engaruh level penambahan campuran tepung jahe (zingiber officinale) dan buah mengkudu (morinda citrifolia) dalam pakan terhadap penampilan produksi ayam pedaging

NurRochmanBayhaqi (2010) engaruh level penambahan campuran tepung jahe (zingiber officinale) dan buah mengkudu (morinda citrifolia) dalam pakan terhadap penampilan produksi ayam pedaging. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 3 Juni sampai 7 Juli 2010 di Laboratorium Lapang Fakultas Peternakan Univeritas Brawijaya di Desa Sumber Sekar, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan campuran tepung jahe dan buah mengkudu dalam pakan terhadap penampilan produksi ayam pedaging. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah ayam pedaging strain Lohmann sebanyak 100 ekor yang tidak dibedakan jenis kelaminnya dan dipelihara selama 35 hari. Perlakuan yang diberikan adalah P0 : pakan basal (campuran konsentrat, jagung dan bekatul), P1 : pakan basal + tepung (jahe dan mengkudu) 1 %, P2 : pakan basal + tepung (jahe dan mengkudu) 1,5 %, P3 : pakan basal + tepung (jahe dan mengkudu) 2 %, P4 : pakan basal + tepung (jahe dan mengkudu) 2,5 %. Variabel yang diamati adalah konsumsi pakan, pertambahan bobot badan, konversi pakan, indeks produksi (IP) dan Income Over Feed Cost (IOFC). Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis berdasarkan analisis ragam (ANOVA) dari Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 5 ulangan, apabila terdapat perbedaan antar perlakuan diuji dengan Uji Jarak Berganda Duncan’s. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian campuran tepung jahe dan mengkudu dalam pakan memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata (P>0,05) terhadap konsumsi pakan, pertambahan bobot badan, konversi pakan dan indeks produksi (IP), dan terhadap Income Over Feed Cost (IOFC). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penambahan jahe dan mengkudu masing-masing sampai level 2,5 % tidak dapat memperbaiki penampilan produksi ayam pedaging.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2010/169/051100022
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2011 09:33
Last Modified: 20 Oct 2021 15:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136555
[thumbnail of 051100022.pdf]
Preview
Text
051100022.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item