena pemilihan lokasi yang tepat akan berpengaruh pada berhasil tidaknya pemasaran tersebut. Khususnya pada lokasi pemasaran produk rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti, pemilihan lokasi pemasaran harus tepat dan strategis karena akan sangat berpengaruh dan menentukan terhadap prospek pemasarannya. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Surabaya di rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti jl. Sulawesi dan rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti jl. Jemursari pada bulan juli sampai dengan agustus 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prospek pemasaran rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti dilihat dari lokasi pemasarannya yaitu lokasi perkantoran dan lokasi perdagangan, dan juga untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas yang meliputi tingkat pendapatan konsumen dan jarak lokasi dengan variabel tidak bebas yang meliputi intensitas kedatangan konsumen dan jumlah menu makanan yang dibeli konsumen rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti dalam setiap kali kedatangan ke rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti yang ada di Surabaya, dengan jumlah responden 50 responden pada tiap-tiap lokasi pemasaran rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti yaitu lokasi perkantoran dan lokasi perdagangan. Metode pemilihan lokasi berdasarkan Purposive Sampling Method dan metode pemilihan responden berdasarkan Accidental Sampling Method. Metode penelitiannya dilakukan dengan cara pemberian kuisioner secara langsung kepada konsumen yang makan di rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti tanpa ada kriteria apapun untuk konsumen. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan secara nyata antara variabel bebas dan variabel tidak bebas karena didapatkan hasil perhitungan thitung > ttabel yang artinya ada hubungan secara nyata antara variabel X dan variabel Y. Sedangkan untuk lokasi pemasarannya, yang paling baik adalah lokasi pemasaran rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti pada lokasi perkantoran ini dilihat pada hasil yang didapatkan, jumlah konsumen yang datang sebanyak 37 konsumen pada siang hari dari 50 konsumen yang diberikan kuisioner dan dilihat dari tabel intensitas kedatangan dalam 1 bulan, serta dilihat langsung dari pengamatan penulis, didapatkan bahwa jumlah konsumen yang datang tidak sebanyak lokasi perkantoran yaitu rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti baik pada pagi hari (08.00 – 11.00), siang hari (11.00 – 15.00), sore hari (15.00 – 18.00), maupun malam hari (18.00 – 22.00). Kesimpulan yang diperoleh adalah lokasi pemasaran rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti yaitu lokasi perkantoran lebih baik prospeknya dibandingkan dengan lokasi pemasaran yang lain yaitu lokasi perdagangan. Jumlah pendapatan konsumen di lokasi perkantoran mempunyai hubungan yang kuat dengan Intensitas kedatangan konsumen, karena semakin tinggi jumlah pendapatan konsumen, semakin tinggi pula intensitas kedatangan konsumen ke rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti. Terdapat hubungan yang lemah antara jarak lokasi konsumen dengan jumlah menu makanan yang dibeli, yaitu semakin dekat lokasi konsumen (lokasi perkantoran) terdapat kecenderungan yang kecil untuk membeli menu makanan yang lebih banyak. Semakin jauh jarak domosili konsumen, semakin banyak pula menu makanan yang dibeli konsumen di rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan agar dilakukan penelitian lanjutan mengenai minat konsumen untuk datang ke rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti. Sehingga diharapkan dapat diketahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi konsumen untuk datang ke rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2010/5/051000240
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2010 11:54
Last Modified: 20 Oct 2021 15:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136601
[thumbnail of 051000240.pdf]
Preview
Text
051000240.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item