Analisis strategi promosi produk susu pasteurisasi KSB di KUD Batu

KundhiLejarNengtiasti (2010) Analisis strategi promosi produk susu pasteurisasi KSB di KUD Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kajian Penelitian tentang Analisis Strategi Promosi Produk Susu Pasteurisasi KSB di KUD Batu dilaksanakan di wilayah Batu pada 13 Juli 2009 sampai 13 Agustus 2009. Tujuan dalam penelitian adalah mendeskripsikan kondisi promosi produk susu pasteurisasi KSB saat ini di KUD Batu dengan menggunakan analisis SWOT serta untuk mengetahui strategi promosi yang tepat untuk mempromosikan produk KSB. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan kuesioner. Metode pengambilan sampel dilakukan secara Accidental Sampling, dengan jumlah sampel keseluruhan yaitu 35 orang. Analisis data yang digunakan dalam adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu untuk mengetahui kondisi promosi produk susu pasteurisasi KSB dan menggunakan analisis SWOT untuk menyusun alternatif strategi promosi produk susu pasteurisasi KSB di KUD Batu. Metode analisis SWOT yang digunakan adalah matrik faktor strategi internal, matrik faktor strategi eksternal, matrik internal-eksternal dan matrik SWOT. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang dilakukan Unit Pemasaran Produk Susu (KPPS) saat ini dalam mempromosikan produk susu pasteurisasi KSB tanpa menggunakan bantuan media iklan baik berupa media cetak maupun elektronik. Sedangkan hasil analisis SWOT menunjukkan total skor dari pembobotan, pemberian rating dan skoring pada matrik faktor strategi internal sebesar 2,79 sedangkan pada matrik faktor strategi eksternal sebesar 2,71. Berdasarkan matrik tersebut nilai skor tertinggi terdapat pada skor SO, yaitu 4,1. Strategi yang diambil adalah strategi SO letaknya pada kuadran pertama yang merupakan situasi sangat menguntungkan karena KUD dapat memanfaatkan peluang serta kekuatan yang ada. Pada matrik internal-eksternal menunjukkan titik pertemuan pada posisi sel 5 yaitu strategi untuk lebih mempromosikan produk, memperluas pasar, kerjasama dengan pihak terkait atau perusahaan lain dalam industri yang sama. Kemudian digunakan matrik SWOT untuk menghasilkan strategi alternatif yang layak Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa kondisi promosi susu pasteurisasi KSB di KUD Batu saat ini, penyebaran informasinya melalui mulut ke mulut (word of mouth communication), penjualan personal (personal selling) serta hubungan masyarakat dan publisitas (public relation). Melalui matrik SWOT, strategi promosi yang tepat dengan penerapan strategi SO yaitu upaya kerjasama dengan supermarket untuk lebih mengembangkan jalur pemasaran; meningkatkan pelayanan konsumen agar kepercayaan dan loyalitas bertambah; meningkatkan promosi secara word to mouth agar lebih banyak yang mengenal KSB; lebih menunjukkan bahwa KUD Batu sebagai produsen KSB; promosi yang menonjolkan bahwa KSB murah, praktis dan mudah didapat; penelitian lanjut tentang kemasan yang diinginkan konsumen; lebih banyak menjangkau lokasi strategis lain yang mudah ditemukan konsumen; himbauan bagi agen/pengecer untuk pelayanan dan keramahan; perlu penelitian lanjut tentang branding agar mudah diingat oleh konsumen; lebih sering untuk melakukan pameran di berbagai tempat. Selain itu juga terdapat strategi jangka panjang dan jangka pendek yang berdasarkan strategi SO tersebut. Saran yang dapat dijadikan masukan dari hasil penelitian adalah upaya yang dapat dilakukan oleh pihak KUD Batu untuk lebih mengembangkan promosi produk dari susu pasteurisasi KSB. Caranya yaitu dengan memperluas jangkauan wilayah pemasaran dengan menjangkau lokasi strategis lainnya, melakukan promosi yang menonjolkan bahwa KSB murah, praktis dan mudah didapat serta juga dapat mempromosikan produk dengan spesifikasi tentang variasi rasa susu pasteurisasi KSB. Selain itu juga diperhatikan strategi kemasannya, diharapkan KUD untuk membuat ukuran cup yang lebih kecil dari volume 140 cc agar lebih praktis dan konsumen tidak merasa mudah bosan untuk mencoba lagi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2010/2/051000237
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2010 10:38
Last Modified: 20 Oct 2021 15:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136572
[thumbnail of 051000237.pdf]
Preview
Text
051000237.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item