Pengembangan Low Power System Monitoring Karbon Monoksida (Co) Menggunakan Metode State Machine

Perdana, Raka Bagas (2018) Pengembangan Low Power System Monitoring Karbon Monoksida (Co) Menggunakan Metode State Machine. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara berkembang yang warganya sangat bergantung dengan adanya kendaraan bermotor. Belakangan ini banyak kasus yang menewaskan secara tiba-tiba di dalam mobil. Penggunaan kendaraan (mobil) dan menurut berita disebabkan oleh keracunan gas Karbon monoksida (CO). Faktor yang menyebabkan terjadinya keracunan bisa dari faktor umur dari kendaraan atau kelalaian pengguna kendaraan itu sendiri. Sering kali pengguna menyalakan kendaraan walaupun sedang terparkir. Dampak yang disebabkan jika kendaraan kurang perawatan bisa membahayakan bagi pengguna kendaraan. Seperti halnya jarang melakukan pengecekan sistem AC mobil dapat menyebabkan asap knalpot dari kendaraan dapat masuk melalui sistem AC dan terhirup oleh pengguna di dalamnya. Dengan adanya alat monitoring ini diharapkan dapat mengurangi risiko kematian yang sering terjadi. Untuk dapat membedakan mobil sedang kondisi jalan dan berhenti di gunakan sensor gyro yang di letakkan pada handbrake mobil. Untuk mengetahui polutan yang ada pada kendaraan menggunakan Sensor MQ-07. Dalam pembuatan sistem monitoring akan dibuat beberapa state seperti state sleep atau wake dan harus dapat berpindah state dengan inputan dari pengguna sehingga diterapkan state machine untuk mekanisme low power pada sistem monitoring karbon monoksida. Dikarenakan sistem ini akan bekerja dalam jangka waktu yang cukup lama, maka digunakanlah metode low power untuk mengurangi beban penggunaan sumber daya dari power bank. Kinerja low power diperlukan agar sistem dapat bertahan lebih lama karena daya yang digunakan relatif rendah ketika sistem sedang tidak digunakan. Fitur dari low power itu sendiri salah satunya adalah Sleep mode power down yang mematikan beberapa fungsionalitas ATmega328P. Pengujian arus yang dilakukan menghasilkan, bahwa arus yang digunakan pada sistem berjalan normal adalah 181,02 mA sedangkan ketika sistem dalam keadaan Sleep hanya memiliki arus sebesar 138,2 mA. Sehingga sistem berhasil mereduksi arus yang digunakan sebesar 42 mA.

English Abstract

Indonesia is a developing country that citizens rely heavily by the presence of a motor vehicle. Recently many cases which killed suddenly in the car. The use of vehicles (cars) and according to news of the gas poisoning caused by carbon monoxide (CO). The factors that led to the poisoning could be from the age of the vehicle or negligence users vehicles itself. Often the user turning on even though he had parked vehicles. The impact caused if the vehicle less care could harm for users vehicles. Just as rarely do car air conditioning system checking can cause the exhaust fumes from the vehicle can enter through a system of air conditioning and inhaled by users in it. The existence of this monitoring tool is expected to reduce the risk of death is often the case. To be able to differentiate the car are road conditions and stopped at the gyro sensor use in put on the handbrake of automobiles. To find out the pollutants on the vehicle using Sensor MQ-07. In making the monitoring system will be made some state such as sleep or wake state and should be able to switch state with input from users so that applied the state machine for the low power mechanism in carbon monoxide monitoring system. Due to this system will work in quite a long period of time, then the unambiguous method of low power to reduce the burden of resource use power bank. Performance low power is required so that the system can last longer because of the relatively low power used when the system is not in use. Features of low power itself one is Sleep mode power down deadly ATmega328P some functionality. Current testing being performed generates, that the current used on the system running normally is 181.02 mA whereas when the system is in a State of Sleep only has a current of 138.2 mA. So the system is successfully reducing the current use of 42 mA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/671/051808584
Uncontrolled Keywords: MQ-7, MPU 6050, Sleep mode Power down, Finite state machine, ATmega 328p, Mobil MQ-7, MPU 6050, Sleep mode Power down, Finite state machine, ATmega 328p, Car
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 546 Inorganic chemistry > 546.6 Groups 8, 9 ,10, 11, 12, 13, 14
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Mar 2019 03:40
Last Modified: 22 Oct 2021 01:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13658
[thumbnail of Raka Bagas Perdana.pdf]
Preview
Text
Raka Bagas Perdana.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item