Performan bobot Lahir dan bobot sapih berdasarkan karakteristik fenotipe kambing Peranakan Etawah (PE) di Desa Argoyuwono, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang

MiftakhulMufatiroh (2010) Performan bobot Lahir dan bobot sapih berdasarkan karakteristik fenotipe kambing Peranakan Etawah (PE) di Desa Argoyuwono, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilaksanakan di peternakan rakyat Desa Argoyuwono, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang pada bulan April sampai bulan Agustus 2009. Penelitian bertujuan untuk mengetahui performan bobot lahir dan bobot sapih berdasarkan karakteristik fenotipe (warna kepala) kambing Peranakan Etawah (PE). Penelitian ini bermanfaat sebagai informasi dalam memilih kambing dengan variabel bobot lahir dan bobot sapih. Materi yang digunakan adalah anak Kambing PE sebanyak 186 ekor milik petani ternak “Suka Tani” Desa Argoyuwono, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Data dianalisis menggunakan uji “t” antara warna kepala dan hubungan antara bobot lahir dan bobot sapih (analisis korelasi-regresi) antara warna kepala kambing PE. Hasil uji ”t” menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan nyata (P>0,05) antara pola warna kepala hitam, cokelat dan putih terhadap bobot lahir, bobot sapih dan statistik vital. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa pada pola warna kepala antara bobot lahir dan bobot sapih sebesar 0,46 dengan persamaan regresi Y = 11,76 + 1,37 X. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pola warna kepala kambing PE tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap bobot lahir, bobot sapih dan statistik vital. Hubungan antara bobot lahir dan bobot sapih kambing PE memiliki nilai hubungan yang rendah pada berbagai pola warna. Sehingga saran yang dapat diberikan adalah perlu dilakukan penelitian lebih spesifik secara molekuler pada pola warna kepala terhadap bobot lahir dan bobot sapih yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2010/17/051000533
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 01 Mar 2010 13:48
Last Modified: 20 Oct 2021 15:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136556
[thumbnail of 051000533.pdf]
Preview
Text
051000533.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item