Karakteristik sosial peternak dalam penerapan sapta usaha ternak ayam petelur di Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung

MokhammadKhusnulKhitam (2010) Karakteristik sosial peternak dalam penerapan sapta usaha ternak ayam petelur di Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masyarakat di pedesaan terdapat berbagai karakteristik atau ciri-ciri sosial. Keanekaragaman tersebut membuat tingkat pengetahuan khususnya tentang sapta usaha ternak tiap-tiap individu berbeda-beda. Sehingga penerapannya berbeda-beda pula. Dengan berbedanya penerapan sapta usaha tersebut mengakibatkan produk yang dihasilkan dari usaha peternakan ayam petelur berbeda pada akhirnya berimbas pada pendapatan yang didapat. Oleh karena itu diperlukan suatu studi untuk mengetahui hubungan karakteristik sosial dengan penerapan sapta usaha ternak dan pendapatan usaha peternakan ayam petelur. Penelitian dilakukan di Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung pada tanggal 14 September 2009 sampai dengan 14 Oktober 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara karakteristik sosial peternak dengan penerapan sapta usaha ternak dan pendapatan usaha ternak ayam petelur. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survei. Pemilihan responden dilakukan dengan cara purposive sampling. Hasil korelasi pertama menunjukkan terdapat hubungan positif nyata antara karakteristik peternak yaitu sikap berkenaan dengan pendidikan, sikap berkenaan dengan perubahan, partisipasi sosial, kontak dengan agen perubahan, keterbukaan dengan media massa, pengetahuan tentang inovasi dengan penerapan sapta usaha ternak artinya semakin baik karakteristik sosial semakin baik pula penerapan sapta usaha ternak. Hasil korelasi kedua menunjukkan ada hubungan positif nyata antara penerapan sapta usaha ternak yaitu penerapan aspek bibit, penerapan aspek pakan ternak, penerapan aspek kandang, penerapan aspek penyakit, penerapan aspek paska panen, penerapan aspek tata laksana dengan pendapatan usaha peternakan ayam petelur artinya semakin sering peternak menerapkan sapta usaha ternak semakin meningkat pendapatan yang diperoleh dari usaha tersebut. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah terdapat hubungan positif nyata antara karakteristik sosial peternak dengan penerapan sapta usaha ternak dan terdapat hubungan positif nyata antara penerapan sapta usaha ternak dengan pendapatan usaha peternakan ayam petelur. Disarankan agar peternak menerapkan sapta usaha ternak karena dengan itu produk yang dihasilkan dapat maksimal dan pendapatan yang diterima akan meningkat pula serta kepada dinas peternakan diharapkan lebih mengoptimalkan kegiatan punyuluhan ke peternak dan memberikan motivasi ke peternak lain agar peternak dapat mengerti dan faham dan pada akhirnya menerapkan sapta usaha ternak.

English Abstract

The research was held in Rejotangan District, Tulungagung Regency. Data collecting was carried out on September 14 th to Oktober 14th 2009. The purpose of this research was to study the relationships between sapta usaha ternak application of layer farm with social characteristics and the income of layer farmer in Rejotangan District Tulungagung Regency. The result showed that there is a significant positive relation between attitude towards education, attitude towards changing, social participation, contact with change agent, openes to mass media, innovation knowledge to sapta usaha ternak applications. It means better social characteristics of farmer better also sapta usaha ternak applications. The second correlation showed a significant positive relation between sapta usaha ternak applications were application of seed livestock, feeding, application of cage livestock, disease control, harvesting, good management with the income of layer farm. It means of sapta usaha ternak applications higher and of the income of layer farm better. It could be concluded that a significant positive relations between social characteristics and the income of layer farm and farmer application of sapta usaha ternak, department or government was be propagated to give information and innovation to farmers to apply of sapta usaha ternak better.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2010/42/051000644
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2010 10:52
Last Modified: 20 Oct 2021 15:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136595
[thumbnail of 051000644.pdf]
Preview
Text
051000644.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item